Sukses

Penelitian Ilmiah Tunjukkan 5 Hewan Ini Ternyata Bisa Tertawa

Liputan6.com, Jakarta Jika manusia punya selera humor, itu sudah biasa. Tapi bagaimana kalau hewan ternyata juga punya selera humor seperti manusia. Mungkin hewan tidak bisa berpikir layaknya manusia. Tapi penelitian mengungkap sesuatu yang berbeda dari pendapat umum. 

Beberapa penelitaan mengungkapkan bawah sebagian hewan memiliki selera humor layaknya manusia, seperti Liputan6.com lansir dari Journal of Personality and Social Psychology, Senin (26/8/2019). Penelitian tersebut membuktikan bahwa hewan juga bisa mengekspresikan diri melalui tertawa.

Layaknya manusia, penyebab hewan-hewan ini tertawa juga beragam. Bisa karena mereka menemukan hal yang lucu saat bermain atau berkomunikasi dengan sesamanya.

Berikut 5 hewan yang memiliki selera humor yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/8/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Gorilla

Tak banyak yang tahu, gorilla ternyata juga mudah merasakan geli. Suara tertawa yang dikeluarkan terdengar seperti suara terengah-engah, menurut penangkaran gorilla di California. Selain itu, gorilla juga memiliki karakter lain yang unik.

3 dari 6 halaman

2. Gajah

Gajah adalah hewan yang sangat suka bermain. Bahkan ketika mereka sudah beranjak dewasa, kebiasaan tersebut tidak akan hilang. Mereka bisa bermain dengan apa saja termasuk batu, batang pohon, atau dengan sesamanya.

Ternyata ketika sedang bermain, mereka juga mengeluarkan suara tertawa. Dilansir Liputan6.com dari International Fund for Animal Welfare (IFAW), suara tersebut terdengar seperti bunyi terompet. Ini juga dapat diartikan sebagai ajakan untuk bersosialisasi.

4 dari 6 halaman

3. Anjing

Anjing adalah hewan yang rentan terkena stres. Mereka memiliki cara sendiri untuk meredakan kondisi tersebut. Salah satunya adalah dengan tertawa. International Conference on Environmental Enrichment 2005 melakukan studi untuk mengidentifikasi hal apa yang membuat anjing tertawa.

Ada tiga jenis suara yang diteliti, yaitu gonggongan, geraman, dan suara terengah-engah. Ternyata tertawa pada anjing berupa suara terengah-engah sama seperti pada gorilla.

5 dari 6 halaman

4. Burung gagak

Burung gagak termasuk salah satu burung yang paling pintar. Karena faktor tersebut, mereka juga dinilai memiliki selera humor yang tinggi. Ini terbukti dengan sifat dan keusilan yang sering mereka lakukan.

Scientific American mengatakan bahwa seekor gagak pernah mengunci majikannya di dalam sangkar yang besar. Mereka juga sering menarik ekor hewan lain, termasuk predator seperti kucing dan elang.

6 dari 6 halaman

5. Lumba-lumba

Lumba-luma dikenal sebagai mamalia laut yang pintar. Mereka memang memiliki tingkat intelektualitas di atas hewan pada umumnya. Kepintaran tersebut ternyata membuat mereka bisa merasakan berbagai jenis emosi, termasuk kebahagiaan.

Menurut jurnal yang ditulis oleh peneliti Swedia Blomqvist, Mello, dan Amundin, lumba-lumba akan tertawa ketika bermain dengan kawanannya. Mereka mengeluarkan suara ultrasonik yang mirip seperti menahan tawa. Peneliti menilai bahwa suara tersebut mengisyaratkan bahwa hewan laut itu bersenang-senang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS