Sukses

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Asam Urat, Mudah dan Bisa Diterapkan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat membuat kamu dapat melanjutkan aktivitas yang terganggu. Seperti yang telah diketahui banyak orang, asam urat merupakan salah satu penyakit yang cukup sering dijumpai dan tidak boleh disepelekan.

Asam urat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di bagian sendi. Oleh karena itu, bila kamu sedang mencari obat untuk mengatasi asam urat, bawang putih tunggal adalah salah satu solusinya. Dalam pengobatan tradisional, bawang putih tunggal juga disebut dengan istilah Jawa bawang lanang. Sementara di barat, bawang putih tunggal lebih umum disebut solo garlic atau single clover garlic.

Manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat bisa diterapakan sebagai obat herbal di rumah. Selain mudah diterapkan, tentunya menemukan bawang putih di dapur rumah, maupun di pasar juga tidak sulit. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan bawang putih tunggal ini untuk asam urat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/8/2019) beberapa manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat

2 dari 6 halaman

Memiliki Kandungan Antioksidan

Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk asam urat yang pertama karena kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan antioksidan alami pada bawang putih tunggal ini dapat melindungi persendian seseorang. Sifat antioksidan pada bawang putih tunggal ini bisa mencegah radikal bebas dan oksidasi yang bisa menyebabkan radang pada sendi yang rasanya luar biasa sakit. Jadi, manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat selain sebagai penghambat radikal bebas dan oksidasi serta penghambat kerusakan sendi, juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada tulang rawan.

3 dari 6 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Orang-orang yang menderita penyakit asam urat biasanya memiliki kecenderungan lebih besar akan terserang penyakit lainnya seperti hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat juga bisa mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kolesterol. Selain itu, manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat juga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Dilansir Naturally Yours, bawang putih tunggal biasa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut hasil penelitian, bawang putih tunggal bisa menekan kolesterol hingga 20 mg/dl dan menurunkan kadar trigliserida.

4 dari 6 halaman

Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat bisa juga didapatkan dari ekstraknya. Hal ini nantinya dapat meredakan rasa sakit atau rasa nyeri akibat asam urat secara bertahap. Kandungan anti inflamasi pada bawang putih tunggal didapatkan dari senyawa jenis belerang. Manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat dengan sifat anti inflamasi nya yaitu, bisa meredakan nyeri, radang, memar dan pembengkakan akibat asam urat. Selain itu, senyawa yang ada di dalam bawang putih tunggal juga dapat menghidupkan berbagai senyawa lain yang memiliki potensi sifat anti inflamasi.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Efek Obat Asam Urat

Selain itu, manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat lainnya adalah untuk mengurangi efek obat asam urat. Biasanya, obat asam urat dapat menyebabkan dampak buruk pada tubuhmu, seperti masalah lambung. Mengonsumsi ekstrak bawang putih secara rutin dan teratur dapat mengurangi dampak buruk obat tersebut. Hal ini berkaitan dengan kandungan sulfur pada bawang putih tunggal yang dapat menekan sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan produksi lendir di dalam lambung.

Sebaiknya, sebelum menggunakan berbagai manfaat bawang putih tunggal untuk asam urat ini, konsultasikan kesehatan kamu ke dokter terlebih dahulu. Kamu juga wajib memperhatikan konsumsi obat dari dokter dan bagaimana sebaiknya penggunaan pengobatan lainnya.

6 dari 6 halaman

Cara Penggunaan Bawang Putih Tunggal untuk Asam Urat Lainnya

Seringkali orang-orang menyamakan asam urat dan varises. Penyakit asam urat atau sering juga disebut gout merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang teramat sangat, pembengkakan, dan rasa panas di persendian yang kadang bisa teramat menyiksa.

Asam urat biasanya disebabkan oleh sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kamu konsumsi seteiap hari. Zat purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup seperti jeroan dari ayam, sapi, kambing dan lain-lain.

Pada penyakit asam urat tinggi, masing-masing orang merasakan gejala atau tanda yang berbeda setiap orangnya, ada yang merasakan nyeri di bagian sendi tubuh, ada juga yang tidak merasakan apa-apa meski asam uratnya sudah mencapai angka 12. Sebaliknya ada seseorang yang asam uratnya 10, keluhannya sangat parah bahkan bisa menyebabkan kaki sakit saat berjalan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Artikel menarik lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mengatasi penyakit asam urat tersebut dengan menggunakan bawang putih tunggal. Begini langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

Cara pertama, ambil bawang putih beberapa suing atau bawang putih tunggal, lalu kupas dan tumbuk halus. Selanjutnya, oleskan bawang putih yang telah ditumbuk tersebut pada bagian yang sakit dan bengkak.

Cara kedua, ambil bawang putih tunggal atau beberapa siung bawang putih, lalu cincang dan beri minyak goreng dan perasan jeruk nipis. Lalu, simpan dalam botol atau stoples tertutup, diamkan selama satu malam. Keesokan harinya, kamu sudah bisa menggunakannya untuk pengobatan dengan mengoleskan di bagian yang sakit. Kamu bisa menerapkan hal ini secara teratur setiap harinya. Namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang keadaan kesehatanmu agar tetap aman.