Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

5 Cara Merawat Pakaian Warna Hitam Agar Tidak Mudah Pudar

Liputan6.com, Jakarta Pakaian warna hitam mungkin merupakan salah satu barang yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Warnanya yang netral dan cocok dipadukan dengan berbagai warna lainnya menjadi salah satu alasan banyak yang menyukainya.

Namun, pakaian warna hitam punya kecenderungan rentan sekali pudar, atau warnanya tidak sehitam saat masih baru. Tentunya hal ini menjadi persoalan tersendiri bagi setiap orang yang menyukai pakaian berwarna hitam ini.

Cara merawat pakaian warna hitam agar tidak mudah ternyata tidak sulit. Asalkan kamu tahu cara mencuci yang tepat dan cara menyimpannya yang baik, maka pakaian warna hitam tidak akan mudah pudar dan tetap awet.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/8/2019) tentang cara merawat pakaian warna hitam agar tidak mudah pudar. 

2 dari 6 halaman

Jangan terlalu sering mencucinya

Sekeras apapun usaha kamu untuk mencegah pakaian warna hitam pudar atau luntur saat mencucinya, pakaian tersebut akan tetap luntur juga bila kamu terlalu sering mencucinya. Bukan berarti sehabis dipakai tidak dicuci. Kamu bisa mencuci pakaian warna hitam saat memang dibutuhkan saja. Maksudnya adalah cuci baju hitam setelah 2 kali pakai dan jangan merendamnya dalam waktu lama. Merendam dengan deterjen terlalu lama akan memudarkan warnanya. Jadi, langsung cuci dan jemur setelah kamu memakainya.

3 dari 6 halaman

Pisahkan baju hitam saja

Cara merawat pakaian warna hitam agar tidak mudah pudar selanjutnya adalah dengan menisahkan baju hitam saja. Memisahkan baju berdasarkan warna itu penting. Pisahkan baju hitam saja dan yang gampang luntur. Jika pun melunturi, mereka hanya melunturi bau yang juga warna hitam, jadi tak akan kentara.

4 dari 6 halaman

Balik baju saat mencuci dan menjemur

Saat kamu mencuci, kain berwarna hitam tersebut akan bersentuhan langsung dengan air, yang tentunya dapat mengikis warna kain tersebut. Akibatnya warna pakaian yang akan cepat luntur adalah warna pada sisi yang emnghadap ke luar saat kamu mencuci. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membalik pakaian saat mencuci, gunakan bagian dalam saat mencuci.

Saat menjemur baju, selalu balik baju bagian dalam ke luar. Cara ini ampuh melindungi warna luar baju tak mudah pudar. Karena panas sinar matahari bisa memudarkan warna baju.

5 dari 6 halaman

Cuci dengan air dingin

Jika kamu mencuci pakaian warna hitam dengan air hangat, maka hal tersebut dapat membuatnya lebih cepat luntur atau pudar. Air hangat dapat memecah serat, sehingga membuat pakaian lebih cepat pudar. Gunakanlah air dingin agar pakaian bisa lebih awet. Temperatur air yang ideal untuk mencuci baju hitam adalah 15-27 derajat Celcius.

Selain itu, kamu juga sebaiknya menggunakan metode mencuci yang paling singkat untuk merawat pakaian warna hitam.hal ini berkaitan dengan risiko kelunturan warna bila kamu terlalu lama mencuci pakaian. Namun, kamu tetap harus memperhatikan seberapa kotor pakaian warna hitam yang akan kamu cuci.

6 dari 6 halaman

Perhatikan Saat Mengeringkan Pakaian

Dalam merawat pakaian warna hitam agar tidak mudah pudar, panas adalah musuh utama. Jangan menggunakan mesin pengering kecuali kamu terpaksa. Pakaian warna hitam lebih baik digantung agar kering. Selain itu, kamu juga harus memastika pakaian kamu jauh dari sinar matahari, karena sinar matahari bisa membuatnya cepat pudar.

Loading