Sukses

7 Monumen Megah Dunia yang Ternyata Punya Makna Mengejutkan

Begini makna dari setiap monumen megah dunia.

Liputan6.com, Jakarta Setiap monumen megah dan indah yang menghias kota, tentu memiliki arti yang mendalam. Selain memiliki arti, sebuah monumen pun dibuat untuk mengenang sebuah peristiwa yang terjadi di masa lalu agar orang di kehidupan mendatang tetap ingat akan kejadian masa itu.

Banyak sekali seniman yang tersebar di seluruh dunia yang mencurahkan segala ide dan keahliannya dalam membuat sebuah karya seni. Dalam setiap seninya pasti memiliki makna dan latar belakang dalam pembuatannya.

Setelah karya seni berupa monumen ini selesai, hasil kerja kerasnya pun di pajang di sebuah tempat yang mudah disaksikan oleh masyarakat. hal itu agar makna yang diungkapkannya dapat diketahui dan tersebar luas di masyarakat.

Ada beberapa monumen yang dalam penempatannya sering berpindah-pindah. Berpindahnya ini pun agar orang-orang yang berada di wilayah tersebut dapat melihat dan mengetahui makna yang disampaikan.

Berikut 7 monumen megah dunia yang miliki makna mengejutkan yang Liputan6.com lansir dari brightside, Selasa (27/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Knife Angel dibuat oleh seniman Alfie Bradley yang ada di Inggris

Alfie Bradley menciptakan patung malaikat setinggi 8,2 meter yang menakjubkan. Patung malaikat ini terbuat lebih dari 100.000 pisau yang dikumpulkan oleh pihak kepolisian Inggris dari pelaku kriminal. Patung ini pun untuk menyadarkan masyarakat bahwa pisau adalah sebuah benda yang sangat berbahaya apabila digunakan dalam tindak kejahatan, meski pisau sering ada di dapur untuk memasak.

Monumen ini pun dalam beberapa waktu tertentu akan berpindah-pindah ke sudut kota-kota di Inggris untuk memberitahukan kepada masyarakat luas akan berbahayanya sebuah pisau dalam tindak kejahatan.

 

 

3 dari 8 halaman

2. The Miraculous Journey oleh Damien Hirst yang ada di Qatar

Sebuah monumen yang menakjubkan ini terletak di luar Pusat Penelitian dan Medis Sidra di Doha, Qatar. Monumen ini terdiri dari 14 patung perunggu berukuran besar yang masing-masing menunjukkan tahap pertumbuhan embrio dalam rahim dari konsepsi hingga kelahiran. The Miraculous Journey membangkitkan perasaan kontroversial kepada pengamat di timur dan bahkan tertutup dari pandangan publik selama beberapa waktu.

Inilah yang dikatakan Damien Hirst, pencipta monumen tentang ide-ide yang dialamatkan dalam karyanya.

"Pada akhirnya, perjalanan yang dilalui bayi sebelum kelahiran lebih besar daripada apa pun yang akan ia alami dalam kehidupan manusianya. Saya berharap patung itu akan menanamkan rasa kagum dan kagum pada pemirsa pada proses manusia yang luar biasa ini, yang akan segera terjadi di Pusat Medis Sidra, serta setiap detik di seluruh dunia. ” 

4 dari 8 halaman

3. Building Bridges oleh Lorenzo Quinn di Venesia

Bagaimana kita membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik? Persahabatan, kebijaksanaan, bantuan, iman, harapan, dan cinta ini adalah bahan untuk dunia yang lebih baik dan orang-orang yang lebih bahagia menurut Lorenzo Quinn, seorang seniman Italia yang terkenal.

6 kebajikan ini diwujudkan dalam 6 pasang tangan yang membangun jembatan bersama. Ini adalah salah satu karya terbaru Quinn yang dibangun untuk Venice Art Biennale 2019.

5 dari 8 halaman

4. Corporate Head oleh Terry Allen di California, USA

Patung perunggu seukuran manusia yang mengesankan dari seorang pria yang telah membenamkan kepalanya di gedung itu berada di Los Angeles, California di AS. Patung tersebut mewujudkan seorang pengusaha yang telah mencurahkan seluruh hidupnya untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya dan perusahaan tempat dia bekerja. Dia dipisahkan dari gedung kantor hanya dari leher ke bawah, yang berarti pikirannya telah sepenuhnya diserap oleh pendirian tempat dia bekerja.

Patung itu menggambarkan langkah kehidupan modern di mana orang harus memikul beban ekonomi dan menghabiskan seluruh hidup mereka bekerja dalam bisnis, sering kali kehilangan hal-hal yang jauh lebih penting daripada kekayaan materi.

6 dari 8 halaman

5. Sphere Within a Sphere oleh Arnaldo Pomodoro di Vatikan Museum

Patung indah ini memukau pemirsa penonton dengan struktur kompleks bola yang retak pada bagian luar dan bagian dalam serta banyak roda gigi rumit di dalamnya. Seniman, Arnaldo Pomodoro, suka mempelajari bentuk-bentuk geometris sederhana dalam karyanya dan berhasil menyembunyikan makna yang mendalam di balik bentuk-bentuk sederhana itu.

Sphere Within a Sphere sekali lagi mengingatkan kita bagaimana segala sesuatu di alam semesta saling berhubungan, betapa rapuhnya dunia kita, dan betapa mudahnya ia dapat dipecah-pecah.

7 dari 8 halaman

6. Pria yang Mengukur Awan oleh Jan Fabre

Karya seni unik ini dengan sentuhan akhir daun emas adalah bagian dari Venice Art Biennale tahun 2019 dan memperlihatkan pemirsa seorang pria yang naik ke ketinggian 9 meter dan mencoba mengukur awan dengan penggaris. Patung ini dapat diartikan sebagai upaya putus asa seseorang untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin, sebagai upaya kita yang tak berkesudahan untuk melampaui diri kita sebagai umat manusia, atau sebagai anggukan pada filsafat kuno yang berpikir bahwa manusia adalah tolok ukur dari semua hal.

8 dari 8 halaman

7. Diserap oleh Cahaya karya Gali Lucas dan Karoline Hinz

3 Orang duduk di bangku dan tersedot oleh ponsel mereka sedemikian rupa sehingga mereka bahkan tidak saling memperhatikan. Apa yang bisa menggambarkan era kita lebih baik?

Instalasi yang merupakan bagian dari Amsterdam Light Festival melambangkan bagaimana teknologi modern menghubungkan dan memutus kita pada saat yang sama. Ketika kamu berjalan di malam hari di lain waktu, melihat-lihat dan kamu akan melihat gambar yang sama. Puluhan orang di sekitar dengan wajah mereka yang cerah oleh ponsel mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.