Sukses

PNM Gandeng Telkom Indonesia untuk Mengakselerasi Ekosistem Digital Dunia Usaha Indonesia

PNM terus berkomitmen untuk mendorong ekonomi kerakyatan agar terus relevan dan tumbuh dengan kebutuhan pasar di era sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - PNM kuatkan sinergi dengan Telkom Indonesia di DIGILand Conference. Dihadiri Sunar Basuki, Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom Indonesia, dan F. M. Venusiana R., Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, meresmikan kerjasama antara PNM dan Telkom Indonesia untuk meningkatkan digitalisasi para pelaku usaha mikro dan ultra mikro.

PNM terus berkomitmen untuk mendorong ekonomi kerakyatan agar terus relevan dan tumbuh dengan kebutuhan pasar di era sekarang. Kemudahan akses dengan adanya digitalisasi adalah satu dari sekian tren pasar yang kini digandrungi. Menurut Kemenkop, di akhir 2022 lalu, UMKM go digital sudah mencapai sudah mencapai 32,44%, meningkat 26,6% dari tahun sebelumnya. Pelaku usaha mikro sudah mulai bergulir di halaman e-commerce dan menggunakan transaksi cashless.

Terhitung dari 14,6 juta nasabah binaan PNM di 35 provinsi, hanya 8-10% yang menggunakan Internet/Mobile Banking dan hanya 6% yang sudah berjualan di e-commerce (UGM, 2022).

“Kita harus ketahui target nasabah PNM itu adalah perempuan prasejahtera yang bagi mereka untuk membuka aplikasi e-commerce saja itu sudah di atas angan-angan. Tetapi kami tetap commit untuk membantu mereka naik kelas,” papar Sunar dalam diskusi DIGILand Conference 2023.

”WhatsApp Commerce menjadi salah satu bentuk aplikasi yang tepat dengan karakteristik dan kebutuhan nasabah kita, aplikasi ini juga menjadi bentuk kerjasama dengan Telkom Indonesia,” sambungnya.

Kerjasama dengan Telkom Indonesia diharapkan dapat mendorong terus PNM dalam mewujudkan nasabah yang naik kelas. Strategi pemberdayaan PNM seperti yang Sunar sebutkan sebelumnya harus memperhatikan kemampuan nasabah, pendampingan dan aplikasi yang tepat guna. Salah satunya adalah aplikasi kerjasama dengan Telkom Indonesia yakni Whatsapp Commerce.

“Untuk target pelaku usaha mikro tadi ya kami siapkan aplikasi dari Telkom yang sesuai dengan kebutuhan, ditunggu saja,” ujar Venusiana.

Kolaborasi ini menjadi awal mula perjalanan untuk menguatkan kembali tulang punggung Indonesia, UMKM. Mencakup masyarakat Indonesia yang luas dengan berbagai kebutuhannya akan baik dengan adanya kolaborasi antara beberapa pihak. Kehadiran PNM memberikan sekelumit gambaran tentang masih banyak masyarakat Indonesia yang memerlukan pendampingan digital untuk maju. Dengan kehadiran Telkom, pendampingan dan pelatihan ini akan semakin terakselerasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini