Sukses

Fungsi Microsoft Access yang Penting untuk Mengelola Data

Liputan6.com, Jakarta Fungsi Microsoft Access biasa digunakan untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Microsoft Access adalah bagian dari Microsoft Office, termasuk dalam Professional dan edisi yang lebih tinggi atau dijual secara terpisah. 

Fungsi Microsoft Access sama pentingnya seperti Word dan Excel dalam mengolah data. Fungsi Microsoft Access biasa digunakan oleh para pelaku bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar.

Fungsi Microsoft Access juga digunakan para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri.

Fungsi Microsoft Access kerap digunakan sebagai 'front-end' program sementara produk lain bertindak sebagai tabel 'back-end' sebuah pemrograman. Fungsi Microsoft Access bisa dimanfaatkan sebagai alat pemrograman sederhana.

Berikut fungsi Microsoft Access yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(27/8/2019).

2 dari 6 halaman

Mengenal Microsoft Access

Microsoft Access adalah sistem manajemen basis data (DBMS) dari Microsoft yang menggabungkan Microsoft Jet Database Engine relasional dengan antarmuka pengguna grafis dan alat pengembangan perangkat lunak.

Microsoft Access menyimpan data dalam formatnya sendiri berdasarkan pada Access Jet Database Engine. Itu juga dapat mengimpor atau menautkan langsung ke data yang disimpan dalam aplikasi dan database lain.

Pengembang perangkat lunak, arsitek data, dan pengguna listrik dapat menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP).

Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access.

3 dari 6 halaman

Fitur Microsoft Access

Buat dan bagikan aplikasi tanpa menjadi developer

Access adalah alat yang mudah digunakan untuk membuat aplikasi bisnis, dari template atau dari awal. Dengan alat desain yang kaya dan intuitif, Access dapat membantu Anda membuat aplikasi yang menarik dan sangat fungsional dalam waktu minimal.

Kustomisasi aplikasi untuk tumbuh bersama bisnis Anda

Sesuaikan aplikasi khusus Anda dengan bisnis dan pelanggan Anda, dengan mudah mengedit sesuai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang. Menggunakan Visual Basic for Applications, mengotomatiskan proses bisnis dan membuat formulir dan laporan yang lebih bermanfaat.

Integrasikan dengan berbagai sumber data

Integrasikan data antara akses dan aplikasi lini bisnis menggunakan pustaka konektor Access untuk menghasilkan visual agregat dan wawasan dalam antarmuka Access yang akrab. Mudah menyimpan data dalam SQL Server dan Microsoft Azure SQL untuk meningkatkan keandalan, skalabilitas, keamanan, dan pengelolaan jangka panjang.

4 dari 6 halaman

Fungsi Microsoft Access

Untuk keperluan bisnis

Microsoft Access adalah program yang dapat digunakan untuk bisnis. Jika Anda memulai bisnis, Anda tentu sering bekerja dengan database. Misalnya, Anda ingin membuat data laporan keuangan bisnis. Akan jauh lebih mudah dan lebih baik dengan Microsoft Access.

Untuk keperluan sekolah

Jika Anda seorang mahasiswa administrasi atau statistik, Anda tentu sering menggunakan basis data. Selain itu, database juga sering digunakan para guru untuk membuat jadwal. Jadwal termasuk untuk semua guru dan untuk siswa setiap kelas.

Karena itu, baik guru dan siswa sering menggunakan database dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Ini juga sangat berguna bagi mereka yang bekerja di perpustakaan di sekolah. Access dapat memudahkan Anda untuk membuat, mengedit, dan memelihara basis data.

5 dari 6 halaman

Fungsi Microsoft Access

Untuk keperluan kantor

Untuk kantor, ada banyak posisi orang yang sering bekerja dengan database. Sebagai contoh adalah sekretaris dan perencana keuangan. Namun, beberapa posisi lain mungkin juga berfungsi sebagai basis data. Itu sebabnya Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Microsoft Access. Dengan Microsoft Access, semua orang akan lebih mudah bekerja dengan basis data.

Untuk Programmer

Pemrogram juga sering bekerja dengan database. Itu sebabnya mereka juga membutuhkan Microsoft Access. Microsoft Access sangat berguna bagi programmer untuk memudahkan aktivitas mereka terkait pemrograman. Itu sebabnya jika Anda seorang programmer, Anda harus tahu cara menggunakan program Microsoft Access.

6 dari 6 halaman

Keunggulan Microsoft Access

Dengan bantuan Microsoft Access, pengguna dapat secara efektif mengelola informasi penting dengan menyimpannya dengan mudah untuk referensi, pelaporan, dan analisis di masa mendatang. Seperti namanya, pengguna akan memiliki akses ke informasi yang terorganisir dalam database mereka dengan efisien. Berikut keunggulan Microsoft Access:

1. Ideal untuk pengguna individu dan tim yang lebih kecil

2. Lebih mudah dioperasikan daripada database klien-server untuk dipahami dan digunakan

3. Impor dan ekspor ke Microsoft Office lain dan aplikasi lain

4. Template siap untuk pengguna reguler untuk membuat dan menerbitkan data

5. Mengizinkan membangun dan menerbitkan basis data Web dengan mudah

6. Fitur ramah pengguna ‘Tell Me’ untuk bantuan

7. Mengizinkan pengembang membuat solusi khusus menggunakan kode VBA

8. Sembunyikan / Tampilkan opsi untuk Ribbon

9. Mengizinkan pengguna Melaporkan Tampilan Menghilangkan Laporan Ekstra

10. Mengizinkan Laporan keluaran dalam format PDF