Sukses

Tidak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Ikan Nila untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Ikan nila merupakan jenis ikan tawar yang populer di Indonesia. Ikan nila pun tergolong mudah untuk dibudidayakan. Oleh sebab itulah ikan nila banyak tersebar di Indonesia sehingga sangat mudah untuk diperoleh di pasar, supermarket atau tempat belanja lainnya.

Selain memiliki rasa yang lezat, ikan nila memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ikan ini juga mengandung kadar lemak, kolesterol, dan kalori yang lebih rendah dibandingkan daging sapi dan babi.

Ikan Nila juga kaya akan protein, vitamin, mineral, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, kandungan vitamin B12 pada ikan nila sangat penting untuk menjaga energi pada tubuh.

Dengan Kandunganya yang beragam, ikan nila bisa kamu jadikan menu makanan sehat dan lezat. Berikut 5 manfaat ikan nila untuk kesehatan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019).

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan nila memiliki kandungan fosfor. Fosfor merupakan zat yang sangat penting dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan tulang. Mineral yang terkandung di dalam ikan nila juga bagus untuk memperkuat tulang dan mencegah penyakit seperti pengeroposan tulang.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Kanker Prostat

Ikan nila memiliki kandungan zat selenium yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang baik. Dalam sebuah penelitian bahwa zat selenium mampu mengurangi aktivitas radikal bebas yang menjadi sumber dari penyakit kanker.

4 dari 6 halaman

3. Mencegah Anemia

Terdapat sejumlah zat besi pada ikan nila dan kandungan nutrisi lainnya yang dapat mencegah anemia. Kandungan tersebut termasuk Vitamin B (B3,B6,B9,B12), magnesium dan seng.

Selain mencegah anemia, kandungan nutrisi ini membantu menjaga kulit, rambut, dan kuku agar tetap sehat.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid merupakan salah satu bagian penting dalam sistem metabolisme tubuh. Kelenjar ini bisa terganggu kesehatannya bahkan bisa menjadi kanker yang berbahaya.

Namun, menjaga kesehatan tiroid mudah dilakukan dengan rajin mengonsumsi ikan nila, sebab senyawa selenium berfungsi sebagai penjaganya.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Penuaan Dini

Ingin punya kulit awet muda tidak harus memakai skincare mahal. Cara paling mudah adalah dengan mengonsumsi ikan nila. Ikan air tawar ini memiliki kandungan antioksidan yang bernama selenium. Kandungan tersebut berfungsi untuk meremajakan kulit. Jadi kamu tak perlu khawatir dengan keriput, bintik-bintik hitam, atau garis-garis halus penuaan.