Sukses

7 Pantai Terunik di Dunia, Ada yang Punya Pasir Hijau

Ada beberapa pantai yang unik di beberapa negara.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata pantai? Pastinya adalah laut biru yang jernih, pasir putih, dan langit dengan awan yang indah. Pantai adalah salah satu tempat terbaik untuk melepas penat dari segala rutinitas. Suara deru ombak dengan pemandangan pantai yang indah bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan.

Bersyukur lah kamu yang tinggal di Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang dikelilingi berbagai pantai cantik yang memanjakan mata. Sebut saja Pantai Pink di Pulau Komodo, Pantai Bayah, Pantai Raja Ampat, hingga pantai cantik di Banyuwangi, seluruhnya hadir dengan pemandangan cantik dan tentunya eksotis.

Pada umumnya pantai di kelilingi oleh pasir pantai berwarna putih dan hitam yang halus atau karang-karang. Namun, ada beberapa pantai yang unik di beberapa negara. Bukan sekedar air laut dengan pasir putih yang mengelilingi, tetapi ada sesuatu yang membuat pantai ini sangat berbeda dari pantai biasanya.

Ada pantai di dalam gua, ada juga pantai dengan pasir hijau. Pasti penasarankan bagaimana indahnya pantai-pantai terunik di dunia ini? Berikut 7 pantai terunik di dunia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Algar de Benagil

Algar de Benagil merupakan gua yang memiliki pantai di dalamnya. Pantai tersembunyi di kawasan Lagoa, Portugal ini terbentuk akibat abrasi pasang surut batu karang yang disebabkan ombak laut. Gua ini juga mempunyai lubang di atasnya yang berfungsi sebagai Oculus, sehingga memungkinkan sinar matahari masuk.

Gua ini juga bisa didaki, hanya saja harus hati-hati karena gua ini cukup terjal. Jika ingin mengunjungi pantai indah yang tersembunyi di bawahnya, kamu harus berani masuk ke dalam gua. Karena hanya ini akses satu-satunya menuju surga tersembunyi tersebut.

3 dari 8 halaman

2. Papakolea Beach Green Sand

Seperti namanya green sand, sudah pasti pantai ini memilik pasir berwarna hijau. Ini lah yang membuat pantai ini, berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang memiliki warna pasir putih, kuning, ataupun hitam.

Warna hijau pada pantai ini berasal dari mineral olivine yang telah mendingin di laut. Banyak yang menyebut pantai ini sebegai pantai green tea. Pantai unik ini terletak di Norwegia.

4 dari 8 halaman

3. Jokulsarlon Glacier Lagoon

Islandia terkenal karena banyaknya gletser dan gunung api, ternyata Islandia juga punya pantai yang tidak kalah indah. Jokulsarlon Glacier Lagoon adalah sebuah laguna yang mengelilingi Vatnajokull National Park di Islandia.

Seperti pantai pada umumnya dengan pasir hitam, namun ada yang membuat pantai ini menjadi spesial. Seluruh pasir di pantai ini dihiasi bebatuan es yang berasal dari gletser. Pasir hitam tersebut berasal dari batuan vulkanik yang terdapat di pulau ini.

Jokulsarlon Glacier Lagoon juga terhubung dengan laut melalui sebuah sungai terpendek di Islandia yang panjangnya hanya sekitar 1.500 meter. Pulau vulkanik di Atlantik Utara itu terbentuk pada pertengahan 1930-an ketika gletser Breioamerkurjokull mencair.

5 dari 8 halaman

4. Glowing Beach

Pantai unik di Pulau Vadhoo, Maldives, ini sungguh indah dengan air yang bercahaya biru. Cahaya biru tersebut bersumber dari mikroba laut, yakni Ostracod Crustaceans atau Phytoplankton.

Profesor biologi, James Morin, di Cornell meyakini bahwa ribuan pasir pantai yang bercahaya ini merupakan kematian massal secara berkala organisme tersebut. Air atau pasir di pantai tersebut akan mulai bercahaya jika ada sentuhan atau gerakan.

6 dari 8 halaman

5. Glass Beach

Kota Fort Bragg di California, Amerika Serikat memiliki sebuah pantai yang unik. Pantai uni tersebut diberi nama Glass Beach yang memiliki kerikil-kerikil bening seperti batuan kaca. Saat ini, pantai tersebut dilindungi oleh undang-undang dan kaca-kaca di pantai tidak boleh dibuang oleh pengunjung.

Bebatuan kaca ini sebenarnya bukanlah hasil proses alam seutuhnya. Selama beberapa dekade, masyarakat setempat membuang barang-barang yang tidak lagi mereka gunakan di samping laut.

Cuaca dan pasang surut air laut membuat benda-benda organik menjadi membusuk, logam-logam dan besi menjadi berkarat dan terbawa ke lautan, sedangkan pecahan kaca tertinggal dan terbentuk oleh ombak menjadi kerikil halus.

7 dari 8 halaman

6. Hot Water Beach

Hot Water Beach berada di pesisir timur Semenanjung Coromandel di Selandia Baru, sekitar 12 kilometer di tenggara Whitianga. Keunikan pantai ini terletak pada pasirnya yang dapat menjadi sumber air panas.

Maka dari itu, para pengunjung harus membawa sekop sebagai alat untuk mengeruk pasir dan membuat kolam kecil untuk berendam di sekitar pantai. Semakin dalam menggalinya, air yang keluar pun akan terasa semakin panas.

8 dari 8 halaman

7. Pantai Pasir Merah, Rabida, Galapagos

Pantai pasir merah yang terjadi akibat endapan lava di sepanjang pantai. Pengendapan lava di sepanjang pantai membuat kombinasi warna yang sangat kontras. Keindahan pantai ini pun semakin lengkap dengan bukit yang berada di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini