Sukses

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan dan Proses Pembuatannnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tape singkong ternyata sangat baik untuk kesehatan. Salah satu kudapan khas Indonesia yang cukup populer ini merupakan makanan hasil fermentasi. Karena rasanya yang enak, banyak orang yang menggemari makanan satu ini.

Tape singkong sering juga dijadikan tambahan atau rasa pada makanan. Kamu bisa menemukannya pada tambahan minuman seperti es cendol maupun es doger. Tidak hanya enak dan manis, tape singkong memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Manfaat tape singkong untuk kesehatan didapatkan karena nutrisi yang dikandungnya. Singkong yang biasanya diolah menjadi tape adalah singkong yang manis, umumnya yang berwarna putih atau kuning. Kamu bisa mengonsumsi tape singkong, tapi jangan terlalu berlebihan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019) tentang manfaat tape singkong.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tape Singkong

Baik untuk pencernaan 

Proses fermentasi selama pembuatan tape singkong memiliki potensi dalam membawa manfaat untuk tubuh. Seperti yang telah diketahui, Makanan fermentasi dapat membantu merangsang pertumbuhan berbagai bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Meningkatkanya pertumbuhan bakteri baik di dalam usus akan memengaruhi kesehatan usus secara menyeluruh.

Selain melancarkan pencernaan, bakteri baik juga membantu dalam proses penyerapan nutrisi dan meredakan gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan sembelit. Jadi manfaat tape singkong yang pertama adalah untuk pencernaan.

Probiotik atau bakteri baik merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga lancarnya sistem pencernaan. Bakteri baik yang ada pada tape singkong berasal dari mikroorganisme yang ada dalam ragi tape.

Sumber karbohidrat yang baik

Selanjutnya, manfaat tape singkong adalah sebagai sumber karbohidrat yang baik. Singkong merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik daripada nasi karena memiliki kadar indeks glikemik lebih yang lebih rendah. Sebagai sumber karbohidrat, tape singkong bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat kompleks yang dikandung pada tape singkong juga membuatnya menjadi lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan sehingga membuat kamu bisa kenyang lebih lama. Hal ini membuat tape singkong bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Dengan begitu, tentunya kamu bisa memilih tape singkong sebagai makanan untuk diet. Dengan manfaatnya yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, dan juga memiliki kandungan lemak yang rendah, jadi sangat bagus untuk program diet kamu.

3 dari 5 halaman

Mengontrol Tekanan Darah dan Mencegah Anemia

Mengontrol tekanan darah

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Manfaat tape singkong yang satu ini juga menjadikan tape singkong sebagai makanan yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Kamu bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi tape singkong ini.

Mencegah anemia

Selain itu, manfaat tape singkong juga bisa digunakan untuk mencegah anemia. Rendahnya produksi sel darah merah yang disebabkan oleh berbagai faktor dapat menyebabkan anemia. Mikroorganisme yang ada dalam ragi tape singkong dipercaya dapat membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh. Kandungan vitamin B12 dan kalsium dalam tape singkong dipercaya memiliki peran dalam proses produksi sel darah merah sehingga anemia pun dapat dicegah.

4 dari 5 halaman

Kandungan Nutrisi Tape Singkong

Tentunya berbagai manfaat tape singkong yang telah disebutkan sebelumnya tidak lepas dari kandungannya. Kudapan yang acap kali dijadikan oleh-oleh dari daerah Jawa Barat ini ternyata tidak kalah bergizi dengan makanan-makanan hasil fermentasi lainnya seperti tempe, tahu, keju, hingga yoghurt.

Dilansir dari Daftar Komposisi Bahan Makanan Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPP PERSAGI), dalam 100 gram tape singkong, terkandung sejumlah nutrisi, meliputi:

- Kalori: 173

- Protein: 0,5 gram

- Lemak: 0,1 gram

- Karbohidrat: 42, 5 gram

- Kalsium: 30 gram

- Fosfor: 30 miligram

- Air: 56 gram

5 dari 5 halaman

Proses Pembuatan Tape Singkong

Selanjutnya, dengan mengetahui manfaat tape singkong bagi kesehatan, tentunya tidak akan rugi bila kamu ingin membuat tape singkong di rumah. Pembuatan tape singkong juga tidak begitu sulit.

Seperti yang telah diketahui, tape singkong berasal dari fermentasi singkonf. Biasanya singkong yang diolah adalah singkong yang manis, yang berwarna putih atau kuning. Sebelum prose fermentasi, kamu perlu mencuci singkong terlebih dahulu hingga bersih. Lalu kukus hingga matang. Setelah itu, taburi singkong dengan ragi.

Proses fermentasi bisa dilakukan dengan cara membungkus singkong dalam daun pisang atau ditempatkan pada sebuah wadah khusus yang kedap udara selama 2-3 hari. Semakin lama proses fermentasi, maka tekstur singkong akan semakin empuk.

Nantinya, proses fermentasi yang tepat akan menghasilkan tape singkong yang rasanya manis, sedikit asam dan beraroma alkohol. Rasa manis tape berasal dari ragi yang memecah karbohidrat dalam singkong menjadi gula sederhana.

Namun, kamu tidak bisa secara berlebihan mengonsumsi tape singkong. Hal ini disebabkan karena penumbukan bakteri baik di dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung. Selain itu, walaupung memang kandungan alkohol pada tape singkong hanya sedikit, bila kamu banyak mengonsumsinya, maka tetap saja akan berdampak buruk pada kesehatan.