Sukses

6 Tanda Kulit Tidak Cocok dengan Produk Skincare

Liputan6.com, Jakarta Setiap produk skincare tentunya memiliki tujuan untuk membuat kulit sehat dan cantik terawat. Namun untuk mencapai hal tersebut kita harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh kulit agar skincare yang digunakan tepat guna dan cocok dengan jenis kulit yang ada.

Mungkin memang tidak semua orang bisa langsung mengetahui bagaimana kondisi kulitnya dan apa yang dibutuhkan dari skincare sebagai solusi untuk permasalahan yang ada. Maka dari itu, banyak orang yang mengalami berbagai kendala dalam penggunaan skincare pada awal pemakaian. Namun kesalahan penggunaan skincare ini kadang bisa berakibat fatal pada kulit.

Tanda kulit tidak cocok dengan produk skincare harus kamu kenali secepatnya. Bila tidak segera melakukan tindakan penanganan, maka kamu bisa mendapatkan dampak yang cuku serius pada kulit. Bila kamu mengalami berbagai tanda-tanda kulit tidak cocok dengan produk skincare, segera hentikan pemakaian atau periksakan pada ahlinya.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tanda kulit tidak cocok dengan produk skincare dari berbagai sumber, Kamis (29/8/2019).

2 dari 7 halaman

Kulit Menjadi Kering dan Gatal

Tanda kulit tidak cocok dengan produk skincare yang pertama adalah kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya hal ini terjadi karena bahan wewangian pada produk skincare yang bisa membuat kulit wajah menjadi kering dan terasa gatal. Apalagi buat kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan produk skincare yang tanpa pengharum.

3 dari 7 halaman

Tumbuh Jerawat di Beberapa Bagian

Tumbuh jerawat di beberapa bagian pada wajah merupakan salah satu tanda kulit tidak cocok dengan produk skincare yang paling sering terjadi. Jika kamu mengalami jerawat yang tumuh semakin banyak dan tidak hilang-hilang, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian skincare tersebut. Hal tersebut menandakan kulit mengalami breakout dan sebagai tanda bahwa skincare yang kamu pakai tidak cocok.

Namun, jika jerawat tumbuh di beberapa bagian dan membaik dalam beberapa saat, maka hal ini berarti kulit sedang mengalami purging. Hal ini merupakan pertanda baik karena purging menandakan kulit sedang melakukan detoks yang akan membuat wajah menjadi lebih bersih.

4 dari 7 halaman

Wajah Menjadi Kemerahan

Selain itu, tanda kulit tidak cocok dengan produk skincare lainnya adalah wajah menjadi kemerahan. Hal ini biasanya disebabkan oleh bahan pengawet, wewangian, serta asam akrilat pada kosmetik.

Dalam menangani hal ini, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter, karena jika didiamkan terlalu lama hal ini dapat menyebabkan alergi yang akan lebih sulit untuk disembuhkan nantinya.

5 dari 7 halaman

Tidak Ada Perubahan Pada Wajah

Jika kamu memakai produk dengan klaim mencerahkan atau mengatasi jerawat, tapi kamu tidak merasakan hasilnya dalam waktu lebih dari satu bulan, itu artinya produk yang kamu pakai tidak bekerja dengan baik. Kamu harus segera mengganti produk skincare bila mengalami hal ini.

6 dari 7 halaman

Kulit Serasa Tertarik

Produk skincare yang cocok untuk seharusnya tidak membuat kulit wajah terasa kencang dan tertarik. Hal ini biasanya sering terjadi saat sabun yang kamu pakai tidak sesuai.

Ketika wajah terasa kencang dan tertarik maka kulit akan terasa kering dan pori-pori tampak lebih besar. Untuk mengatasi masalah ini, gantilah produk skincare atau sabun dengan sabun yang memiliki pH seimbang.

7 dari 7 halaman

Wajah Terasa Panas

Tanda ini biasanya disebabkan oleh pemakaian krim wajah yang tidak cocok. Segera cuci kembali wajahmu jika mengalami sensasi terbakar yang terasa panas. 

Selain itu, produk skincare yang tidak cocok dengan wajah kamu biasanya juga akan membuat wajah berminyak dan tampak kusam. Maka dari itu, segera hentikan penggunaan produk tersebut dan segera berkonsultasi pada ahlinya agar wajah tetap sehat dan bersih.