Sukses

6 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia yang Mendunia, Indah dan Eksotis

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata terbaik di Indonesia tak terhitung jumlahnya. Hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki potensi wisata yang unik dan khas satu sama lain. Destinasi wisata terbaik di Indonesia menjadi tujuan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Beberapa destinasi wisata terbaik di Indonesia bahkan sudah mendunia dan menjadi tujuan berlibur wisatawan mancanegara. Sebagian orang pasti sepakat bahwa bali merupakan destinasi wisata terbaik di Indonesia yang begitu mendunia. Namun, destinasi wisata terbaik di Indonesia tak cuma Bali.

Kini muncul banyak destinasi wisata terbaik di Indonesia yang mulai mendapat perhatian dunia. Destinasi ini menawarkan sejuta pesona yang tak kalah eksotis dari Bali. Berikut destinasi wisata terbaik di Indonesia yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(29/8/2019).

2 dari 7 halaman

Lombok

Lombok menjadi daya tarik wisata yang tak kalah eksotis dari Bali. Jajaran pantai, gugusan pulau kecil, kemegahan gunung Rinjani, dan kehidupan laut yang spektakuler untuk dijelajahi, pulau Lombok menjadi paket lengkap untuk berlibur di kawasan Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia, dengan puncaknya mencapai 3.726 mdpl. Danau Kawah Segara Anak yang terletak di atas gunung berapi ini, menjadi tujuan para wisatawan. Selain itu, Lombok juga terkenal dengan Gili yang dimilikinya. Gili berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak. Lombok memiliki lebih dari 20 Gili. Tiga yang paling diminati wisatawan adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Di Lombok wisatawan juga bisa mengunjungi desa-desa tradisional dan berbaur dengan penduduk asli suku Sasak. Disini wisatwan bisa merasakan langsung kehidupan sehari-hari mereka di desa tenun Sade dan Rambitan.

3 dari 7 halaman

Raja Ampat

Raja Ampat mulai dikenal sebagai surga tersembunyi di Timur Indonesia. Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri dari lebih dari 1.500 pulau kecil, gundukan pasir, dan beting yang mengelilingi empat pulau utama yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Nama Raja Ampat sendiri diyakini berasal dari legenda di mana seorang wanita menemukan tujuh telur, dengan empat di antaranya menetas dan menjadi raja dari empat pulau utama, sementara tiga lainnya menjadi seorang wanita, hantu, dan batu.

Raja Ampat menjadi tujuan utama para penggemar pesona bawah air. Wilayah Raja Ampat meliputi 9,8 juta hektar tanah dan laut, rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis moluska. Raja Ampat menjadi kekayaan laut yang paling beragam di dunia. Menurut laporan yang dikembangkan oleh The Nature Conservancy dan Conservation International, sekitar 75% spesies laut dunia hidup di Raja Ampat.

4 dari 7 halaman

Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia. Danau kawah besar ini memiliki sebuah pulau hampir seukuran Singapura di tengahnya yaitu pulau Samosir. Pulau Samosir menjadi destinasi untuk belajar sejarah, seperti kuburan batu dan desa tradisional.

Danau Toba berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut memiliki iklim sejuk, jauh dari panas, kelembaban, dan polusi kota. Pada akhir tahun warga sekitar biasa menggelar Festival Danau Toba. Festival ini event budaya, pariwisata dan olahraga.

Cikal bakal event ini adalah Pesta Danau Toba dan dimulai tahun 1980an dan berubah menjadi Festival Danau Toba pada tahun 2011. Sejak berganti menjadi Festival Danau Toba lokasi pelaksanaan event dilakukan secara bergantian di Kabupaten sekawasan Danau Toba.

5 dari 7 halaman

Wakatobi

Kabupaten Wakatobi telah ditetapkan sebagai Taman Laut Nasional. Wakatobi memiliki i total 1,4 juta hektar, 900.000 hektar di antaranya dihiasi dengan berbagai jenis spesies terumbu karang tropis. Wakatobi dikenal secara luas memiliki jumlah spesies terumbu dan ikan tertinggi di dunia. Pulau-pulau ini juga terkenal sebagai penghalang karang terbesar di Indonesia, kedua setelah Great Barrier Reef di Australia.

Wakatobi menjadi pusat penyelaman yang meawarkan pengalaman tak terlupakan. Ada ebih dari 50 situs menyelam spektakuler yang mudah diakses dari pulau-pulau utama. Wakatobi sendiri dikatakan memiliki 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang dari total 850 koleksi dunia.

6 dari 7 halaman

Taman Nasional Komodo

Terletak di antara pulau Sumbawa dan Flores di provinsi Nusatenggara Timur, Pulau Komodo menjadi Taman Nasional Komodo, kadal terbesar di dunia yang hanya dapat ditemui di wilayah ini. Pada tahun 1986, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia dan Cagar Manusia serta Biosfer oleh UNESCO.

Taman Nasional Komodo meliputi total 29 pulau vulkanik termasuk 3 pulau utama Rinca, Padar dan Komodo. Taman ini merupakan rumah bagi sekitar 2.500 Naga Komodo dan fauna darat lainnya. Medan taman ini unik beragam, terdiri dari lereng pegunungan, hutan hujan tropis, padang rumput hutan, dan pantai berpasir putih bersih. Lingkungan laut di Taman Nasional Komodo adalah salah satu yang terkaya di dunia dalam flora dan fauna dan masih relatif belum ditemukan.

7 dari 7 halaman

Borobudur

Candi Borobudur telah lama menjadi kebanggaan Indonesia. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia, sebuah situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Borobudur dibangun ada abad ke-9 pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

Borobudur dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha. Arsitektur dan batu candi ini tidak ada bandingannya. Candi ini dihiasi dengan ukiran batu di relief yang mewakili gambar dari kehidupan Buddha. Komentator mengklaim bahwa ini adalah ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, yang tak tertandingi dalam artistik.