Sukses

4 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Putih dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Noda tinta di baju putih tentunya akan tampak sangat mencolok. Kamu yang pergi ke kantor dengan menggunakan baju putih, atau anak sekolah yang setiap minggunya menggunakan baju putih paling sering mengalami hal ini.  

Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara menghilangkan noda tinta di baju putih.  Pada akhirnya saat baju putih terkena noda tinta yang sulit sekali dihilangkan, akhirnya terpaksa membeli baju baru, sehingga baru yang terkena noda tidak terpakai lagi.

Cara menghilangkan noda tinta di baju putih dengan mudah bisa menggunakan berbagai bahan yang cukup mudah ditemukan. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah-langkah yang diperlukan dan menyiapkan bahan-bahannya. Kamu akan mendapatkan baju putih yang bersih kembali.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/8/2019) tentang cara menghilangkan noda tinta di baju putih dengan mudah

2 dari 6 halaman

Menghilangkan Noda Tinta dengan Aseton, Cairan Pembersih Cat Kuku

Cara menghilangkan noda tinta di baju putih yang pertama adalah dengan aseton atau cairan pembersih cat kuku. Caranya cukup mudah, tuangkan 1 atau 2 tetes cairan aseton pada bagian yang terkena noda tinta. Teteskan hingga merata.

Setelah itu, tekan-tekan dengan kain bersih untuk menyerap noda tinta pada baju tersebut. Selanjutnya, rendam baju putih tersebut dengan air hangat dengan mencampurkan 1/2 sendok deterjen bubuk. Lalu, diamkan selama 10-30 menit. Kamu sudah bisa mencuci baju putih seperti biasa setelah itu.

3 dari 6 halaman

Menghilangkan Noda Tinta dengan Cuka

Cara menghilangkan noda tinta di baju putih yang kedua adalah dengan menggunakan cuka. Hal ini disebabkan karena cuka memiliki kandungan asam yang dapat membersihkan baju dari noda tinta tersebut.

Cara penggunaannya yaitu, tuangkan 1 sendok cuka pada noda tinta di baju. Kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu, tuangkan 1 atau 2 tetes sabun cuci piring pada noda tinta tersebut. Gosok dengan lembut dengan tangan atau sikat gigi hingga noda tinta menghilang. Setelah noda tinta menghilang, kamu bisa mencuci baju putih seperti biasanya.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Noda Tinta dengan Pasta Gigi

Selanjutnya, kamu juga bisa menghilangkan noda tinta di baju putih dengan pasta gigi. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengoleskan pasta gigi pada noda tinta di baju. Kemudian gosok dengan lembut dan perlahan hingga noda tinta menghilang, setelah dibilas dengan air bersih, kamu sudah bisa mencucinya seperti biasa lagi.

5 dari 6 halaman

Menghilangkan Noda Tinta dengan Alkohol

Cara menghilangkan noda tinta di baju putih selanjutnya yait menggunakan alkohol. Alkohol mampu menghilangkan noda tinta dengan cepat. Namun, bila tidak berhati-hati dalam penggunaannya, alkohol dapat membuat baju putih kamu pudar.

Cara menggunakan cukup dengan menuangkan beberapa tetes alkohol pada area yang terkena noda tinta, lalu diamkan selama 2 menit. Selanjutnya, teteskan lagi alkohol dan segera rendam dengan deterjen bubuk. Setelah itu, kamu bisa mencuci baju seperti biasanya.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju Putih yang Sudah Lama

Baju putih yang terkena noda tinta sebaiknya memang segera dicuci. Namun, bila kamu memiliki baju putih yang sudah terkena noda tinta sejak lama, jangan khawatir kamu masih bisa mencucinya. Walaupun memang agak sulit, tapi kamu bisa mencoba cara berikut ini:

- Teteskan cairan Aseton 1 atau 2 tetes

- Usap dengan lembut menggunakan kain atau tisu bersih

- Kemudian, siapkan ember berisi air dingin dan campurkan sedikit garam dapur

- Rendam baju di dalam ember tersebut, diamkan selama 5 – 10 menit

- Jika noda tinta belum menghilang sepenuhnya ulangi kembali sampai noda tinta benar-benar menghilang dari baju kamu.

- Setelah noda tinta menghilang kamu dapat mencuci baju seperti biasa