Sukses

Fungsi Root Hp, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya untuk Pertimbangan

Liputan6.com, Jakarta Fungsi root hp perlu diketahui jika ingin melakukan rooting pada hp Androidmu. Jika kamu telah melakukan pencarian di internet pada topik ponsel Android, kemungkinan besar Anda akan menemukan forum atau artikel yang membahas "rooting" perangkat hp.

Android adalah salah satu sistem operasi seluler yang paling terbuka, serbaguna, dan dapat disesuaikan sedemikian rupa. Bagi kamu yang hobi mengutak-atik hp Android, rooting bisa jadi pilihan. Proses rooting hp memang masih kontroversial melihat kelebihan dan kekurangan yang didapat. Fungsi root hp dapat dilakukan siapa pun pengguna Android.

Fungsi root hp memberi Anda hak istimewa untuk mengubah atau menginstal perangkat lunak lain yang biasanya tidak diizinkan oleh pabrikan. Fungsi root hp memang mampu memberi akses yang lebih luas terhadap sistem Android. Namun, ada efek negatif yang didapat dari proses ini.

Fungsi root hp yang dapat memberi akses bebas mengutak-atik sistem dapat membuat Android menjadi tidak stabil. Bagi kamu yang ingin melakukan rooting hp, ada baiknya untuk mempertimbangkan fungsi root hp secara keseluruhan. Berikut fungsi root hp beserta kelemahan dan kelebihannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (30/8/2019).

2 dari 6 halaman

Fungsi root hp

Ponsel Android menjalankan sistem operasi yang dirancang untuk penggunaan komersial dan pribadi. Seperti kebanyakan sistem operasi, beberapa fitur telah dinonaktifkan, baik untuk penggunaan di masa depan atau untuk mencegah pengguna biasa dari menyebabkan kerusakan permanen pada sistem operasi.

Rooting adalah proses pembatasan yang dihapus dan akses penuh ke sistem operasi diizinkan. Setelah di-root, pemilik ponsel Android memiliki kontrol lebih besar atas pengaturan, fitur, dan kinerja ponsel. Pada dasarnya, rooting berarti mendapatkan hak administratif (atau root dalam istilah Linux dan Android) dalam sistem operasi dan memiliki kemampuan untuk membuat perubahan secara keseluruhan.

Root dapat menambah, mengurangi, maupun memodifikasi file-file atau data yang terletak di dalam perangkat berbasis Android. Beberapa dari file atau sistem Android memang bersifat locked, atau tidak bisa dibuka karena penggunanya tak memiliki ijin akses pada file-file tersebut.

Fungsi root Android ini adalah untuk meng-unlock file tersebut sehingga kamu bisa menjadi administrator untuk kemudian secara bebas bisa melakukan aktivitas untuk memaksimalkan kinerja Android, meng-overclock prosesor bawaan, serta menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak perlu.

3 dari 6 halaman

Keuntungan rooting hp

Jalankan aplikasi khusus

Rooting memungkinkan ponsel menjalankan aplikasi khusus. Banyak dari aplikasi ini memberikan kontrol yang lebih besar pada ponsel, seperti lebih banyak pilihan penyesuaian dan manajemen baterai.

Hapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya

Terkadang Android memiliki aplikasi bawaan yang tak dapat dihapus begitu saja. Ketika kamu melakukan root pada hp, kamu dapat menghapus aplikasi pra-instal yang tidak diinginkan dari ponsel.

Kosongkan memori secara penuh

Ketika kamu menginstal aplikasi di hpmu, aplikasi tersebut disimpan dalam memori hp. Rooting memungkinkanmu untuk memindahkan aplikasi yang terinstal ke kartu SD untuk membebaskan memori sistem untuk file atau aplikasi tambahan.

4 dari 6 halaman

Keuntungan rooting hp

ROM khusus

Ini adalah fitur paling kuat dari hp yang di-root. Ada ratusan ROM kustom yang mempercepat kecepatan pemrosesan hp dan mengubah tampilan dan tema ponsel.

Perpanjang Umur hp

Rooting ponsel membuka opsi untuk menginstal ROM kustom dan menghapus bloatware. Ini juga memungkinkanmu untuk melakukan pemasangan aplikasi tertentu yang memerlukan root, banyak di antaranya mengelola sumber daya ponsel.

5 dari 6 halaman

Kekurangan rooting hp

Garansi hilang

Adalah sah untuk melakukan root pada hpmu. Tapi, jika kamu melakukannya, perangkatmu langsung keluar dari garansi. Katakanlah kamu melakukan root pada hpmu dan beberapa saat setelah itu, hpmu mengalami kegagalan fungsi terkait dengan perangkat keras atau perangkat lunak. Karena rooting Android, garansi tidak berlaku lagi, dan produsen tidak akan menanggung kerusakan.

Risiko merusak ponsel

Jika kamu melakukan proses rooting, yang berarti modifikasi kode, perangkat lunak bisa sangat rusak sehingga hpmu tak dapat digunakan lagi. Ditambah tak ada garansi yang bisa mencover kerusakan tersebut.

6 dari 6 halaman

Kekurangan rooting hp

Malware dapat dengan mudah menembus keamanan hp

Mendapatkan akses root juga mencakup menghindari pembatasan keamanan yang diberlakukan oleh sistem operasi Android. Artinya virus, spyware, dan Trojan dapat menginfeksi perangkat lunak Android yang di-rooting jika tidak dilindungi oleh antivirus seluler yang efektif untuk Android. Ini bisa berbahaya karena dapat mencuri data penting dan privasi.

Performa bisa menurun

Tujuan rooting ponsel adalah untuk meningkatkan kinerja ponsel. Namun, beberapa pengguna yang telah melakukan rooting pada ponsel mereka untuk mempercepat ponsel atau menambahkan fitur tambahan menemukan bahwa ponsel mereka kehilangan kecepatan kinerja dan fitur.