Sukses

6 Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin D, Sebabkan Gangguan Serius

Vitamin D dapat menumpuk dalam tubuh dalam waktu lama

Liputan6.com, Jakarta Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tubuh. Nutrisi ini memainkan beberapa peran dalam menjaga sel-sel tubuh dan berfungsi sebagaimana mestinya. Vitamin D adalah hormon steroid yang dihasilkan dari kolesterol ketika kulit terpapar sinar matahari. 

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini dapat disimpan dalam tubuh untuk waktu yang lama. Vitamin D diubah menjadi kalsidiol, bentuk penyimpanan vitamin, yang kemudian diubah menjadi kalsitriol, bentuk steroid aktif. Calcitriol berikatan dengan reseptor vitamin D di dalam sel, menghidupkan atau mematikan gen.

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, serta mengurangi harapan hidup. Tapi, penting untuk mengonsumsi vitamin D dalam jumlah wajar. Karena vitamin D bisa tersimpan dalam tubuh dalam waktu lama, mengonsumsi dalam jumlah besar pada waktu singkat dapat menimbulkan masalah.

Meski jarang, vitamin D yang menumpuk dapat berubah menjadi racun dalam tubuh. Berikut dampak negatif terlalu banyak asupan vitamin D, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(30/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Naikkan tekanan darah

Mencapai tingkat vitamin D yang memadai dalam darah dapat membantu meningkatkan kekebalan dan melindungi Anda dari penyakit seperti osteoporosis dan kanker. Dewan Vitamin D merekomendasikan untuk mempertahankan kadar vitamin D pada angka 40–80 ng / ml (100–200 nmol / l) dan menyatakan bahwa lebih dari 100 ng / ml (250 nmol / l) dapat berbahaya bagi tubuh.

Dalam satu studi kasus, seorang wanita memiliki tingkat 476 ng / ml (1.171 nmol / l) setelah mengonsumsi suplemen yang memberinya 186.900 IU vitamin D3 per hari selama dua bulan. Konsumsi ini melebihi 47 kali batas atas aman yang direkomendasikan secara umum 4.000 IU per hari.

Wanita itu dirawat di rumah sakit setelah dia mengalami kelelahan, pelupa, mual, muntah, bicara cadel, dan gejala lainnya. Gejala toksisitas telah dilaporkan pada tingkat darah yang sangat tinggi akibat megadosis.

3 dari 7 halaman

Peningkatan kadar kalsium darah

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang Anda makan. Sebenarnya, ini adalah salah satu peran terpentingnya. Namun, jika asupan vitamin D berlebihan, kalsium darah dapat mencapai level yang dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan dan berpotensi berbahaya.

Kisaran normal kalsium darah adalah 8,5-10,2 mg / dl (2,1-2,5 mmol / l). Gejala hiperkalsemia, atau kadar kalsium darah tinggi, meliputi:

gangguan pencernaan, seperti muntah, mual, dan sakit perut

kelelahan, pusing, dan kebingungan

haus yang berlebihan

sering buang air kecil

4 dari 7 halaman

Mual, muntah, dan nafsu makan yang buruk

Banyak efek samping dari terlalu banyak vitamin D berhubungan dengan kalsium yang berlebihan dalam darah. Ini termasuk mual, muntah, dan nafsu makan yang buruk. Namun, gejala-gejala ini tidak terjadi pada semua orang dengan kadar kalsium tinggi.

Satu studi diikuti 10 orang yang telah mengembangkan kadar kalsium berlebihan setelah mereka mengonsumsi vitamin D dosis tinggi untuk memperbaiki kekurangan. Gejala-gejala ini terjadi sebagai respons terhadap dosis vitamin D3 yang sangat tinggi, yang menyebabkan kadar kalsium lebih besar.

5 dari 7 halaman

Nyeri perut, sembelit, atau diare

Nyeri perut, sembelit, dan diare adalah keluhan pencernaan yang sering berhubungan dengan intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus. Namun, mereka juga bisa menjadi tanda peningkatan kadar kalsium yang disebabkan oleh keracunan vitamin D.

Gejala-gejala ini dapat terjadi pada mereka yang menerima vitamin D dosis tinggi untuk memperbaiki kekurangan. Seperti halnya gejala lainnya, respons tampaknya bersifat individual bahkan ketika kadar darah vitamin D juga sama.

Dalam satu studi kasus, seorang anak laki-laki mengalami sakit perut dan sembelit setelah mengonsumsi suplemen vitamin D berlabel yang tidak tepat, sedangkan saudara lelakinya mengalami peningkatan kadar darah tanpa gejala lain.

6 dari 7 halaman

Keropos tulang

Karena vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang, mendapatkan cukup vitamin D sangat penting untuk mempertahankan tulang yang kuat. Namun, terlalu banyak vitamin D dapat merusak kesehatan tulang. Meskipun banyak gejala vitamin D yang berlebihan dikaitkan dengan kadar kalsium darah yang tinggi, beberapa peneliti menyarankan bahwa megadosis dapat menyebabkan rendahnya tingkat vitamin K2 dalam darah.

Salah satu fungsi vitamin K2 yang paling penting adalah menjaga kalsium dalam tulang dan keluar dari darah. Diyakini bahwa kadar vitamin D yang sangat tinggi dapat mengurangi aktivitas vitamin K2. Salah satu fungsi vitamin K2 yang paling penting adalah menjaga kalsium dalam tulang dan keluar dari darah. Diyakini bahwa kadar vitamin D yang sangat tinggi dapat mengurangi aktivitas vitamin K2.

7 dari 7 halaman

Gagal ginjal

Asupan vitamin D yang berlebihan sering menyebabkan cedera ginjal. Dalam satu studi kasus, seorang pria dirawat di rumah sakit karena gagal ginjal, peningkatan kadar kalsium darah, dan gejala lain yang terjadi setelah ia menerima suntikan vitamin D yang diresepkan oleh dokternya.

Sebagian besar penelitian telah melaporkan cedera ginjal sedang hingga parah pada orang yang mengembangkan toksisitas vitamin D. Dalam satu penelitian di 62 orang yang menerima suntikan vitamin D dosis tinggi secara berlebihan, setiap orang mengalami gagal ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.