Sukses

7 Tempat Wisata Kuliner di Batam, dari Seafood hingga Makanan Melayu

Ada banyak tempat wisata kuliner di Batam yang begitu menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata kuliner di Batam bisa jadi destinasi menarik saat berkunjung ke kota satu ini. Kota Batam adalah sebuah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau-pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka.

Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Batam menjadi kota terencana dan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Tak ayal perkembangan tempat wisata kuliner di Batam juga terus berkembang.

Tempat wisata kuliner di Batam didominasi oleh kuliner khas Melayu dan seafood. Tempat wisata kuliner di Batam menjadi incaran para pelancong untuk mencicipi kuliner khas kota ini. Tempat wisata kuliner di Batam juga menjadi salah satu wisata yang diperhitungkan di Batam.

Ada banyak tempat wisata kuliner di Batam yang populer baik untuk warga lokal maupun wisatawan. Berikut 6 tempat wisata kuliner di Batam yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (1/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Sop Ikan Batam

Sop ikan Batam adalah sup kuah bening yang memiliki cita rasa khas. Kuahnya yang gurih dan segar bisa meningkatkan selera makan.

Apalagi ikannya menggunakan ikan kakap atau tenggiri segar. Ada pula tambahan udang, cumi-cumi, mie, sawi serta bawang goreng. Sop ikan Batam menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Sop Ikan Batam hampir dapat ditemui di sepanjang jalan kota Batam. Banyak restoran yang menyajikan menu ini untuk memanjakan lidah para pelancong. Salah satu yang terkenal adalah Sop ikan Yong Kee yang berada di Kompleks Nagoya City Centre dan di Jalan Engku Putri, Batam Centre.

3 dari 8 halaman

Mie Lendir

Mie lendir berisi mie kuning yang direbus bersama dengan tauge lalu disajikan setelah dengan kuah kacang kental dicampur dengan rempah.

Kuah kacang inilah yang memberi kesan mie berlendir. Mie Lendir merupakan makanan khas Melayu yang banyak ditemui di Kepulauan Riau termasuk Batam.

Sama seperti sop ikan, Mie lendir dapat dengan mudah ditemui di sepanjang kota Batam. Anda dapat mengunjungi warung atau restoran yang menyajikan mie lendir di kawasan Nagoya, Melayu Square di Kota Tanjungpinang, dan pusat kuliner lainnya.

4 dari 8 halaman

Mie Tarempa

Mie Tarempa merupakan kuliner khas daerah Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Kuliner ini menyebar ke berbagai daerah yang juga menjadi incaran di Batam.

Sekilas, mie Tarempa menyerupai kwetiau dan teksturnya mirip seperti mie telur. Yang khas dari mie ini adalah suwiran ikan tongkol yang memberi rasa gurih.

Mie Tarempa biasanya tersedia dengan pilihan mie goreng kering, lembab atau basah‎. Ada banyak restoran yang meawarkan Mie Tarempa seperti Mie Tarempa Sungai Panas di daerah Kompleks Ruko Graha Mas. Ada pula RM Mie Tarempa di kawasan Batam Centre.

5 dari 8 halaman

Nikmati Seafood di Sei Enam

Batam terkenal dengan kuliner hasil lautnya. Salah satu restoran seafood yang terkenal adalah Sei Enam Seafood. Restoran yang berada di Jln. Engku Putri, Batam ini menawarkan ragam menu seafood segar dan menggoyang lidah.

Di sini Anda dapat menikmati kepiting ala Sei Enam yang khas, udang kipas, gonggong (siput laut khas Batam), dan masih banyak lagi. Sei Enam Seafood cocok sebagai tempat makan bersantai bersama keluarga atau teman berlibur. Menu di restoran ini berada pada kisaran harga Rp 100.000-200.000.

6 dari 8 halaman

Kuliner Malam Batam

Seperti namanya, Kuliner Malam Batam menyajikan beragam menu kuliner Batam di malam hari. Kuliner Malam Batam buka mulai pukul 4 sore hingga tengah malam.

Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan maupun warga lokal yang ingin menikmati kuliner pada malam hari. Ada berbagai menu makanan yang ditawarkan di sini.

Anda dapat menemukan makanan kaki lima, tradisional, camilan, minuman, hingga makanan berat. Kuliner Malam Batam cocok menjadi tempat nongkrong di malam hari yang ramah di kantong. Kuliner Malam Batam berada di eluk Tering, Batam Kota.

7 dari 8 halaman

Wisata Kuliner Tiban Centre

Serupa dengan Kuliner Malam Batam, Wisata Kuliner Tiban Centre juga menawarkan ragam pilihan kuliner di Batam. Wisata Kuliner Tiban Centre bahkan buka 24 jam dan dapat dikunjung kapanpun.

Tak cuma kuliner khas Batam yang dapat Anda temukan di sini, makanan seperti ayam geprek, bakso, soto, dan lainnya pun dapat jadi pilihan menu makan Anda.

Wisata Kuliner Tiban Centre berada di Jl. Tiban Indah, Tiban Indah, Kec. Sekupang, Kota Batam. Harga menu di Wisata Kuliner Tiban Centre juga tergolong ramah di kantong. Ini membuat Wisata Kuliner Tiban Centre menjadi pilihan nongkrong para anak muda untuk bersantai.

8 dari 8 halaman

Bingka Bakar

Bingka bakar merupakan sajian kue dari Suku Melayu yang memiliki tekstur padat namun sangat lembut saat digigit. Aromanya pun sangat harum dan khas dari daun pandan yang digunakan dalam campuran di adonan kuenya. Oleh-oleh khas Batam ini juga memiliki nilai sejarah, karena kerap dikaitkan dengan Kerajaan Melayu.

Kue ini tersedia dalam rasa cokelat, stroberi, pandan, wijen, dan keju. Tak sulit menemukan kue satu ini di kota Batam. Bingka Bakar dapat ditemui di banyak pusat oleh-oleh Batam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.