Sukses

4 Efek Buruk Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Efek buruk terlalu lama di ruangan ber-AC begitu banyak, salah satunya pada kesehatan rambut dan kulit. Apalagi sekarang ini banyak gedung perkantoran, sekolah maupun rumah yang telah menggunakan AC untuk mengatasi udara panas, tentunya bersentuhan dengan AC sudah menjadi makanan sehari-hari.

Berbagai kegiatan yang dilakukan seseorang di dalam ruangan ber-AC tentunya membuat kesehatan rambut dan kulit menjadi terganggu. Apalagi bila kamu terlalu lama di ruangan ber-AC tersebut dan bahkan jarang keluar. Tentunya akan membuat masalah kesehatan pada rambut dan kulit semakin cepat terjadi.

Efek buruk terlalu lama di ruangan ber-AC untuk kesehatan rambut dan kulit bisa menjadi sangat mengganggu. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mencegah dan mengatasi aktivitas yang sering dilakukan di ruangan ber-AC dengan berbagai cara sederhana yang mudah dilakukan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2019) tentang efek buruk terlalu lama di ruangan ber-ac untuk kesehatan rambut dan kulit

2 dari 6 halaman

Menyebabkan Rambut Kering

Efek buruk terlalu lama di ruangan ber-AC yang pertama adalah dapat menyebabkan rambut kering. Rambut yang menjadi salah satu bagian tubuh yang palin sering terpapar udara luar, termasuk AC. Sering berada di ruangan ber-AC dapat membuat rambut menjadi kering. Rambut membutuhkan kelembapan untuk tetap sehat. Sehingga, jika ruangan tidak lembap, rambut juga akan kehilangan kelembapannya dan menjadi kering.

3 dari 6 halaman

Rambut Mudah Rontok

Selanjutnya, sebagai efek dari rambut yang kering, kemudian rambut juga akan lebih mudah untuk rontok. Rambut rontok akan bertambah parah jika kamu juga sering terpapar dengan pencemaran lingkungan atau polusi udara, perubahan cuaca ekstrem, dan sering terpapar dengan bahan kimia, misalnya sering mengecat rambut.

4 dari 6 halaman

Menyebabkan Kulit Kering

Selain bermasalah untuk rambut, AC juga menumbulkan masalah ada kulit. AC bekerja menarik uap air yang ada di udara dalam ruangan untuk dibawa keluar dan diganti dengan udara dingin. Proses ini kemudian jadi menurunkan kelembapan yang ada dalam ruangan. Minimnya kelembapan di lingkungan sekitar merupakan salah satu penyebab utama kenapa kulit kamu jadi gampang kering.

5 dari 6 halaman

Memperburuk Berbagai Masalah Kulit

Selain itu, paparan AC tanpa henti juga membuat masalah kulit, seperti eksim atau psoriasis yang kamu derita menjad semakin memburuk. Hal ini karena AC dapat menyebabkan kelembapan kulit menguap dan menjadi terganggu. Hembusan angin AC lama-kelamaan membuat kulit kering, sehingga bisa memperburuk masalah kulit. Salah satu penelitian juga menyebutkan bahwa serat sintetis pada filter AC dapat menyebabkan iritasi kulit.

6 dari 6 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Walau Lama di ruangan Ber-AC

Salah satu solusi untuk terhindari dari efek buruk terlalu lama berada di ruangan ber-AC tentunya adalah mengurangi waktu menetap di ruangan ber-AC. Kamu bisa keluar sebentar untuk berjalan-jalan dan menghirup udara segar agar rambut dan kulit senantiasa sehat.

Dalam merawat rambut, kamu bisa melakukan berbagai hal agar rambut tetap sehat, seperti menggunakan kondisioner setelah keramas, jangan terlalu sering keramas, jangan menguncir rambut terlalu kuat, jangan menyisir rambut saat masih basah,  mengurangi paparan sinar matahai pada rambut, hingga mengurangi penggunaan produk styling rambut.

Selanjutnya, dalam menjaga kesehatan kulit, kamu bisa menggunakan lotion untuk melembapkan kulit. Gunakan setidaknya tiga kali sehari atau sehabis mandi. Selain itu, minum air putih yang banyak, setidaknya 8 gelas sehari, juga dapat membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kelembapan kulit.

Loading