Sukses

5 Bahan Alami yang Dapat Menebalkan Rambut, Murah dan Mudah Diterapkan

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan hairdryer bersuhu tinggi, mencatok rambut setiap hari, hingga menggunakan hair spray untuk menahan bentuk rambut dapat menyebabkan rambut cepat rontok. Berbagai cara yang kamu lakukan dalam mendapatkan gaya rambut yang disukai tanpa disadari dapat membuat rambut semakin menipis.

Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk menebalkan rambutnya yang rontok tersebut. Berbagai bahan alami yang tidak memiliki efek samping dapat digunakan dalam mewujudkan rambut yang tebal. Apalagi bahan alami yang digunakan bisa diaplikasikan dengan mudah dan harganya relatif murah.

Bahan alami yang dapat menebalkan rambut ini cukup mudah ditemukan. Kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami ini. Jika kamu menggunakannya secara teratur sesuai dengan ketentuan, mamak kamu akan mendapatkan rambut yang indah dan tebal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2019) tentang bahan alami yang dapat menebalkan rambut.

2 dari 6 halaman

Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang dapat menebalkan rambut adalah lidah buaya. Lidah buaya memang identik dengan segudang manfaatnya untuk kecantikan. Mulai dari melembapkan kulit, merawat kulit iritasi, hingga memperkuat rambut dan mengurangi rambut rontok.

Lidah buaya juga mengandung enzim, asam amino, mineral, dan vitamin yang akan membantu menutrisi rambut dan menyehatkannya. Memanfaatkan gel lidah buaya sebagai masker juga bisa dilakukan. Oleskan gel lidah buaya yang berwarna bening ke kulit kepala dan rambut secara merata. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan sampo hingga bersih.

3 dari 6 halaman

Minyak Zaitun

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk menebalkan rambtut. Kaya akan kandungan vitamin A, C, D, E, dan anti-oksidan, minyak zaitun menjadi salah satu bahan alami yang paling sering digunakan dalam berbagai produk dan perawatan kecantikan, termasuk perawatan rambut.

Minyak zaitun dapat membantu menyuburkan rambut dan menebalkan rambut, serta membuat rambut tampak lebih berkilau. Caranya cukup mudah, tuangkan minyak secukupnya ke telapak tangan dan oleskan ke rambut secara merata. Berikan pijatan lembut agar nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun dapat terserap dengan baik.

Setelahnya, tutup rambut menggunakan bungkus kepala atau shower cap setidaknya selama 15 menit atau lebih. Pastikan kamu menggunakan minyak zaitun yang murni untuk mendapatkan manfaat menebalkan rambut yang lebih maksimal.

4 dari 6 halaman

Daun Seledri

Salah satu bahan alami yang dapat menebalkan rambut dan mudah ditemukan adalah daun seledri. Seledri kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin E yang mampu menutrisi kulit kepala secara mendalam sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru yang lebih kuat dan lebih tebal.

Untuk menebalkan rambut dengan daun seledri, cukup haluskan seledri yang telah dicuci dan dibuang akarnya, haluskan, lalu aplikasikan layaknya masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut dan bilas hingga bersih. Kamu bisa melakukannya secara rutin 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

5 dari 6 halaman

Kemiri

Kemiri mungkin adalah salah satu bahan alami yang cukup terkenal untuk merawat rambut. Jika biasanya kemiri hanya digunakan untuk menebalkan rambut bayi, ternyata orang dewasa pun dapat merasakan manfaatnya.

Kemiri mengandung zat aponin, falvonoida, dan polyphenol yang menurut hasil penelitian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa langsung memanfaatkan minyak kemiri yang untuk dioleskan ke kulit kepala selama 30 menit, setelahnya bilas rambut hingga bersih.

6 dari 6 halaman

Santan

Bahan alami yang dapat menebalkan rambut selanjutnya ini juga banyak yang belum mengetahuinya, yaitu santan. Bahan yang satu ini kemungkinan besar selalu ada di dapur. Selain populer sebagai bahan utama untuk berbagai hidangan, santan juga menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan rambut.

Santan kaya akan protein, kalsium, vitamin, dan zat besi yang dapat melembutkan rambut, mengatasi rambut kering, serta merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat rambut untuk mencegah rontok. Untuk mendapatkan manfaat dari santan, kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut selama 2-3 kali dalam seminggu. Setelahnya, kamu harus membilasnya hinga benar-benar bersih.

Loading