Sukses

Macam-macam Cerita Rakyat, Penjelasan dan Contohnya yang Populer

Liputan6.com, Jakarta Terdapat macam-macam cerita rakyat yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali warisan budayanya. Oleh karena itu, penting sebagai generasi berikutnya untuk terus melestarikan budaya yang ada di Indonesia melalui cerita rakyat ini.

Ada sebanyak enam macam-macam cerita rakyat. Keenam macam-macam cerita rakyat yang ada ini dibagi berdasarkan isi cerita yang dibentuk di dalamnya. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan mengetahui berbagai cerita rakyat yang ada di daerah Indonesia ini.

Manfaat membaca macam-macam cerita rakyat ini setidaknya kamu jadi mengetahui tentang budaya, adat istiadat, dan nama-nama daerah yang ada di Indonesia. Setiap daerah mempunyai cerita rakyat yang berbeda dan juga menarik. Inilah yang mendasari mengapa cerita rakyat selalu dikenalkan sejak dini pada anak-anak.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang macam-macam cerita rakyat, berikut Liputan6.com, Selasa (3/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber membahas seputar cerita rakyat. Mulai dari macam-macam cerita rakyat, penjelasannya, contoh pada masing-masing jenis cerita rakyatnya, dan manfaat membaca cerita rakyat.

2 dari 5 halaman

Mengenal tentang Cerita Rakyat

Cerita rakyat merupakan cerita yang berasal dari masyarakat lampau, yang kerap diperkenalkan kepada generasi berikutnya. Hal ini sebagai ciri khas khusus untuk negara yang memiliki beraneka ragam budaya dan sejarah yang dimiliki oleh bangsa ini.

Umumnya, cerita rakyat menceritakan suatu tempat dan asal muasal tokoh-tokoh yang dimunculkan pada cerita rakyat tersebut. Pada tokoh cerita rakyat yang disampaikan bisa dalam bentuk manusia, binatang, dan sesuatu yang gaib lainnya.

Isi dari cerita rakyat yang ada ini sudah tumbuh di tengah masyarakat dan cerita ini sudah ada semenjak zaman dahulu. Cerita rakyat ini sudah diwariskan atau disebarluaskan secara lisan, melalui mulut ke mulut dan secara turun menurun.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Cerita Rakyat

Fabel

Macam-macam cerita rakyat yang pertama adalah fable atau cerita binatang. Fabel merupakan cerita rakyat yang tokoh pelakunya berupa binatang dan binatang tersebut dapat berperilaku layaknya manusia. Contohnya adalah Kancil yang Cerdik dan cerita Serigala yang Licik

Legenda

Legenda merupakan sebuah cerita yang memuat mengenai asal-usul terjadinya suatu temoat, seperti sebuah cerita Asal Usul Banyuwangi, Asal Usul Danau Toba, dan Terbentuknya Tangkuban Perahu. Sedangkan kalau di wialayah JAwa Tengah terkenal dengan cerita Baru Klinting.

Mite

Macam-macam cerita rakyat berikutnya adalah mite. Ini merupakan cerita yang memuat mengenai dewa-dewi atau cerita sifatnya sakral dan oenuh mistis. Contoh cerita rakyat ini seperti kisah Nyai Roro Kidul, Dewi Sri, dan Hikayat Sang Boma.

 

4 dari 5 halaman

Macam-macam Cerita Rakyat Lainnya

Sage

Sage merupakan sebuah cerita yang isinya mempunyai kandungan unsur sebuah sejarah, misalnya Damarwulan, Ciung Wanara, dan Rara Jonggrang.

Epos

Merupakan sebuah cerita kepahlawanan seperti cerita Ramayanan dan Mahabarata.

Cerita Jenaka

Cerita rakyat ini merupakan sebuah cerita yang menceritakan mengenai kebodohan atau sesuatu yang lucu. Contoh dari cerita rakyat ini adalah cerita Pak Pandir, Pak Belalang, dan Cerita Si Kabayan.

5 dari 5 halaman

Manfaat Membacakan Cerita Rakyat untuk Anak

Memperkenalkan Kosakata Baru

Mendongeng atau membaca cerita akan membantu anak untuk belajar mengenal dan mengucapkan kata-kata dan ungkapan baru. Hal ini dikarenakan kosakata yang terdapat pada cerita rakyat sangatlah beragam. Oleh karena itu, dengan adanya cerita rakyat, sangat baik untuk membantu meningkatkan pemahaman dan juga pengetahuan pada anak akan kosakata baru. Kosakata tersebut mungkin tidak ditemui pada mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum sekolahnya.

Mengenal Budaya Lebih Banyak

Cerita rakyat tidak hanya berasal dari satu pulau atau daerah saja. Daerah bahkan negara lain memiliki dogengnya sendiri. Dengan demikian, maka cerita rakyat dapat membantu anak-anak bahkan orang dewasa yang membacanya memahami keragaman budaya yang ada di seluruh dunia.

Meningkatkan Minat Baca pada Anak

Memulai minat baca pada anak-nak cukuplah sulit. Nah, untuk menciptakan generasi muda yang rajin membaca, maka cerita rakyat bisa dijadikan salah satu solusi yang tepat. Manfaat cerita rakyat bagi anak dapat meningkatkan minat baca pada anak-anak.

Untuk Mempelajari Sejarah

Dari banyaknya cerita rakyat yang ada, beberapa di antaranya diangkat dari kisah nyata. Kalaupun tidak bersal dari kisah nyata, namun ada beberapa lokasi dari setting lokasi dalam cerita rakyat merupakan wilayah atau lokasi yang nyata dan benar-benar ada.

Melatih Kepekaan Emosi

Salah satu aspek penting dari cerita rakyat adalah emosi. Pasalnya, hampir semua cerita rakyat membutuhkan emosi yang mendalam, seperti rasa sedih, marah, dan juga senang. Nah, dengan sering membaca cerita rakyat, hal ini akan meningkatkan kemampuan afeksi seseorang dan juga kepekaan emosi.

Jadi, seseorang dapat terlatih untuk mengembangkan rasa empati yaitu turut dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.

 

 

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Jakarta Barat, Banyak Peninggalan Sejarah
Artikel Selanjutnya
8 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Liburan Keluarga