Sukses

5 Kebiasaan yang Membuat Bibir Pecah-pecah Semakin Parah

Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari bisa membuat bibir pecah-pecah semakin parah.

Liputan6.com, Jakarta Bibir pecah-pecah mungkin sudah menjadi suatu hal yang biasa bagi kebanyakan orang. Apalagi bibir merupakan salah satu bagian wajah yang paling sensitif. Bibir termasuk salah satu anggota tubuh yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, membuatnya memerlukan perawatan yang ekstra.

Bibir pecah-pecah tidak hanya membuat bibir menjadi tidak enak dipandang, tapi juga dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu. Walaupun mengatasi bibir pecah-pecah tidak begitu sulit, namun masih banyak orang yang menyepelekannya.

Kebiasaan yang membuat bibir pecah-pecah semakin parah harus dihindari untuk mengatasinya. Jika kebiasaan tersebut tetap dilakukan, maka keadaan bibir pecah-pecah yang sedang kamu alami bisa menjadi semakin parah. Maka, sebaiknya hindarilah kebiasaan buruk yang dapat membuat bibir pecah-pecah ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019) beberapa kebiasaan yang membuat bibir pecah-pecah semakin parah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kebiasaan Menjilat Bibir

Kebiasaan yang membuat bibir pecah-pecah semakin parah yang pertama adalah menjilat bibir. Saat bibir terasa kering, menjilat bibir memang dianggap sebagai solusi yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini justru dapat memperparah bibir pecah-pecah yang dialami. Air liur dapat mengangkat kelembapan bibir dan membuat bibir menjadi sangat kering. Semakin sering dilakukan, bagian terluar bibir akan mengering dan mengelupas.

Untuk menghindari kebiasaan ini, sebisa mungkin hentikan kebiasaan menjilat bibir saat Anda merasa bibir mulai mengering. Kamu bisa aplikasikan lipbalm dengan rasa atau mengandung obat-obatan untuk membantu mengurangi kebiasaan buruk ini. Alternatifnya, kamu bisa oleskan gel lidah buaya pada bibir. Lidah buaya mengandung penyembuh yang akan memperbaiki struktur kulit bibir yang kering, rasa pahitnya akan menjauhkan kamu dari kebiasaan menjilati bibir.

3 dari 6 halaman

Menggigit bibir

Kebiasaan selanjutnya adalah kebiasaan menggigit bibir. Kebiasaan menggigit bibir bisa disebabkan oleh rasa gugup dan cemas, sedang memusatkan konsentrasi pada hal tertentu, atau justru hanya untuk melawan rasa bosan.

Sama halnya dengan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir juga bisa mengancam kesehatan bibir kamu. Saat menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir; membuat lapisannya terkoyak dan retak, bahkan hingga berdarah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini agar bibir kamu senantiasa terjaga kesehatannya.

4 dari 6 halaman

Mengonsumsi Makanan yang Membuat Bibir Iritasi

Selanjutnya, mengonsumsi makanan yang dapat mengiritasi bibir juga dapat membuat bibir pecah-pecah semakin parah. Ada beberapa jenis makanan yang berpotensi mengiritasi apabila terkena bibir. Contohnya, makanan pedas, makanan asin, makanan dengan kandungan menthol, hingga makanan dengan taburan kayu manis. Jenis makanan tersebut dapat menyebabkan inflamasi yang akan memperparah bibir kering dan pecah-pecah.

Berhati-hatilah saat mengonsumsi jenis makanan tersebut, hindari area bibir, atau sekalian saja berhenti mengonsumsinya dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, untuk menjaga kesehatan bibir, kamu bisa secara rutin mengonsumsi sayur dan buah yang juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

5 dari 6 halaman

Selalu Menggunakan Lipstik

Kebiasaan selanjutnya yang dapat membuat bibir pecah-pecah semakin parah adalah tidak mengistirahatkan bibir dari penggunaan lipstik. Tidak bisa lepas dari penggunaan lipstik? Sayang sekali, hal ini dapat memperparah bibir pecah-pecah. Apalagi jika kamu gemar menggunakan matte dan longwear lipstik yang dapat membuat bibir semakin kering. Formula lipstik yang bersifat dead matte dapat menutup permukaan bibir hingga ke sela-sela sehingga kulit bibir tidak bisa mendapatkan kelembapan dari udara sekitar. Solusinya, gunakan lip balm berwarna bagi kamu yang ingin mengistirahatkan bibir tanpa takut terlihat pucat.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Lip Balm yang Kurang Cocok

Penggunaan lip balm merupakan salah satu solusi utama untuk menangani masalah bibir kering dan pecah-pecah. Namun, penggunaan lip balm dengan formula yang salah justru dapat memperparah bibir pecah-pecah. Lip balm seringkali memiliki kandungan seperti perasa dan pewangi yang berisiko menimbulkan iritasi pada bibir, khususnya untuk kamu yang sensitif dengan kandungan tersebut. Tak hanya itu, cara pengaplikasian lip balm juga perlu diperhatikan. Menyeret lip balm berbentuk stik pada bibir yang kering dan pecah-pecah juga dapat menyebabkan kulit iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.