Sukses

7 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Liputan6.com, Jakarta Makanan penyebab kolesterol tinggi tentunya harus kamu hindari agar tidak terserang penyakit berbahaya. Tentunya sudah bukan rahasia lagi kalau tingginya kolesterol merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit jantung yang dapat merenggut nyawa.

Oleh karena itu, kamu perlu bijak saat mengonsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena makanan-makanan yang menjadi favorit dan sering dikonsumsi oleh banyak orang, seperti produk susu hingga makanan gorengan merupakan makanan yang memiliki kolesterol tinggi.

Makanan penyebab kolesterol tinggi ini sebaiknya kamu hindari agar kesehatan jantung tetap terjaga. Jangan sampai kamu sudah makan banyak makanan-makanan berkolesterol dan malah mendapatkan fakta bahwa kamu mengalami kolesterol tinggi, yang berakibat pada penyakit jantung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/9/2019) ragam makanan penyebab kolesterol tinggi yang sebaiknya kamu hindari agar kesehatan tetap terjaga.

2 dari 8 halaman

Makanan Berlemak

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang pertama adalah makanan berlemak. Mungkin kebanyakan orang sudah tahu bahwa makanan berlemak merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Makanan dengan lemak yang berlebihan seperti santan akan sangat susah dicerna oleh tubuh.

Bahkan kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis cokelat selain santan. Cokelat yang mengandung lemak jenuh dapat memicu kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi naik.

Makanan dengan kandungan lemak berlebihan ini akan lebih banyak disimpan dalam bentuk jaringan di bawah kulit pada tubuh. Bila kamu tetap mengonsumsi jenis makanan berlemak seperti santan dan cokelat ini, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami gangguan kardiovaskular.

3 dari 8 halaman

Makanan yang digoreng

Bahkan tidak hanya makanan yang berlemak, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan kolesterol. Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, berbagai jenis kue lebaran, dan tentunya berbagai macam gorengan mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Tubuh akan diserang oleh meningkatnya kolesterol jahat karena kandungan lemak dari makanan yang digoreng tersebut dan menyebabkan pengendapan di dalam pembuluh darah. Makanan yang terlalu berminyak akan meningkatkan terjadinya risiko penyakit kardiovaskular.

Makanan penyebab kolesterol tinggi yang digoreng ini juga termasuk fast food atau makanan cepat saji, seperti burger, kentang goreng, dan lain-lain. Makanan-makanan ini tak hanya tinggi lemak, namun juga memiliki kandungan asam lemak jenuh di atas rata-rata.

4 dari 8 halaman

Seafood

Seafood sebenarnya mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Namun mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat membuat tubuh malah menjadi tidak sehat. Oleh karena itu, seafood termasuk ke dalam makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya.

Jenis seafood seperti udang, cumi hingga kerang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan. Kamu harus membatasi konsumsi seafood agar tubuh tetap sehat. Selain itu, kamu juga harus rajin melakukan olahraga bila tidak ingin terkena kolesterol tinggi akibat makan seafood berlebihan.

5 dari 8 halaman

Kuning Telur

Makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah telur. Telur ternyata juga mengandung cukup banyak kolesterol, terutama pada kuning telur. Konsumsi terlalu banyak kuning telur akan menyebabkan terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular.

Jadi kamu harus mengontrol konsumsi kuning telur agar tubuh tetap sehat. Tidak berlebihan dalam mengonsumsi telur tentunya dapat menjaga kesehatanmu, dengan begitu kolesterol tinggi pun tidak akan menyerang.

6 dari 8 halaman

Produk Susu

Makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah produk susu. Lemak dalam susu biasanya memuat lemak jenuh yang seringkali berdampak negatif pada kolesterol. Asam lemak jenuh pada produk susu dapat meningkatkan kolesterol jahat, LDL.

Bahkan 1 cup es krim mengandung lemak lebih banyak dibandingkan dengan burger, dan kolesterolnya juga lebih tinggi daripada 10 buah donat. Jadi, lebih baik kamu memilih buah segar untuk pencuci mulut.

Untuk menghindari kolesterol tinggi, sebaiknya konsumsilah produk susu hasil fermentasi seperti yogurt atau yang rendah lemak.

7 dari 8 halaman

Alkohol

Makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah alkohol. Terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida, sejenis lemak jahat dalam darah. Bahkan, konsumsi alkohol juga menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya. Riset menunjukkan konsumsi alkohol sebanyak 30 gr/ hari untuk wanita, dan 45 gr untuk pria dapat meningkatkan resiko jantung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari alkohol agar kesehatanmu senantiasa terjaga.

8 dari 8 halaman

Makanan Manis dan Asin

Makanan penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah makanan manis dan asin. Makanan manis tidak hanya menaikkan kadar kolesterol jahat, bahkan juga dapat memicu obesitas, serta menurunkan kolesterol baik. Oleh karena itu, makanan-makanan kemasan yang mengandung tambahan gula seperti kue kering, permen, soda, minuman berenergi, dan lain-lain sebaiknya kamu hindari agar tubuh tetap sehat.

Selain itu, makanan asin juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Makanan asin seperti kacang yang disajikan saat lebaran dapat membuat tekanan darah jadi tinggi dan memicu kolesterol. Bahkan makanan asin juga bisa menyebabkan gangguan jantung yang cukup berbahaya kalau kamu tetap tidak mengontrol konsumsinya.