Sukses

5 Kontroversi Ria Ricis yang Jadi Sorotan Publik, Terbaru Makan Gurita Hidup

Liputan6.com, Jakarta Sosok Ria Ricis merupakan salah satu YouTuber yang memiliki subscriber banyak di Indonesia. Sebelum dikenal seperti sekarang ini, Ria Ricis mengawali kariernya melalui akun Instagram. Ria Ricis kerap mengunggah konten-konten lucu di akun pribadinya. Video-video dan meme lucu itu pun mengundang ketertarikan publik kepadanya.

Ria Ricis juga menerima jasa endorsement dan paid promote di akun Instagram. Dari sini nama Ria Ricis makin dikenal oleh masyarakat. Desakan para penggemar, membuat Ria Ricis terjun di YouTube pada 2016. Awalnya, Ria Ricis masih menggunggah konten-konten lucu di akun YouTube-nya. Berinovasi, Ria Ricis mengunggah video tentang squishy.

Sosok adik dari Oki Setiana Dewi ini juga sempat bermain di beberapa film dan sinetron. Namun, sosok Ria Ricis ternyata juga kerap menjadi kontroversi.

Beberapa kali Ria Ricis mendapat cibiran dari netizen terkait kontroversi yang ia lakukan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 kontroversi Ria Ricis yang jadi sorotan publik, Rabu (4/9/2019).

2 dari 6 halaman

1. Diprotes makan gurita hidup

Video Ria Ricis makan gurita hidup-hidup menjadi viral di dunia maya. Video di YouTube-nya yang berjudul "PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! MUKBANG KOREA Tersiksa" banyak menuai kritik. Salah satunya adalah dari Garda Satwa Foundation. Garda Satwa menilai kalau apa yang dilakukan Ria Ricis tidak beradab karena menyakiti hewan.

Kendati demikian, adik Oki Setiana Dewi itu menegaskan kalau gurita yang ia makan sudah dalam keadaan mati. Malahan, pihak Garda Satwa Indonesia meminta agar video tersebut dihapus. Atau paling tidak Ria Ricis mengubah judulnya. Karena dikhawatirkan video tersebut justru membuat orang lain melakukan hal yang sama.

3 dari 6 halaman

2. Video YouTube ‘Pamit’

YouTuber Ria Ricis pernah mengunggah video berjudul "SAYA PAMIT." yang bikin heboh masyarakat. Ria Ricis juga sempat di-bully oleh warganet karena video tersebut.

Ria Ricis menjadi bahan olok-olok publik. Adik Oki Setiana Dewi itu menuai kontroversi karena unggahan videonya pada akhir Juli lalu. Dalam video 'SAYA PAMIT' yang diunggah pada 27 Juli 2019, Ria Ricis mengungkapkan bahwa dirinya akan mundur dari dunia YouTube.

Namun dua hari berselang, Ria Ricis kembali mengunggah video di akun YouTube. Video berjudul 'SAYA KEMBALI' diawali dengan pernyataan Ria Ricis terkait video sebelumnya.

Kemudian, video 'SAYA KEMBALI' menampilkan liburannya ketika berada di Labuan Bajo. NTT. Sontak hal ini membuat Ria Ricis di-bully oleh banyak orang. Tidak sedikit orang yang menyebut aksi pamitnya hanya untuk mencari sensasi agar menambah jumlah subscriber YouTube-nya.

4 dari 6 halaman

3. Ria Ricis mengaku sempat ingin bunuh diri

Sejak video pamit dan kembali, Ria Ricis tak henti-hentinya dihujat warganet. Meski begitu, ia tak menunjukkan kegalauannya pada publik. Namun, melalui kanal YouTube yang bertajuk "Draw My Life Ria Ricis" Ria Ricis menceritakan kegelisahannya, Selasa (13/8/2019). Mulai ditinggal beberapa pekerjanya dalam tim Ricis hingga di-bully banyak orang.

Rupanya, tak sampai di situ saja masalah yang dihadapi adik Oki Setiana Dewi ini. Mulai dari keluarga, keuangan, lingkungan, YouTube, Tim Ricis, dan lainnya. Diterpa banyak masalah dan beban yang cukup berat membuat ia ingin bunuh diri.

“Sambil menangis aku berdiri ke arah meja rias dan mengambil benda tajam. Apalagi tujuannya kalau enggak untuk mengakhiri hidupku. Dengan tangan gemetar, dan mata makin bengkak aku arahkan benda tajam tersebut ke tubuhku,” ujarnya pada kanal YouTube yang bertajuk "Draw My Life Ria Ricis" Selasa (13/8/2019).

5 dari 6 halaman

4. Ria Ricis membuang beberapa squishy ke toilet dan laut

Konten squishy Ria Ricis sempat menuai kontroversi. Dalam videonya, Ria Ricis melakukan hal yang dianggap mencemari lingkungan.

Ria Ricis membuang beberapa squishy ke toilet dan laut. Video ini langsung menuai kontoversi dari para penonton. Akhirnya Ria Ricis mengahapus video squishy kontroversi dari akun YouTube-nya.

6 dari 6 halaman

5. Bikin vlog di makam Olga Syahputra

Minggu (10/2/2019) lalu, Ria Ricis membuat sebuah konten saat ia berziarah di makam almarhum Olga Syahputra. Sebelumnya, pada 8 Februari lalu adalah hari ulang tahun Olga Syahputra. Ria Ricis pun menggunakan momen itu untuk mengunjungi makam Olga bersama Billy Syahputra sekaligus membuat vlog.

Foto Ria Ricis bersama Billy Syahputra saat berziarah di makam Olga Syahputra pun diunggah di akun Instagram @riaricis1795. Namun rupanya aksi cewek berusia 23 tahun ini mendapat kritikan dari warganet. Tak sedikit dari warganet mengecam dan memprotes tindakan Ria Ricis tersebut.