Sukses

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Redakan nyerinya dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Faringitis atau biasa dikenal dengan radang tenggorokan merupakan suatu bentuk peradangan yang terjadi pada faring. Penderita yang sedang mengalami kondisi ini biasanya akan mengeluhkan rasa tidak nyaman, nyeri maupun gatal pada tenggorokan.

Penyakit ini bisa terjadi dikarenakan terjadinya infeksi virus, namun dapat juga disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi virus dapat menyerang seseorang jika sistem kekebalan tubuh menurun.

Karena kondisinya dapat mengganggu aktivitas, kamu bisa melakukan pengobatan awal dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemui di rumah untuk meringankan kondisi radang tenggorokan. Ya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan, seperti istirahat yang cukup, serta mengonsumsi air yang banyak untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, radang tenggorkan juga bisa diminimalkan dengan bahan alami yang bisa ditemui di dapur. Berikut Liputan6.com, Kamis (5/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami sendiri di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang bisa kamu praktikkan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Pada larutan air garam yang hangat ini akan mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut.

Pada salah satu penelitian telah membuktikan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan.

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan setengah gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari.

3 dari 6 halaman

Konsumsi Air Hangat yang Dicampurkan Madu

Tidak hanya garam, air hangat yang dicampurkan dengan madu juga sangat efektif untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi saat malam hari.

Cara meracik ramuan ini sama seperti membuat air garam. Namun, saat menggunakan madu sebagai bahan campuran, pastikan untuk menggunakan madu alami yang dimana tidak menggunakan pemanis buatan di dalamnya.

4 dari 6 halaman

Konsumsi Air Lemon dengan Madu

Cara mengobati radang tenggorokan secara alami berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi kombinasi lemon dan madu. Kedua bahan ini bisa membantu meredakan radang tenggorokan dikarenakan adanya sifat asam dari lemon yang dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan.

Selain itu, madu juga bermanfaat dalam melapisi tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri.

5 dari 6 halaman

Teh

Mengonsumsi teh saat sedang radang tenggorokan juga bisa membantu mengurangi atau meredakan rasa nyerinya. Terdapat beberapa teh herbal yang bisa digunakan. Misalnya saja teh hijau dan peppermint yang di mana memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Untuk alternatifnya, kamu bisa memilih teh chamomile yang di mana juga memiliki sifat sebagai pelumas pada tenggorokan, sehingga dapat mengurangi serak atau kesulitan menelan.

6 dari 6 halaman

Minum Banyak Air Putih

Perbanyak air putih juga bisa membantu meringankan kondisi radang tenggorokan. Minum setidaknya dua liter air putih per hari untuk membantu meredakan keluhan radang tenggorokan. Pastikan kamu tidak dehidrasi, karena hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya akan memperberat radang yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini