Sukses

5 Ciri-ciri Anak Cacingan yang Perlu Diketahui, Jangan Anggap Remeh

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri anak cacingan sering diremehkan oleh orang tua. Hal ini karena penyakit cacingan memang cukup sering ditemui pada anak-anak. Padahal, cacingan yang terjadi pada anak dapat menumbulkan dampak yang serius dan bahkan bisa mempengaruhi kemampuan belajar anak.

Bila dibiarkan dan tidak segera ditangani, cacingan dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Anak rentan terkena cacingan karena masalah kebersihan. Apalagi jika anak sering bermain di tempat yang terkontaminasi telur cacing.

Ada beberapa jenis cacing yang sering menginfeksi anak-anak, yaitu cacing kremi, cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang. Infeksi cacing-cacing tersebut erat kaitannya dengan faktor kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, anak yang tinggal di lingkungan yang tidak higienis rentan terkena cacingan.

Ciri-ciri anak cacingan secara umum bisa diliat dari kondisinya. Jika orangtua tak berhati-hati dengan masalah kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak, maka anak pun bisa terkena cacingan. Oleh karena itu, orang tua wajib untuk selalu menjaga kebersihan makanan untuk anak-anaknya agar terhindar dari cacingan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2019) tentang ciri-ciri anak cacingan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Mengalami Keluhan Pada Pencernaan, Seperti Sakit Perut

Ciri-ciri anak cacingan yang pertama adalah mengalami berbagai keluhan pada sistem pencernaan. Contohnya, sakit perut yang terus menerus, perut terasa kembung atau begah, mual dan muntah, diare, hingga buang air besar bercampur darah.

Di antara keluhan pada pencernaan tersebut, ciri-ciri anak cacingan yang paling sering dikeluhkan adalah sakit perut. Memang sakit perut pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu penyebabnya adalah infeksi cacing.

Biasanya sakit perut yang ditimbulkan karena cacingan muncul secara beruluang kali tapi dalam tingkat yang tidak begitu parah. Bila anak sering merasa sakit perut, sudah sebaiknya orang tua segera memeriksakannya ke dokter agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

3 dari 6 halaman

Gatal Pada Bagian Anus

Ciri-ciri anak cacingan selanjutnya adalah gatal pada bagian anus yang terus menerus. Anak-anak terbiasa bermain di tanah yang kotor dan tidak membersihkan tangan serta tubuhnya dengan baik.

Oleh karena itu, anak rentan diserang oleh jenis cacing kremi. Serangan cacing kremi inilah yang mengakibatkan gatal yang terjadi terus menerus di area sekitar anus pada anak. Bahkan intensitas rasa gatal biasanya dapat meningkat pada malam hari atau di pagi hari saat cacing mencapai anus untuk bertelur.

Gejala ini perlu untuk segera diatasi agar anak tidak merasakan nyeri dan malah mengakibatkan iritasi pada anus nantinya. Orang tua wajib memperhatikan kesehatan anak, terutama terkait dengan masalah cacingan ini.

4 dari 6 halaman

Tidur Tidak Nyenyak dan Tampak Pucat

Ciri-ciri anak cacingan selanjutnya adalah memiliki kualitas tidur yang buruk. Ini karena anak tidak merasa nyaman saat tidur. Gejala ini berkaitan dengan sakit perut dan rasa gatal pada anus yang dialami anak.

Karena masalah tersebut, anak jadi susah tidur. Bila anak sering sekali sulit untuk tidur nyenyak dan gampang gelisah, bisa jadi dia sedang terkena penyakit cacingan ini. Sebaiknya segera periksakan si anak ke dokter untuk perawatan kesehatannya.

Selain itu, jika anak terinfeksi cacing tambang, biasanya ciri-ciri anak cacingan juga menunjukkan kondisi yang tampak pucat dan lemas. Hal ini karena cacing ini menghisap darah dari dinding usus. Bila infeksi sudah cukup lama, anak dapat mengalami anemia (kekurangan darah) yang membuatnya tampak pucat dan lemah.

5 dari 6 halaman

Sering Meludah dan Nafsu Makan Berkurang

Sering meludah dan nafsu makan berkurang juga merupakan salah satu ciri-ciri anak cacingan. Munculnya kebiasaan sering meludah bisa disebabkan oleh peningkatan air liur karena cacing.

Bila anak makin sering meludah, coba waspadai gejala cacingan. Cacingan juga bisa ditandai dengan gejala penurunan nafsu makan. Berat badan anak pun jadi sulit naik. Hal ini juga bisa berdampak pada aspek pertumbuhan lainnya pada anak.

6 dari 6 halaman

Badan Kurus dan Ruam pada Kulit

Salah satu ciri-ciri anak cacingan yang sudah biasa diketahui orang-orang adalah badan kurus. Hal ini terjadi karena zat nutrisi yang semestinya digunakan untuk pertumbuhan anak malah diserap oleh cacing.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengatakan bahwa anak yang kurus bisa jadi terkena infeksi cacing. Walaupun tidak semua anak yang kurus berarti terkena cacingan. Selain itu, gejala ruam pada kulit juga merupakan salah satu tanda anak terkena cacingan. Mual, demam, tubuh yang tampak lemas, dan feses yang berbau sangat busuk juga bisa termasuk dalam gejala anak cacingan.

Bila anak menunjukkan sebagian atau hampir semua gejala dan tanda yang telah disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selalu jaga kebersihan di rumah dan makanan yang dikonsumsi oleh keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.