Sukses

Segudang Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan yang Tak Terduga, Kaya Nutrisi

Ada beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Salak merupakan salah satu buah yang memiliki penampilan yang cukup sederhana dan kurang meyakinkan. Namun siapa sangka kalau buah dengan kulitnya yang bersisik ini memiliki manfaat buah salak untuk kesehatan.

Pada daging buahnya yang berwarna putih serta ada biji berwarna coklat di dalamnya, membuat sebagian tidak meyakini adanya manfaat buah salak untuk kesehatan. Ya, ternyata buah yang memiliki kulit ari pada daging buahnya ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan salak mengandung banyak nutrisi yang baik untuk mencukupi dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini, Liputan6.com, Jumat (6/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan Nutrisi pada Buah Salak

Adanya manfaat buah salak untuk kesehatan dikarenakan buah ini memiliki segudang nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Kandungan buah salah terdiri dari zat makro, zat gizi mikro, dan juga serat.

Buah salak kaya akan kandungan zat besi dan ini berarti salak baik untuk dikonsumsi bagi penderita anemia defisiensi besi. Selain itu, salak juga banyak mengandung vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C, dan karbohidrat.

Tidak hanya itu, masih ada kandungan nutrisi pada buah salak lainnya seperti kalsium, fosfor, potasium, protein, lemak, dan serat. Perlu diketahui juga bahwa buah salak tidak mengandung kolesterol sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mata

Manfata buah salak untuk kesehatan yang pertama adalah bisa membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan buah salak mengandung vitamin A yang di dalamnya terdapat beta karoten. Di mana beta karoten yang terdapat pada buah salak memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Kamu bisa merasakan manfaat buah salak untuk kesehatan dengan cara mengonsumsinya secara rutin. Jadi, tak hanya wortel saja yang bisa bantu mencukupi asupan kebutuhan vitamin A kamu.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah salak sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan salak tidak mengandung kolesterol. Inilah yang membuat buah salak sangat baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, buah salak juga kaya akan kandungan antioksidan yang bisa membantu tubuh untuk mengatur regulasi air di dalam tubuh. Regulasi ini sangat penting untuk kesehatan jantung dan metabolisme tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Meningkatkan Daya Ingat

Buah pengingat merupakan salah satu sebutan untuk buah salak ini. Ya, manfaat buah salak untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu meningkatkan daya ingat kamu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan potassium dan pectin tinggi, mmebuat salah mampu meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan memori.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah salak juga mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan buah salak memiliki kandungan senyawa polifenol dan flavonoid yang berlimpah dalam buah ini yang dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Selain itu, adanya kandungan zat beta karotene yang merupakan antiksidan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler, stroke, hingga kanker.

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah salak untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Hal ini dikarenakan salak memiliki kandungan serat dan antioksidan. Maka tak heran, bagi sebagian orang telah mencoba dan memasukkan salak ke dalam menu dietnya.

Selain itu, kalisum dan karbohidrat pada buah salak bisa memenuhi kebutuhan energi dan stamina ketika menjalani program diet.

Melancarkan Pencernaan

Buah salak bisa membantu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Kamu bisa merasakan manfaat buah salak untuk kesehatan ini dengan mengonsumsi daging salak beserta kulit arinya. Pasalnya, kulit ari buah salak sama-sama mengandung nutrisi padat yang terdiri dari serat, kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta karoten.

Dimana semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Misalnya saja serat yang ada pada buah salak ini bisa membantu mempercepat proses pembuangan zat-zat sisa, racun, dan kandungan lainnya yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Alhasil, buah ini dapat membantu kamu untuk terhindar dari sembelit. Begitu juga dengan kandungan nutrisi tanin, yang memiliki efek antimikroba alami dalam usus sehingga bisa diamnfaatkan sebagai obat diare alami. Selain itu, tanin juga bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini