Sukses

6 Kelebihan Telur Bebek Dibandingkan Telur Ayam yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tidak mengetahui kelebihan telur bebek daripada telur ayam. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa harga telur bebek lebih mahal dibandingkan dengan telur ayam. Selain itu, banyak juga makanan-makanan yang menggunakan bahan telur, bila menggunakan telur bebek harganya akan lebih mahal juga, seperti martabak telur.

Dari segi bentuk tentunya kamu bisa melihat perbedaan antara telur bebek dengan telur ayam. Telur bebek memiliki cangkan berwarna hijau kebiruan, sedangkan telur ayam memiliki warna coklat kemerahan. Selain itu, telur bebek juga memiliki ukuran yang biasanya lebih besar daripada telur ayam.

Kelebihan telur bebek dibandingkan telur ayam bisa dilihat dari kandungan nutrisinya. Perbedaan nutrisi ini nantinya yang akan membuat telur bebek memiliki berbagai kelebihan dibandingkan telur ayam, dan tentunya ada pula kekurangan telur bebek dibadingkan dengan telur ayam. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui kelebihan telur bebek dibandingkan telur ayam agar mengetahui telur apa yang menjadi kebutuhanmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2019) tentang kelebihan telur bebek dibandingkan telur ayam.

2 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Telur Bebek dan Telur Ayam

Sebelum membahas tentang kelebihan telur bebek dibandingkan telur ayam, tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu tentang kandungan nutrisi masing-masing telur. Hal ini disebabkan karena, dari kandungan nutrisi ini kamu bisa melihat manfaatnya untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi dalam telur bebek:

130 kalori, 10 gr lemak, 619 mg kolesterol, 102 sodium, 9 gr protein, dan 1 gr karbohidrat.

Kandungan nutrisi dalam telur ayam:

71 kalori,  5 gr lemak, 211 mg kolesterol, 70 mg sodium, dan 6 gr protein.

Dilihat dari kandungan nutrisi dari telur bebek dan telur ayam di atas, semua kandungan nutrisi pada telur bebek jauh melebih kandungan nutrisi pada telur ayam. Namun, terkait dengan kandungan kolesterol, hal ini malah bisa merugikan bagi kesehatan. Karena itu, orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung tidak boleh mengonsumsi telur bebek secara berlebihan.

3 dari 4 halaman

Kelebihan Telur Bebek Dibandingkan Telur Ayam

Menilik dari jumlah kandungan nutrisi yang dimilikinya, ada beberapa kelebihan mengonsumsi telur bebek dibandingkan telur ayam. Berikut kelebihan telur bebek dibandingkan telur ayam:

Kandungan protein lebih tinggi dibandingkan telur ayam

Seperti yang telah kamu lihat sebelumnya pada daftar kandungan nutrisi telur bebek dan telur ayam, kandungan protein telur bebek lebih banyak daripada telur ayam. Protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memperbaiki bagian-bagian sel tubuh yang rusak. Sedangkan sumber protein terbaik dan mudah didapatkan adalah telur. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, kamu bisa mengonsumsi telur bebek.

Telur bebek bersifat alkali, sedangkan telur ayam bersifat asam

Kelebihan selanjutnya adalah telur bebek yang bersifat alkali. Sifat alkali pada telur bebek ini sangat baik untuk penderita kanker, karena kanker biasanya tidak mampu bertahan dalam lingkungan alkali. Sedangkan telur ayam memiliki sifat asam, yang tentunya tidak memiliki keuntungan serupa dengan telur bebek.

Telur bebek lebih tahan lama

Selain itu, telur bebek juga lebih tahan lama daripada telur ayam. Hal ini karena cangkang telur bebek lebih tebal daripada telur ayam. Jika disimpan dalam lemari es, bahkan telur bebek mampu bertahan hingga 6 minggu.

4 dari 4 halaman

Kelebihan Telur Bebek Lainnya

Memiliki kandungan albumin yang lebih banyak

Kelebihan selanjutnya adalah, telur bebek memiliki kandungan albumin yang lebih banyak dibandingkan telur ayam. Kandungan albumin atau putih telur ini adalah bahan dasar utama yang biasanya dibutuhkan untuk membuat kue ataupun es krim. Kandungan albumin yang lebih banyak tentunya menjadikan penggunaan telur bebek dalam pembuatan kue membuat citarasa kue menjadi lebih gurih dan enak, dan teksturnya lebih lembut.

Memiliki kandungan asam omega 3 lebih tinggi

Selanjutnya, telur bebek juga memiliki kandungan asam omega 3 yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam. Asam omega 3 ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit dan otak. Kamu bisa mengonsumsi telur bebek secukupnya untuk mendapatkan manfaat satu ini.

Kandungan nutrisi lebih padat

Kelebihan telur bebek dibandingkan telur ayam selanjutnya sudah bisa kamu lihat dari daftar kandungan nurisinya. Pada daftar tersebut, kandungan nutrisi telur bebek memang semuanya hampir dua kali lipat bahkan lebih dari kandungan nutrisi telur ayam.

Hal ini merupakan nilai plus tersendiri, yang tentunya lebih baik bagi kesehatan asalkan kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Selain itu, kadang kandungan nutrisi telur bebek ini juga tergantung pada pakan yang diberikan pada bebek. Selain itu, telur bebek juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang memiliki alergi terhadap telur ayam.