Sukses

7 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Hamil yang Masih Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sari kurma untuk ibu hamil bisa didapatkan karena kandungan nutrisinya. Selama masa kehamilan, tentunya ibu dan bayi membutuhkan berbagai macam nutrisi dan vitamin agar senantiasa sehat. Sari kurma merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan.

Bahkan, manfaat sari kurma untuk ibu hamil tidak memiliki efek samping bagi janin, karena merupakan bahan herbal. Pasalnya, sari kurma mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Selain memiliki berbagai macam nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, sari kurma juga sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan ibu hamil.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil masih belum banyak diketahui. Sari kurma merupakan paket lengkap yang tidak hanya baik untuk ibu hamil, namun juga baik untuk kesehatan janin. Oleh karena itu, tidak ada salahnya ibu hamil mengonsumsi sari kurma secara teratur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2019) ragam manfaat sari kurma untuk ibu hamil.

2 dari 4 halaman

Sebagai sumber energi dan Membantu proses persalinan

Sebagai sumber energi

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai sumber energi. Saat hamil, ibu membutuhkan energi yang lebih banyak. Dengan mengonsumsi sari kurma dengan teratur, maka ibu bisa mendapatkan asupan gula yang dibutuhkan tanpa tambahan kalori. Setiap 100 gram kurma mengandung sekitar 280 kalori.

Gula alami yang dikandung oleh sari kurma akan sangat baik untuk memberikan energi tambahan bagi ibu hamil. Gula sederhana diproses dalam tubuh dengan cepat, kurang dari 60 menit tenaga itu sudah dapat dirasakan oleh ibu hamil. Manfaat sari kurma untuk ibu hamil juga bisa didapatkan menjelang persalinan.

Membantu proses persalinan

Selain itu, manfaat sari kurma untuk ibu hamil lainnya adalah membantu dalam proses persalinan. Sari kurma mampu merangsang hormon oksitosin bagi ibu hamil. Oksitosin adalah hormon yang dibutuhkan untuk menginduksi terjadinya kontraksi terutama jika pembukaan terjadi agak lama. Pada penelitian mengungkapkan bawah ibu hamil yang mengonsumsi sari kurma membutuhkan penggunaan oksitosin yang lebih rendah daripada kelompok yang tidak rutin mengonsumsi kurma.

Pada sebuah penelitian, 96 persen dari kelompok ibu hamil yang mengonsumsi kurma, mengalami persalinan secara normal. Kurma memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam yang bisa bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, termasuk juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

3 dari 4 halaman

Mencegah sembelit dan anemia

Mencegah terjadinya sembelit

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk mencegah terjadinya sembelit. Hal ini disebabkan karena kurma kaya akan kandungan serat, yang dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan tentunya bisa menjadi solusi masalah sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil.

Cukup dengan meminum dua sendok makan sari kurma saja, ibu hami dapat merasakan buang air besar yang lancar. Jadi, sari kurma sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil.

Menstabilkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat menstabilkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia. Kurma bisa memberikan asupan zat besi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, sehingga mencegah terjadinya anemia. Zat besi menjaga kadar hemoglobin di tubuh dan menguatkan sistem imun ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

Seperti yang telah diketahui, hemoglobin mempunyai peran yang sangat penting dalam tubuh untuk membawa oksigen ke sel-sel darah. Hemoglobin juga memproduksi sel darah merah pada tubuh. Dengan produksi hemoglobin yang baik, maka anemia pada ibu hamil bisa dicegah, yang mana juga membuat janin bisa mendapat nutrisi dengan maksimal. Pada ibu hamil yang terkena anemia, janin cenderung tidak ternutrisi dengan baik. Oleh karena itu, mengonsumsi sari kurma sangat baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin.

4 dari 4 halaman

Menguatkan tulang dan mengatasi diare

Menguatkan tulang ibu hamil dan janin

Kandungan mineral yang cukup besar membuat sari kurma bisa memperkuat tulang serta melawan osteoporosis. Selama kehamilan mineral dan kalsium ibu akan dibagikan ke janin untuk mendukung pertumbuhannya. Oleh karena itu, tentunya ibu membutuhkan kedua zat ini semakin banyak.

Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Agar tidak lemah, ibu hamil bisa mengonsumsi sari kurma setiap hari.

Meningkatkan berat badan saat hamil

Selanjutnya, manfaat sari kurma untuk ibu hamil adalah dapat meningkatkan berat badan saat hamil. Sari kurma memiliki kandungan gula yang sangat kaya dan alami. Selain itu juga kaya protein dan banyak vitamin esensial.

Satu kilogram kurma mengandung hampir 3.000 kalori, kalori yang terdapat dalam kurma sudah sangat cukup untuk kebutuhan tubuh manusia.Kandungan gula yang cukup tinggi dapat menjadi salah satu senjata untuk menambah berat badan saat hamil.

Mengatasi diare

Gangguan pencernaan memang merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Selain sembelit, salah satu gangguan pencernaan lainnya yang paling sering muncul adalah diare.

Manfaat sari kurma untuk ibu hamil bisa digunakan untuk mengatasi diare ini. Sari kurma mengandung kalium yang tinggi, ini diketahui bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi diare. Sari kurma sangat mudah dicerna dan memberikan efek untuk membantu meringankan diare kronis.

Loading