Sukses

Manfaat Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat dan Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Pisang adalah buah lezat dan kaya serat dengan nutrisi penting seperti kalium, dan antioksidan seperti vitamin C. Daging pisang kaya akan banyak nutrisi dan karbohidrat. Ini tinggi vitamin B6, B12, magnesium dan kalium. Kandungan gula adalah yang tertinggi ketika kulit pisang berubah menjadi hitam. 

Saat makan pisang, kebanyakan orang membuang kulitnya. Padahal, kulit pisang pun masih dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan. Salah satu manfaat kulit pisang adalah sebagai perawatan jerawat.

Cara menggunakan kulit pisang untuk menyembuhkan jerawat juga cukup sederhana. Cukup mengusapkan kulit pisang atau menambahkannya sebagai bahan masker, jerawat akan teratasi dengan mudah. Gunakan kulit pisang segar untuk hasil terbaik.

Segera gunakan kulit pisang setelah mengonsumsi pisang. Simpan pisang di tempat yang sejuk dan kering dan jauhkan dari panas atau sinar matahari. Berikut manfaat kulit pisang untuk menyembuhkan jerawat dan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/9/2019).

2 dari 8 halaman

Manfaat kulit pisang untuk atasi jerawat

Menurut Nutrition Source from Harvard's T.H. Chan School of Public Health, kulit pisang memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Sebuah studi Februari 2015 dalam Journal of Ethnopharmacology mencatat bahwa kulit pisang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar atau iritasi kulit ringan.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan ekstrak kulit pisang memiliki sifat anti-inflamasi. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2011, kulit pisang memiliki sejumlah senyawa bioaktif, seperti karotenoid dan polifenol. Sebuah tinjauan 2018 menunjukkan bahwa kulit pisang kaya akan fenolat, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang kuat dan berhubungan dengan banyak manfaat kesehatan.

Kulit pisang dipenuhi dengan antioksidan seperti lutein yang membantu melindungi kulit terhadap faktor-faktor penyebab kerusakan seperti matahari. Mereka juga merupakan sumber berlimpah asam lemak teresterifikasi, yang membantu mengobati masalah seperti eksim dan psoriasis. Pisang juga merupakan sumber seng yang bagus, yang membantu memerangi jerawat.

3 dari 8 halaman

Mengusapkan pisang ke kulit

Cuci wajah dengan pembersih dan keringkan dengan handuk. Pijat wajah dengan kulit pisang, dengan bagian dalam kulitnya, selama sekitar 10 menit. Jika potongannya berubah warna menjadi coklat, gantilah dengan potongan yang segar. Tunggu sekitar 20 menit dan kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Kulit pisang akan membantu menghilangkan kemerahan dan menenangkan kulit berjerawat. Kulit pisang juga membantu mencegah jerawat timbul di lain waktu. Lakukan ritual ini setiap hari untuk hasil maksimal.

4 dari 8 halaman

Menggunakan kulit pisang dengan oats

Perawatan ini bertindak sebagai scrub anti jerawat yang sangat baik yang membantu mengelupaskan kulit sambil memberi nutrisi dan meningkatkan kemampuannya untuk menangkal jerawat. Pastikan untuk tidak menggosok terlalu agresif karena dapat memperburuk jerawat. Cukup gosok dengan lembut.

Blender atau haluskan 1 kulit pisang, ½ cangkir oatmeal, dan 3 sdm gula pasir. Oleskan campuran ini ke wajah dan kemudian pijat kulit dengan lembut dalam gerakan memutar.

Lakukan gerakan ini selama 10 menit. Setelah 10 menit, basuh wajah dengan air hangat dan keringkan. Oleskan pelembab bebas minyak, non-komedogenik.

5 dari 8 halaman

Menggunakan kulit pisang dengan air lemon

Lemon secara alami bersifat asam, yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat yang mungkin ada pada kulit. Lemon juga merupakan agen pemutihan yang sangat baik, membantu menghilangkan bekas jerawat dengan penggunaan rutin.

Campurkan kulit pisang yang telah dihaluskan dengan 1 sendok makan air lemon. Dengan menggunakan kapas, oleskan campuran tersebut ke bagian kulit yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit. Lanjutkan untuk membilas wajah dengan air hangat dan keringkan.

6 dari 8 halaman

Menggunakan kulit pisang dengan kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang sangat baik. Dalam kombinasi dengan kulit pisang, ini membantu mengurangi pembengkakan dan membunuh bakteri penyebab jerawat yang mungkin ada pada kulit.

Campurkan bahan 1 sendok makan kulit pisang yang telah dihaluskan dan 1 sendok makan kunyit. Oleskan campuran ini ke wajah dan kemudian pijat kulit dengan lembut dalam gerakan memutar.

Lakukan selama sekitar 15 menit. Setelah 15 menit, basuh wajah dengan air hangat dan keringkan. Oleskan pelembab bebas minyak, non-komedogenik setelahnya.

7 dari 8 halaman

Menggunakan kulit pisang dengan madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang sangat baik. Madu juga merupakan humektan dan membantu melembabkan kulit sementara sifat pemutihannya yang ringan memudarkan bekas jerawat dengan penggunaan rutin.

Campurkan 1 sendok makan kulit pisang yang telah dihaluskan dan ½ sdm madu mentah. Oleskan campuran ini ke area kulit yang berjerawat. Biarkan campuran selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Keringkan dan dan oleskan pelembab non-komedogenik bebas minyak.

8 dari 8 halaman

Menggunakan kulit pisang dan cuka apel

Cuka sari apel adalah zat yang sangat baik dan membantu mengatur produksi sebum di kulit. Cuka sari apel juga kaya antioksidan yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Campurkan 1 sendok makan kulit pisang yang telah dihaluskan, dua sendok teh cuka sari apel dan 1 sendok teh air. Oleskan campuran ini ke area kulit yang berjerawat. Biarkan campuran selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lembabkan dengan pelembab non-komedogenik dan bebas minyak.

Loading