Sukses

Ini Harga Mobil Esemka dan Spesifikasi Terbaru September 2019

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo akhirnya telah meresmikan pabrik mobil Esemka yang berada di Boyolali, Jawa Tengah pada Jumat (6/9/2019).  Esemka merupakan produk mobil hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang kemudian terus diperbarui. Pihaknya bekerja sama dengan institusi serta industri dalam negeri dan beberapa perusahaan lokal dan nasional. 

Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) yang berada di kawasan Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik Esemka telah lolos  Sertifikat Uji Tipe sebagai syarat agar produksinya dapat dipasarkan dari Kementerian Perhubungan. 

Banyak orang penasaran dengan mobil esemka ini. Berikut spesifikasi dan harga mobil Esemka bagi yang berminat untuk membeli mobil hasil rakitan anak bangsa ini. Dilansir dari Otosia oleh Liputan6.com, Sabtu (7/9/2019), berikut ini secara detail spesifikasi, harga hingga review mobil Esemka

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Mobil Esemka

Ada 8 tipe mobil Esemka yang sudah siap produksi dan masuk pasar otomotif Tanah Air. Ke-8 mobil tersebut adalah mobil Esemka Bima 1.3 (4x2) MT, Bima 1.8D (4x2) M/T, Niaga 1.0 (4x2) M/T, Digdaya 2.0 (4x2) M/T, dan Borneo 2.7D (4x2) M/T, Bima 1.0 (4x2) MT dan Bima 1.3 L (4x2) MT, serta Garuda 2.0 (4x4) MT.

Spesifikasi dan harga mobil Esemka sampai saat ini masih belum ada keterangan lebih lanjut. Namun, untuk detail eksterior salah satu varian sudah pernah tertangkap kamera di jalanan. Mobil Esemka tersebut adalah Garuda 1.

Mobil Esemka satu ini sering dianggap sama dengan mobil asal China Foday Landfort. Lantaran desain keduanya sangat mirip dan hanya dibedakan dari emblem saja. Untuk spesifikasi Foday Landfort ditopang dengan mesin bensin 2.378cc Mitsubishi 4G69S4N, serta D19TCID1 Diesel Turbocharged 1.9 liter. Pada mesin bensin bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 5.250 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada 3.000 rpm.

Dari sisi mesin diesel, mobil Foday Landfort bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 4.000 rpm dengan torsi puncak yang bisa dicapai sebesar 300 Nm pada 1.800-2.800 rpm. 

Sejauh ini spesifikasi secara umum bisa dilihat dari meyamakan dengan mobil Foday Landfort. Belum ada spesifikasi secara rinci karena harus menunggu peluncurannya yang kemungkinan segera dilakukan.

3 dari 4 halaman

Harga Mobil Esemka Garuda 1 Bulan September 2019

Ketertarikan masyarakat Indonesia dengan mobil Esemka memang sangat besar. Hal ini tak lepas dari 8 mobil Esemka yang sudah memenuhi syarat laik jalan. Salah satu produk mobil yang berhasil menarik perhatian antusias masyarakat yaitu mobil Esemka Garuda 1.

Sudah menarik perhatian sejak 2018, mobil Esemka Garuda 1 ini merupakan mobil SUV dengan desain gahar yang nantinya akan menantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, serta Nissan Terra. Mobil Esemka varian ini memiliki keuntungan yang tak dimiliki mobil SUV lainnya, yaitu soal harga. 

Perkiraan harga mobil Esemka Garuda 1 ketika sudah diluncurkan nanti akan lebih murah dibandingkan 3 mobil SUV yang telah disebutkan tadi. Melihat spesifikasi Esemka Garuda 1 dengan mobil China Foday Landfort yang mirip, bisa jadi jika ada kemungkinan harga mobil Esemka tidak akan berbeda jauh dengan mobil Foday Landfort. Harga mobil Foday Landfort untuk varian tertinggi kini dibanderol Rp325 jutaan.

Perkiraan harga mobil Esemka sebesar Rp325 jutaan cukup masuk akal. Kondisi ini tak lepas dari status mobil Esemka yang diproduksi sendiri oleh anak bangsa. 

4 dari 4 halaman

Harga Mobil Esemka Bima September 2019

Selain Garuda 1, mobil Esemka Bima 1.2 M/T juga masuk dalam daftar pengenaan pajak kendaraan bermotor baru yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri. Dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI atau Permendagri Nomor 14 Tahun 2019, selain ada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), adanya  biaya balik nama juga tercantum. Untuk harga mobil Esemka Bima ini dibanderol sekitar Rp95 jutaan.