Sukses

Cara Diet OCD untuk Wanita dan Tips yang Harus Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara diet OCD untuk wanita tentunya tinggal memilih jendela makan mana yang paling sesuai. Diet OCD ini dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier dan menuai pro dan kontra saat sedang banyak dibicarakan. Namun, sekarang ini semakin banyak orang yang menjalankan diet OCD dan memberikan testimoni yang positif tentang program diet OCD ini. 

Diet OCD merupakan metode diet yang mirip dengan puasa. Diet ini bisa dilakukan dan akan mendapatkan hasil yang baik bila dilakukan dengan langkah-langkah dan aturan yang tepat. Diet OCD menjadi terkenal dan menjamur di seluruh nusantara.

Cara diet OCD untuk wanita, seperti yang telah disebutkan sebelumnya tinggal memilih jendela makan atau waktu makannya. Jendela makan sendiri adalah lamanya waktu ketika kamu diperbolehkan makan. Waktu makannya berbeda-beda dan bebas sesuai pilihan, ada yang dimulai dengan waktu 8 jam, 6 jam, hingga 4 jam saja dalam sehari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/9/2019) tentang cara diet ocd untuk wanita

2 dari 6 halaman

Cara Diet OCD: Jendela makan pertama

Cara diet OCD untuk wanita yang bisa dijadikan referensi pertama adalah jendela 16:8 ini. Ini merupakan cara diet OCD untuk pemula atau tahap awal. Pada jendela makan yang pertama: Anda mempunyai waktu makan selama 8 jam lalu dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam.

Jika pada pukul 10 pagi kamu mulai makan, maka selama 8 jam ke depan, tepatnya hingga pukul 6 sore, kamu masih boleh memakan apapun.

Sisa 16 jam selanjutnya, kamu harus berpuasa. Kamu hanya perlu melakukan puasa makan. Kamu masih diperbolehkan minum, tapi hanya meminum air putih saja, tidak boleh minum minuman yang lain. Kamu juga tidak boleh makan berlebihan.

Jendela makan pertama ini bisa digunakan sebagai cara diet OCD untuk wanita atau pemula. Lakukanlah sampai tubuh menyesuaikan diri setelah itu barulah menjalankan diet tingkat selanjutnya.

3 dari 6 halaman

Cara Diet OCD: Jendela makan kedua

Pada jendela makan kedua ini, kamu memiliki waktu bebas makan 6 jam sedangkan sisa 18 jam berikutnya harus berpuasa, sebagai cara diet OCD untuk wanita atau lanjutan yang pertama.

Jika pukul 11 siang kamu mulai makan, maka waktu makan berakhir pada pukul 5 sore dan sisanya harus berpuasa. Bila kamu merasa belum terbiasa mengikuti jendela makan kedua dalam carai diet OCD untuk wanita ini, kamu bisa menggabungkannya dengan jendela makan pertama.

Misalnya dalam waktu satu minggu kamu menjalankan jendela makan pertama selama 6 hari, sisanya 1 hari menjalankan jendela makan kedua. Teruslah melakukan peningkatan supaya tubuh bisa menyesuaikan dengan jendela makan kedua.

4 dari 6 halaman

Cara Diet OCD: Jendela makan ketiga

Semakin tinggi tingkatannya maka waktu untuk makan semakin terbatas dalam pelaksanaan cara diet OCD untuk wanita ini. Diet OCD level tiga ini hanya mengijinkan kamu makan selama 4 jam saja lalu sisanya 20 jam lagi harus berpuasa.

Misalkan pukul 11 siang mulai makan, selanjutnya kamu diperbolehkan makan hingga pukul 3 sore, lalu dilanjutkan dengan 20 jam berpuasa. bila belum terbiasa, kamu bisa melakukannya secara bertingkat.

Mulai dari Senin sampai Kamis, Anda menjalankan jendela makan pertama, hari Jumat dan Sabtu menjalankan jendela makan kedua, lalu pada hari Minggu menjalankan jendela makan ketiga. Ingatlah untuk meningkatkan intensitas jendela makan ketiga supaya tubuh bisa menyesuaikan.

5 dari 6 halaman

Cara Diet OCD: Jendela makan keempat

Jendela makan terakhir ini sepertinya mengerikan karena kamu harus berpuasa 24 jam. Tapi tenang saja, maksudnya bukanlah tidak boleh makan sama sekali, tapi hanya diperbolehkan makan sekali saja dalam sehari dan kapan waktu makannya terserah kamu. Misalkan pukul 11 siang kamu makan, maka kamu boleh makan lagi pukul 11 siang pada esok harinya.

Memang tampaknya ekstrem, tapi seperti sebelumnya, kamu boleh menggabungkannya dengan 3 level jendela makan yang lainnya. Jadi, cara diet OCD untuk wanita ini bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan.

6 dari 6 halaman

Tips Saat Melakukan Diet OCD

Menghindari sarapan

Berbeda dengan diet lain yang menyarankan untuk tidak melewatkan sarapan, diet OCD malah sebaliknya. Menurut Deddy sarapan hanya menambah insulin yang akan menyebabkan kamu mengantuk. Sebaiknya kamu mulai makan 3-4 jam sesudah terbangun dari tidur. Hal ini tentunya juga berlaku bagi cara diet OCD untuk wanita.

Tidak makan berlebihan

Memang benar dalam cara diet OCD untuk wanita atau secara umum tidak ada pantangan. Tapi kamu tidak boleh jadi kalap makan. Makanlah sesuai dengan porsi biasanya. Misalnya, saat biasanya porsi makan kamu adalah 1 piring, maka teruslah makan 1 piring saja.

Berolahraga rutin

Melakukan diet tidak berarti kamu boleh bermalas-malasan. Dengan rutin melakukan olahraga selama melakukan diet OCD, maka berat badan ideal atau bentuk tubuh ideal yang diidam-idamkan bisa segera terwujud. Dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging, sit-up, dan push-up saja sudah cukup.

Dalam pelaksanaan diet OCD ini, kamu sebaiknya memulai secara bertahap. Jangan langsung mencoba jendela ketiga atau keempat. Mulailah secara perlahan dari jendela pertama, jika memang merasa sudah mampu untuk emnaikkan tingkat, kamu bisa segera naik.