Sukses

Cara Membuat Masker Kefir Berdasarkan Jenis Kulit, Dapatkan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat masker kefir banyak dicari oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang bisa dirasakan dari menggunakan masker kefir pada wajah. Adanya kandungan probiotik dan Alpha Hydroxy Acid (AHA) dalam susu kefir sangat efektif membantu menutrisi wajah dan berbagai jenis kulit.

Beberapa orang ingin membuat sendiri masker kefir di rumah dikarenakan harganya di pasaran cukup mahal. Nah, untuk mengurangi pengeluaran, maka tak jarang mereka kerap mencari cara membuat masker kefir sebagai panduan. Pasalnya, untuk membuat sendiri masker kefir ini cukup mudah.

Berikut ini Liputan6.com, Minggu (8/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber cara membuat masker kefir sendiri di rumah yang sangat mudah. Dengan membuatnya sendiri di rumah, kamu bisa secara maksimal untuk menggunakan dan mendapatkan manfaatnya.

2 dari 6 halaman

Kandungan Nutrisi pada Kefir

Kefir memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Bakteri baik yang terkandung dalam kefir adalah Lactobacillus caucasus. Bakteri ini berperan sebagai pengubah kandungan laktosa yang terdapat dalam susu menjadi asam laktat. Inilah yang menyebabkan produk kefir terasa asam.

Bakteri yang ada dalam kefir ini bersama dengan mikroba pencernaan lainnya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Selain itu, bakteri baik ini juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit.

Kefir juga kaya akan vitamin B, kalium, protein dan berperan sebagai antioksidan. Konsumsi secara rutin produk kefir ini akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan dapat bermanfaat pula sebagai penurun berat badan.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Sendiri di Rumah

Siapkan Bahan-bahannya

Cara membuat masker kefir yang pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Kamu perlu menyiapkan satu liter susu murni dan 50 gram bibit kefir yang bisa didapatkan di toko-toko dan pasar.

Untuk susu murni, kamu bisa menggunakan susu sapi maupun susu kambing. Setelah bahan-bahan tersebut siap, selanjutnya siapkan toples kaca, kain, spatula, dan saringan untuk mengolah bahan-bahan tersebut.

Campurkan Bahan-bahan

Setelah alat dan bahan sudah disiapkan, kamu perlu mencampurkan susu dan bibit kefir ke dalam toples kaca. Aduk kedua bahan tersebut secara perlahan dengan spatula hingga menyatu.

Kemudian tutup toples kaca dengan menggunakan kain dan ditnggalkan di ruangan gelap selama 24 jam. Kalau sudah, kamu bisa membuka toples kaca tersebut dan aduk lagi. Lalu, tutup lagi selama 12 – 24 jam.

Saring dan Letakkan di Freezer

Cara membuat masker kefir yang terakhir adalah dengan menyaring dan mendinginkan racikan yang sudah dibuat tadi. Nah, untuk mengangkat bagian atas susu dengan menggunakan spatula, kamu perlu menunggu selama 48 jam.

Kemudian pisahkan bagian tersebut di wadah lain dan ambil spatula lainnya untuk mengaduk bagian bawah susu tersebut. Selanjutnya, saring secara perlahan dan masukkan kefir ke dalam freezer untuk didinginkan. Sekarang adonan masker kefir kamu siap digunakan. 

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Berdasarkan Jenis Kulit

Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Normal

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat masker kefir adalah susu kefir. Kamu bisa membuat susu kefir sendiri di rumah dengan cara yang telah dijabarkan di atas tadi.

Nah, cara membuat masker kefir untuk kulit normal atau kombinasi, kamu bisa menambahkan timun ke dalam susu kefir. Caranya adalah dengan memarut dan peras timun. Kemudian ambil air dari hasil perasannya.

Setelah itu, campurkan perasan air timun tadi dengan susu kefir. Masker kefir untuk kulit normal siap untuk digunakan.

Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Berminyak

Cara membuat masker kefir untuk kulit berminyak tidak berbeda jauh dengan pembuatannya untuk kulit normal. Perbedaannya hanyalah kamu perlu menambahkan putih telur dan madu untuk membuat masker kefir kulit berminyak.

Cara membuat masker kefir untuk kulit berminyak, kamu hanya perlu mencampurkan susu kefir dan kedua bahan tersebut. Campuran bahan-bahan ini untuk dijadikan masker bisa membantu mengecilkan pori-pori dan membantu menyegarkan kulit wajah.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Masker Kefir Berdasarkan Jenis Kulit

Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Kering

Sedangkan cara membuat masker kefir untuk kulit kering, kamu bisa menambahkan kuning telur dan minyak zaitun.

Cara membuatnya masih sama dengan pembuatan masker sebelumnya. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan dan aduk secara merata. Kuning telur dapat membantu memperbaiki dan melembutkan kulit.

Cara Membuat Masker Kefir untuk Kulit Berjerawat

Nah, buat kamu yang memiliki kulit cenderung berjerawat, kamu juga tetap bisa menggunakan kefir sebagai masker. Untuk jenis kulit ini, cara membuat masker kefir tidak perlu menambahkan bahan lain. Justru semakin efektif dengan kefirnya saja.

Cara membuat masker kefir untuk kulit berjerawat adalah dengan mengoleskan kefir langsung ke wajah. Setelah itu tunggu hingga semalaman dan cuci di pagi hari.

6 dari 6 halaman

Manfaat Masker Kefir untuk Kecantikan Kulit Wajah

Masker kefir bisa digunakan untuk semua jenis kulit tanpa terkecuali. Masker ini dapat berperan sebagai asam hidroksi alfa (AHA), yang merupakan salah satu senyawa kimia.

AHA ini sering digunakan sebagai bahan kunci pada banyak produk perawatan kulit. AHA memiliki kemampuan dalam meningkatkan kondisi kulit, yaitu sebagai eksfoliasi (membantu pengelupasan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit) serta menstimulasi produksi kolagen sehingga dapat berperan sebagai agen anti-penuaan.

Proses eksfoliasi ini akan membuat kulit tampak lebih bersih, cerah, rata, halus, kenyal, dan lembut. Untuk memerangi penuaan, masker kefir dapat membantu kamu mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah.

Fungsi probiotik yang dimiliki oleh masker kefir juga mungkin dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada kulit. Selain itu, ada pula manfaat anti-inflamasi sehingga akan membantu meringankan masalah kulit seperti jerawat.  

Selain itu, buat kamu yang berkulit kering juga bisa menggunakan masker ini. Ya, masker kefir ini juga bisa diandalkan dengan cara memberikan dan menjaga kelembapan kulit.