Sukses

5 Tempat Wisata di Magetan yang Harus Dikunjungi, Sejuk dan Indah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Magetan bisa menjadi salah satu penghilang penat. Memiliki suasana sejuk khas pegunungan, membuat berlibur ke Magetan menjadi lebih menenangkan dan tentunya nyaman. Alam yang indah akan memanjakan mata setiap wisatawan. 

Walaupun Magetan tidak terlalu familier di telinga sebagai tempat wisata favorit, namun ternyata banyak tempat wisata yang patut kamu kunjungi. Apalagi buat kamu yang sudah lelah dengan rutinitas sehari-hari yang panas dan melelahkan. Magetan bisa jadi solusi menenangkan pikiran.

Tempat wisata di Magetan menawarkan kesegaran dan kesejukan alam yang menenangkan. Ada wisata telaga, air terjun, taman, hingga kebun bunga yang tentunya akan memanjakan mata pengunjungnya. Suasana dingin lereng pegunungan juga akan semakin membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (9/9/2019) tentang tempat wisata di Magetan

2 dari 6 halaman

Telaga Sarangan

Telaga sarangan mungkin merupakan tempat wisata di Magetan yang paling terkenal. Popularitas ini didapatkan karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Gunung Lawu. Telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini berjarak sekitar 16 kilometer arah barat pusat kota Magetan.

Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat wisata di Magetan yang menjadi favorit para wisatawan. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata. Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Telaga Sarangan dengan berkuda mengitari telaga.

Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, hingga taman.

Suasana lereng pegunungan yang sejuk dan dingin dapat membuat kamu tenang dan nyaman menikmati liburan. Apalagi dengan pemandangan indah sekitar Gunung Lawu, membuat Telaga Sarangan menjadi paket komplit untuk liburan kamu. Kamu juga bisa menikmati hidangan khas yang dijajakan di sekitar telaga, yaitu sate kelinci. Bahkan nongkrong sore dan jajan di kedai kaki lima sekitar Telaga Sarangan bisa menjadi opsi kamu menikmati senja.

3 dari 6 halaman

Air Terjun Tirtosari

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah Air Terjun Tirtosari. Jika kamu ingin menikmati liburan dengan suasana segar dengan pemandangan air terjun yang masih asri, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Tirtosari ini.

Salah satu tempat wisata di Magetan ini, memiliki daya tarik yang unik dengan bentuk air terjun yang bertingkat. Pepohonan yang rindang di sekitar air terjun akan menambah suasana sejuk yang kamu dapatkan di sini.

4 dari 6 halaman

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park Merupakan tempat wisata di Magetan, yang berada disebelah barat Telaga Sarangan. Keindahan panorama alam hutan Mojosemi Forest Park yang masih terjaga membuat kamu akan betah berlama-lama di tempat ini.

Banyak jenis vegetasi tumbuh, selain Pinus (Pinus sp), Juga ada Puspa (Schima Wallichii), Jamuju (Podocarpus Imbricatus), Ekaliptus (Eucalypthus sp) dan lain-lain. Berbagai fasilitas pun disediakan di Tempat wisata di Magetan ini, seperti, Glamour Camping, Camping Ground, Air Terjun Tirto Mojo, OutBound, Flying Fox, Skywalk, ATV, High Rope Adventure, Ekaliptus Resto & cafe, Airsoftgun Zone, Archery Zone, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, fasilitas umum di Mojosemi Forest Park juga sudah sangat memadai. Akses menuju Mojosemi Forest Park juga sangat mudah dijangkau dengan berbagai fasilitas transportasi umum maupun pribadi. Kamu tinggal mengikuti Jalan tembus Sarangan yaitu terletak diantara Cemoro Sewu dan Telaga Sarangan Magetan.

5 dari 6 halaman

Telaga Wahyu

Tidak jauh dari Telaga Sarangan, terdapat satu lagi telaga yang juga tak kalah indah sebagai tempat wisata di Magetan, yaitu Telaga Wahyu. Telaga Wahyu terletak 2 Km ke arah timur dari Telaga Sarangan.

Telaga Wahyu sengaja ditebari berbagai macam ikan untuk disediakan bagi mereka yang gemar memancing, sehingga tempat ini merupakan tempat pemancingan dan sering pula dimanfaatkan untuk berkemah. Telaga Wahyu memiliki luas sekitar 10 hektar, dengan kedalaman 16 M.

Selain menjadi tempat pemancingan, telaga ini juga sangat nyaman dengan udara yang sejuk, pemandangan yang alami indahnya untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga.

6 dari 6 halaman

Magetan Green Garden

Tempat wisata di Magetan selanjutnya adalah Magetan Green Garden. Tempat ini menawarkan keindahan kebun bunga dan buah yang sangat memesona. Magetan Green Garden cocok kamu kunjungi bersama keluarga, terutama dengan anak-anak.

Hal ini disebabkan karena objek wisata ini termasuk objek wisata alam edukasi. Selain terdapat aneka macam tanaman buah dan bunga, di tempat ini juga tersedia bibit bunga matahari yang bisa ditanam di rumah.

Loading