Sukses

6 Makanan Pencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

Liputan6.com, Jakarta Kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu jenis kanker yang paling berbahaya. Dimana kondisi ini memengaruhi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit. Limfosit memainkan peran penting dalam sistem kekabalan tubuh manusia.

Untuk penyebab seseorang bisa terkena kanker kelenjar getah bening, para peneliti masih belum menemukannya. Namun ada beberapa faktor risiko dalam terjadinya kanker kelenjar getah bening termasuk umur, bahan kimia, paparan radiasi, penyakit autoimun, dan infeksi.

Oleh karena itu, untuk mencegah kanker ini muncul kamu perlu menjaga asupan makanan sejak dini agar terhindar dari penyakit ini ketika lansia. Ada salah satu kunci agar kamu bisa terhindar dari kanker kelenjar getah bening adalah dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatasi gejala peradangan yang mungkin muncul.

Berikut Liputan6.com, Selasa (10/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang disarankan oleh para ahli untuk dikonsumsi agar terhindar dari kanker kelenjar getah bening.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Kunyit

Rempah-rempah yang biasa dijadikan sebagai bahan membuat masakan ini sudah dikenal dengan segudang khasiatnya. Bagaimana tidak, adanya zat kurkumin pada kunyit mampu bekerja untuk menurunkan peradangan dan membantu tubuh mendeteksi serta menghancurkan sel-sel yang bermutasi.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh India, sebagai negara yang banyak menggunakan kunyit pada makanannya. Di mana sudah terbukti memiliki presentase penyakit kanker sepuluh kali lebih rendah dibanding negara lainnya.

3 dari 7 halaman

Anggur

Adanya polifenol yang sangat melimpah di dalam buah anggur memiliki kekuatan antioksidan dan anti-inflamasi. Zat dalam buah anggur ini dapat menghambat pertumbuhan kanker dan tumor pada kelenjar getah bening, hati, perut, dan payudara.

Selain itu, mengonsumsi makanan dengan zat polifenol tinggi dapat membunuh sel kanker pada kasus leukemia dan kanker usus besar.

4 dari 7 halaman

Sayuran Hijau

Beragam sayuran hijau juga dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa sayuran hijau yang dikenal mampu mencegah munculnya kanker adalah bayam dan kale. Ya, kedua jenis sayuran ini memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan. Selain itu, zat karotenoid yang ditemukan di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang menempel pada tubuh.

5 dari 7 halaman

Makanan dengan Probiotik

Kandungan probiotik dalam makanan seperti yang terdapat pada kefir, yogurt, dan tempe mampu menambah jumlah bakteri baik yang menguntungkan usus, mengatur keseimbangan pH, serta menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Selain itu, asam laktat alami dan enzim yang diproduksi selama proses fermentasi pada makanan dengan probiotik mampu memberikan efek menguntungkan pada metabolisme serta efek penyembuhan pada penyakit kanker.

6 dari 7 halaman

Lemak Sehat

Makanan pencegah kanker kelenjar getah bening selanjutnya adalah dengan mengonsumsi lemak sehat. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat seperti sarden, kacang walnut, kacang almond, ikan tuna, serta ikan salmon. University of Maryland Medical Center  merekomendasikan untuk mengonsumsinya guna menghindari tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, sebaiknya kamu juga perlu menghindari asupan lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam makanan seperti kue, donat, kentang goreng, sosis serta makanan olahan lainnya.

7 dari 7 halaman

Biji-bijian

Biji-bijian mengandung banyak mineral, vitamin, dan antioksidan. Dimana sangat efektif dalam melawan kanker kelenjar getah bening karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Biji-bijian juga mengandung selenium, yang merupakan vitamin penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta fungsi tubuh secara keseluruhan karena membantu dalam memproduksi sel darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.