Sukses

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong, Penuh Nutrisi

Makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong memiliki nutrisi yang menyehatkan tubuh

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang masih bingung tentang makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat perut masih kosong. Karena itu, banyak orang yang percaya bahwa saat perut masih kosong, kamu harus makan nasi terlebih dahulu sebelum makan makanan lainnya. 

Ternyata tidak hanya nasi saja yang bisa dikonsumsi saat perut kosong. Ada beberapa jenis makanan yang juga tetap menyehatkan dikonsumsi saat perut kosong sekalipun. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi bila belum makan nasi dan mengonsumsi makanan-makanan ini terlebih dahulu.

Makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong memiliki nutrisi yang menyehatkan tubuh. Berbagai gangguan pencernaan yang dapat menyerang bila kamu salah mengonsumsi makanan saat perut kosong tidak akan muncul bila kamu mengonsumsi jenis makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/9/2019) tentang makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Oatmeal

Makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong yang pertama adalah oatmeal. Manfaat oatmeal yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama ternyata juga baik dikonsumsi saat perut belum diisi makanan apapun.

Selain itu, olahan gandum juga dapat menjaga perut dari asam hidroklorik yang dapt merusak dinding lambung. Kandungan seratnya yang tinggi juga dapat menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh.

Selain itu, mengonsumsi roti gandum dan bubur jagung di pagi hari saat perut masih kosong juga sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, baik oatmeal, roti gandum dan bubur jagung juga bisa membuang racun dari logam berat yang ada di usus.

3 dari 6 halaman

Buah-buahan segar

Mengonsumsi buah-buahan segar juga baik untuk perut yang masih kosong. Tentunya setiap orang sudah tahu bahwa buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi buah saat perut masih kosong ternyata juga boleh dilakukan karena bisa membantu sistem pencernaan menjadi semakin lancar. Buah juga dapat mendetoksifikasi racun dan membantu menurunkan berat badan.

Namun, tidak semua buah yang baik dikonsumsi saat perut kosong. Buah jeruk, pisang dan juga buah pear tidak boleh dikonsumsi saat perut masih kosong karena bisa membahayakan kesehatan. Hindari mengkonsumsi buah-buahan citrus yang bisa membuat perutmu terasa perih karena kandungan asamnya.

4 dari 6 halaman

Madu

Madu memang memiliki berbagai manfaat positif untuk kesehatan. Memiliki kandungan mineral, vitamin, flavonoid, dan enzim yang penting untuk menjaga pencernaan tetap sehat dan bersih, membuat madu menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat perut kosong.

Madu dapat membuat tubuh langsung bertenaga dan siap untuk berfungsi dengan normal kembali. Madu juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih kuat. Oleh karena itu, mengonsumsi madu secara teratur dapat menjaga kesehatanmu setiap harinya.

5 dari 6 halaman

Sayuran segar

Jus dari sayuran mentah juga dapat kamu konsumsi saat perut masih kosong. Hal ini karena, jus sayur tersebut kaya akan vitamin, mineral, serta anti oksidan. Jus sayuran juga mudah dicerna, sehingga tidak menyebabkan gangguan pencernaan. Jus wortel dengan tambahan seledri dan buah bit dapat kamu konsumsi saat perut masih kosong.

Selain itu, mengonsumsi salad yang terdiri dari kombinasi selada, daun kale, tomat, dan timun untuk menu makanan yang ringan yang penuh nutrisi juga akan sangat baik untuk kesehatan.

6 dari 6 halaman

Telur

Mengonsumsi telur di pagi hari saat perut masih kosong ternyata sangat dianjurkan. Menurut sebuah studi jika kamu mengkonsumsi telur di pagi hari, maka jumlah kalori harian yang dikonsumsi tubuh pun akan menurun.

Makanan yang satu ini memang kaya akan protein dan nutrisi-nutrisi baik lainnya untuk tubuh. Dengan mengonsumsi telur maka perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga cocok sekali untuk diet. Jadi, kamu juga bisa mengonsumsi telur saat perut kosong.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan lainnya seperti kecambah, brokoli, kacang polong, dan lain-lain saat perut kosong. Perhatikan selalu konsumsi makanan sehari-hari kamu agar badan selalu sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini