Sukses

5 Prestasi BJ Habibie yang Membanggakan Indonesia, Panutan Bangsa

Cendekiawan yang menginspirasi berbagai generasi.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang, Presiden RI ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya, Rabu (11/9/2019) soret. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun. Kabar kepergiannya di sampaikan oleh putra BJ Habibie, Thareq Habibie.

BJ Habibie merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah modern Indonesia. Namanya begitu dikenal hingga saat ini. Habibie yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini memiliki segudang prestasi yang mengharumkan nama bangsa.

Dikenal cerdas dan ahli dalam dunia penerbangan, kiprah Habibie membuat berbagai pihak berdecak kagum. Tak hanya mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia, Pak Habibie juga pernah menjadi presiden ketiga Republik Indonesia.

Kisahnya telah beberapa kali diadaptasi menjadi film layar lebar dan dibintangi oleh aktor ternama di Indonesia.

Capaian sukses BJ Habibie layak dijadikan teladan, utamanya oleh generasi millenials. Berikut ini prestasi BJ Habibie untuk Indonesia yang yang membanggakan dirangkum Liputan6.com, Rabu (11/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Prestasi BJ Habibie yang Mengharumkan Nama Bangsa

BJ Habibie muda dianugerahi kecerdasaan luar biasa. Sejak di bangku sekolah, beliau mendapat prestasi di bidang eksata. Saat berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) selama satu tahun, kemudian Habibie menerima beasiswa kuliah di Aachen, Jerman. Ia pun mengambil kesempatan emas tersebut.

Di sana ia memilih untuk mengambil jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi kontruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH).

BJ Habibie memilih jurusan tersebut karena beliau mengingat pesan dari presiden pertama Republik Indonesia yakni Ir. Soekarno atau Bung Karno yang menyatakan bahwa sangat penting untuk mengembangkan Dirgantara dan juga penerbangan bagi Indonesia.

Keuletannya semasa menimba ilmu di negeri orang membuahkan hasil. Beliau memperoleh gelar diploma dengan predikat cumlaude pada 1960. Lima tahun berselang tepatnya pada 1965 Habibie menyabet gelar doktor dengan predikat summa cumlaude berkat nilai sempurna. Sebuah pencapaian yang tak semua orang bisa meraihnya.

3 dari 6 halaman

2. Habibie Pernah jadi Wapres perusahaan penerbangan di Jerman.

Kariernya berlanjut setelah menyabet gelar doktor. Habibie mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan penerbangan Messerschmitt-Bolkow-Blohm (MBB). Habibie mencapai puncak karier sebagai seorang wakil presiden bidang teknologi di perusahaan tersebut. 

Pada tahun 1973, ia kembali ke Indonesia atas permintaan mantan presiden Suharto. Habibie kemudian menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi sejak tahun 1978 sampai Maret 1998. 

4 dari 6 halaman

3. Habibie membuat pesawat yang melebihi 20 kali kecepatan suara

Segudang penghargaan juga pernah diraih Habibie di bidang kedirgantaraan. Habibie menerima Award von Karman pada tahun 1992. Penghargaan tersebut setara dengan hadiah Nobel.

Tak hanya dari luar negeri, penghargaan juga datang dari dalam negeri salah satunya diberikan oleh ITB. Kampus tempat beliau menimba ilmu tersebut memberi penghargaan tertinggi yaitu Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana. Pemerintah Jerman juga tak ketinggalan memberi apresiasi berupa dua penghargaan yakni Das Grosse Verdientkreuz dan Das Grosse Verdenstkreuz Mit Stern und Schulterband.

 

5 dari 6 halaman

4. Ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT. IPTN, produksi pesawat milik bangsa

Kecerdasan dan prestasi Habibie yang gemilang ini rupanya didengar oleh Soeharto, presiden yang menjabat kala itu. Soeharto meminta Habibie untuk kembali ke Indonesia. Kembali ke Indonesia tak membuat Habibie meninggalkan dunia penerbangan.

Pada 1976 ketika PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio pertama kali berdiri, Habibie langsung menempati posisi penting sebagai Presiden Direkt

Selama berada di perusahaan itu, Habibie berhasil menciptakan pesawat pertama buatan Indonesia yang dinamai N250 Gatot Kaca. Tahun 2017 silam, Habibie bahkan kembali melanjutkan proyek pesawat terbang dengan nama seri R80.

6 dari 6 halaman

5. Menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi hingga jadi Presiden RI menggantikan Soeharto

Prestasinya selama di Indonesia tidak hanya berkutat di dunia penerbangan. Habibie masuk dunia politik dengan menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi periode 1978 hingga 1998. Pada Maret 1998 beliau menempati posisi sebagai Wakil Presiden RI ke-7 mendampingi Soeharto.

Jabatannya sebagai Wakil Presiden ternyata hanya berumur singkat. Mundurnya Soeharto dari jabatan presiden akibat Tragedi Mei 1998 membuat posisi Habibie naik dari Wakil Presiden menjadi Presiden pada 21 Mei 1998.

Namun, sayangnya hanya sampai 20 Oktober 1999. Meski hanya menjabat selama satu tahun lima bulan, kiprahnya sebagai seorang kepala negara tak boleh dipandang sebelah mata.

Kiprah B.J. Habibie di dalam maupun luar negeri sudah sepatutnya mendapat apresiasi. Kita sebagai generasi penerus dapat meneladani apa yang telah dicapai oleh beliau. Semoga pencapaian Habibie dapat menjadi penyemangat untuk meraih prestasi gemilang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.