Sukses

4 Lokasi Makam Presiden Indonesia yang Telah Tiada, BJ Habibie di TMP Kalibata

Liputan6.com, Jakarta Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sejak 1 September 2019. Kabar BJ Habibie meninggal tak hanya menorehkan duka bagi Tanah Air, Bangsa Indonesia telah ditinggal oleh salah satu orang tercerdas yang lahir dari negeri ini. 

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019). Rencananya, BJ Habibie akan dimakamkan pada pukul 13.30 WIB. Prosesi upacara pemakaman sendiri akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Habibie akan dimakamkan disamping makam istrinya di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Pemakaman Habibie ini cukup berbeda dengan mantan Presiden Indonesia terdahulunya. Sebelum Habibie, tiga presiden Indonesia yang lebih dahulu berpulang, dimakamkan di pemakaman yang berbeda-beda.

Habibie menjadi satu-satunya Presiden Indonesia yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Berikut Liputan6.com rangkum 4 Presiden Indonesia yang tutup usia dimakamkan di tempat berbeda dan BJ Habibie di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019).

2 dari 5 halaman

BJ Habibie Dimakamkan di TMP Kalibata

Sebagai salah seorang tokoh politik dan Presiden Indonesia ke-3, BJ Habibie memang mempunyai hak untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Namun, hal itu bukan menjadi alasan utamanya, karena sebelum itu ibu Ainun juga sudah dimakamkan di TMP Kalibata.

Sebelum ibu Ainun dimakamkan di TMP Kalibata, BJ Habibie meminta sebuah syarat untuk mencari salah satu kapling kosong untuk dirinya kelak meninggal agar bisa dimakamkan di samping istrinya.

Oleh karena itu Habibie berwasiat untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Habibiepun menjadi Presiden RI Pertama yang di makamkan di TMP Kalibata. BJ Habibie rencananya akan dimakamkan pada Kamis 12 September 2019

3 dari 5 halaman

Ir. Soekarno Dimakamkan di Blitar.

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang tutup usia pada 21 Juni 1970 dikebumikan di Blitar, Jawa Timur. Makam Soekarno berada berdampingan dengan makam kedua orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei. Hingga saat ini makam Soekarno selalu banyak dikunjungi peziarah.

4 dari 5 halaman

Soeharto Dimakamkan di Astana Giribangun, Karanganyar.

Presiden ke-2 Soeharto tutup usia pada 27 Januari 2008. Soeharto dimakamkan di kompleks pemakaman Astana Giribangun di Karanganyar, Jawa Tengah. Kompleks makam ini terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 660 meter. Di pemakaman ini juga, dikuburkan Istri Soeharto, Siti Hartinah atau biasa dipanggil Ibu Tien Soeharto.

5 dari 5 halaman

Gus Dur Dimakamkan di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tutup usia pada 30 Desember 2009. Gus Dur dimakamkan di pemakaman keluarga besarnya di Jombang, Jawa Timur. Gus Dur juga dimakamkan satu area dengan makam ayahnya KH. Wahid Hasyim dan kakeknya KH. Hasyim Asyari yaitu di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kilas Balik Cinta Habibie Ainun, dari Pertemuan saat Remaja Hingga Makam Berdampingan