Sukses

10 Gejala Awal Lupus yang Jarang Disadari, Ketahui Sejak Dini

Ada beberapa gejala awal Lupus yang masih jarang disadari.

Liputan6.com, Jakarta Lupus adalah penyakit autoimun jangka panjang di mana sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif dan menyerang jaringan normal dan sehat. Karena lupus dapat mempengaruhi begitu banyak organ yang berbeda, berbagai tanda dan gejala dapat terjadi.

Menurut The Lupus Foundation of America, Lupus menyerang sebagian besar wanita usia subur. Selena Gomez, Lady Gaga, dan terakhir Kim Kardashian didiagnosa gangguan autoimun satu ini. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan pria, anak-anak, dan remaja bisa menderita lupus.

Lupus bisa menyebabkan pembengkakan atau peradangan dan berbagai gejala. Lupus mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Beberapa orang hanya memiliki beberapa gejala ringan dan yang lain memiliki banyak gejala yang lebih parah. Gejala awal lupus yang menyerupai kondisi kesehatan lainnya membuat tanda lupus kerap diabaikan.

Gejala-gejala ini dapat datang dan pergi, dan gejala yang berbeda dapat muncul pada waktu yang berbeda. Banyak dari gejala ini terjadi pada penyakit lain. Orang kadang menyebut lupus sebagai "penyakit 1.000 wajah" karena gejalanya sering seperti gejala rheumatoid arthritis, kelainan darah, fibromyalgia, diabetes, masalah tiroid, penyakit Lyme, dan sejumlah penyakit jantung, paru-paru, otot, dan tulang.

Anda memainkan peran penting dalam membantu dokter mengenali penyakit. Dengan memahami apa yang terjadi pada tubuh, gejala awal lupus dapat dikenali dan dapat ditangani sedini mungkin. Berikut gejala awal lupus yang menyerupai penyakit lainnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (12/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kelelahan dan Demam

Kelelahan

Sekitar 90 persen penderita lupus mengalami beberapa tingkat kelelahan. Tidur siang di sore hari bisa membantu sebagian orang, tetapi tidur terlalu banyak di siang hari dapat menyebabkan insomnia di malam hari. Segera konsultasikan ke dokter jika mengalami kelelahan yang melemahkan. Beberapa penyebab kelelahan bisa diobati.

Demam

Salah satu gejala awal lupus adalah demam ringan tanpa alasan yang jelas. Demam mungkin berkisar antara 36.9ËšC dan 38.3ËšC, Anda mungkin tidak berpikir untuk pergi ke dokter. Penderita lupus mungkin mengalami demam jenis ini berulang-ulang. Demam ringan dapat menjadi gejala peradangan, infeksi, atau gejala lanjutan.

3 dari 6 halaman

Rambut Rontok dan Ruam Kulit

Rambut rontok

Rambut yang menipis sering merupakan salah satu gejala pertama lupus. Rambut rontok adalah hasil dari peradangan pada kulit dan kulit kepala. Beberapa orang juga memiliki penipisan janggut, alis, bulu mata, dan rambut tubuh lainnya. Lupus dapat menyebabkan rambut terasa rapuh, mudah patah, dan terlihat agak acak-acakan, sehingga kerap disebut "rambut lupus."

Ruam atau lesi kulit

Salah satu gejala lupus yang paling terlihat adalah ruam berbentuk kupu-kupu yang muncul di pangkal hidung dan di kedua pipi. Sekitar 50 persen penderita lupus mengalami ruam ini. Ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau muncul setelah terpapar sinar matahari. Terkadang ruam muncul sesaat sebelum kambuh.

Lupus juga dapat menyebabkan lesi tidak gatal di area lain dari tubuh. Jarang, lupus dapat menyebabkan gatal-gatal. Banyak orang dengan lupus sensitif terhadap matahari, atau bahkan terhadap pencahayaan buatan. Beberapa mengalami perubahan warna pada jari tangan dan kaki.

4 dari 6 halaman

Nyeri Sendi dan Masalah Pencernaan

Nyeri sendi dan bengkak

Peradangan dapat menyebabkan rasa sakit, kaku, dan bengkak pada sendi, terutama di pagi hari. Pada awalnya gejala ini berupa gejala ringan dan secara bertahap menjadi lebih berat. Seperti gejala lupus lainnya, masalah persendian bisa datang dan pergi.

Masalah pencernaan

Beberapa orang dengan lupus kadang-kadang mengalami mulas, refluks asam, atau masalah pencernaan lainnya. Gejala ringan dapat diobati dengan antasid OTC. cobalah mengurangi ukuran makanan dan hindari minuman yang mengandung kafein. Juga, jangan berbaring tepat setelah makan.

5 dari 6 halaman

Masalah Tiroid dan Mulut Kering

Masalah tiroid

Tiroid membantu mengendalikan metabolisme tubuh. Tiroid berfungsi buruk dapat memengaruhi organ-organ vital seperti otak, jantung, ginjal, dan hati. Ketika tiroid kurang aktif, kondisi ini dikenal sebagai hipotiroidisme. Gangguan tiroid relatif jarang dialami bagi penderita lupus.

Mulut dan mata kering

Jika Anda menderita lupus, Anda mungkin mengalami mulut kering. Mata Anda mungkin terasa berpasir dan kering juga. Ini karena beberapa orang dengan lupus mengembangkan penyakit Sjogren, kelainan autoimun lainnya.

Sjogren menyebabkan kelenjar yang bertanggung jawab atas tidak berfungsinya air mata dan air liur dan limfosit dapat menumpuk di kelenjar. Dalam beberapa kasus, wanita dengan lupus dan Sjogren mungkin juga mengalami kekeringan pada vagina dan kulit.

6 dari 6 halaman

Masalah Paru-paru dan Peradangan Ginjal

Peradangan sistem paru

Peradangan sistem paru adalah gejala lain yang mungkin dari lupus. Paru-paru menjadi meradang, dan pembengkakan dapat meluas ke pembuluh darah paru-paru hingga diafragma. Semua kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dada ketika bernapas. Kondisi ini sering disebut sebagai nyeri dada pleuritik.

Seiring waktu, masalah pernapasan dari lupus dapat mengecilkan ukuran paru-paru. Menurut Lupus Foundation of America, otot diafragma akan sangat lemah sehingga tampak bergerak naik dalam gambar CT scan.

Peradangan ginjal

Orang dengan lupus dapat mengembangkan peradangan ginjal yang disebut nephritis. Peradangan mempersulit ginjal untuk menyaring racun dan limbah dari darah. Menurut Lupus Foundation of America, nefritis biasanya dimulai dalam lima tahun sejak awal lupus. Gejalanya meliputi bengkak di kaki bagian bawah, tekanan darah tinggi, urin gelap atau berdarah, sering buang air kecil saat malam, dan sakit di bagian ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini