Sukses

Ikuti Cara YouTuber Memasak, Remaja Ini Alami Hal Mengerikan

Masak popcorn menggunakan kaleng yang berakhir mengenaskan.

Liputan6.com, Jakarta YouTube sekarang memang menjadi sebuah media sosial yang sangat digandrungi. Sebuah media sosial yang memiliki banyak sekali konten video dari berbagai macam kreator serta banyak sekali ilmu yang dapat kita ambil dari media sosial tersebut. Banyak sekali konten kreator YouTube yang membuat konten-konten berharga, baik itu modifikasi mobil, cara membuat alat, hingga memasak dengan alat sederhana.

Namun menelan mentah-mentah apa yang ditonton melalui YouTube adalah hal yang sangat berbahaya. Apalagi yang mempraktikkannya masih anak-anak tanpa sepengetahuan orang tua. Hal seperti ini dapat mengakibatkan sebuah cedera bahkan kematian.

Seperti halnya yang dialami oleh kedua gadis asal Tiongkok yang mengalami cedera dan bahkan kematian. Melansir dari Sin Chew Daily, pada 22 Agustus 2019, kedua gadis asal Tiongkok yang bernama Zhe Zhe (14) dan Xiao Yu (13) memasak popcorn dengan alat sederhana seperti dari kaleng minuman dan api dari alkohol.

Saat mempraktikkannya pun terjadi sebuah kecelakaan, ketika terjadi ledakan pada kompor kecil yang menggunakan alkohol. Hal ini pun membuat keduanya cedera serius. Banyak orang yang mulai menyalahkan salah satu YouTuber bernama Kantor Ono Ms Yeah Official Channel yang dianggap memberikan demonstrasi yang buruk. Berikut ulasannya yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Jumat (13/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menderita 96% luka bakar yang mengakibatkan kematian

Mungkin sebagai anak yang penasaran, Zhe Zhe dan Xiao Yu ingin membuat popcorn dengan alat yang sederhana. Setelah memutuskan untuk mencoba sendiri dan membuat kaleng soda sebagai kompor dan tempat memasak jagung. Namun rasa penasaran tersebut harus dibayar mahal dengan cedera yang harus mereka alami, bahkan salah satu dari mereka meninggal dunia.

Setelah kompor kaleng yang diisi dengan alkohol meledak, api yang membesar ternyata membakar keduanya. Xiao Yu memiliki luka bakar parah dan dibawa k erumah sakit, sampai saat ini pun keadaannya masih dipantau. Untuk Zhe Zhe menderita 96% luka bakar di tubuhnya yang mengakibatkan ia meninggal dunia.

Setelah insiden ini banyak dari netizen Tiongkok yang menyalahkan seorang YouTuber yang memiliki chanel YouTuber bernama Kantor Ono Ms Yeah Official. Sebuah channel YouTuber yang memberikan konten memasak dengan alat-alat buatan sendiri yang dilakukan di kantor.

 

3 dari 3 halaman

Reaksi dari YouTuber Kantor Ono Ms Yeah Official

Melihat reaksi netizen yang menyalahkan YouTuber tersebut, pemilik chanel tersebut pun bereaksi dan memberikan sebuah klarifikasi. Pada 10 September 2019, ia merilis sebuah pesan di media sosial Weibo yang turut prihatin atas insiden tersebut.

"Saya telah berdoa berkali-kali agar keajaiban terjadi pada Zhe Zhe, tetapi Tuhan tidak menunjukkan belas kasihan. Hati saya sedih." ungkapnya

Ia pun juga mengatakan bahwa yang membuat konten tentang memasak menggunakan kaleng dan api dari alkohol bukan hanya miliknya saja. Ia pun juga mengklaim bahwa api yang ia gunakan lebih aman. Selain itu ia yakin bahwa kedua gadis yang mempraktekan membuat popcorn tersebut tidak merujuk kepada video miliknya, namun mengikuti video milik orang lain.

Dalam keterangan di media sosial Weibonya, pemilik channel YouTube Kantor Ono Ms Yeah Official menjelaskan bahwa ia telah memberikan sebuah peringatan pada awal video. Sementara itu ia pun akan berhenti membuat videonya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini