Sukses

7 Potret Penampakan Isi Rumah BJ Habibie, Penuh Filosofi Kebudayaan

Liputan6.com, Jakarta 11 September 2019 menjadi momen duka bagi seluruh masyarakat Indonesia. Presiden Republik Indonesia ke-3 BJ Habibie mengembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Subroto karena penyakit gagal jantung.

Kepergian BJ Habibie untuk selamanya tentu menyisakan duka yang mendalam. Apalagi film berjudul Ainun belum tayang di layar bioskop. Film yang digarap Hanung Bramantyo ini merupakan film yang diangkat dari kisah nyata istri BJ Habibie, Hasri Ainun Besari.

Dalam proses penggarapan film Ainun, Hanung Bramantyo mengambil setting di rumah BJ Habibie. Seperti diketahui, rumah BJ Habibie berada di kawasan Patra, Kuningan XIII. Melalui unggahan YouTube The Bramantyos, istri Hanung, Zaskia Adya Mecca mengulik isi rumah dari BJ Habibie,

Video berjudul 'KAPAN LAGI LIAT RUMAH EYANG HABIBIE!!!' diunggah The Bramantyos pada 28 Juni 2019. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 2 juta viewers. Di video tersebut diketahui bahwa rumah BJ Habibie sangat megah yang terdiri dari 4 kavling. 

Ketika masuk ke dalam rumah, banyak sekali ruangan yang dihias dengan nuansa kebudayaan. Barang-barang kepemilikan BJ Habibie sangat penuh filosofi. Bahkan menurut Zaskia, kalau sedang ada Habibie, maka akan sangat lama beliau menjelaskan makna filosofinya. Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube The Bramantyos, potret isi rumah BJ Habibie, Jumat (13/9/2019).

2 dari 8 halaman

1. Ketika masuk dari pintu depan, kamu akan menemui lantai yang terdapat semacam lingkaran berwarna biru. Menurut Zaskia, BJ Habibie bisa membutuhkan berjam-jam menjelaskan filosofi lingkaran tersebut.

3 dari 8 halaman

2. Rumah BJ Habibie memiliki halaman utama yang di samping kanan kirinya terdapat kolam ikan hias.

4 dari 8 halaman

3. Ini merupakan ruangan untuk menjamu tamu-tamu BJ Habibie.

5 dari 8 halaman

4. Di dalam rumah terdapat rumah lagi. Ya, ada ruangan khusus untuk Habibie bersama dengan keluarganya.

6 dari 8 halaman

5. Ini dia perpustakaan BJ Habibie, penuh dengan buku yang tertata rapi.

7 dari 8 halaman

6. Rumah BJ Habibie memiliki basement layaknya mall. Banyak mobil klasik, sepeda motor dan sepeda onthel yang terparkir di basement.

8 dari 8 halaman

7. Di taman rumah, Habibie meletakkan beberapa patung untuk menambah estetika. Beberapa patung tersebut antara lain patung The Thinker, Ganesha dan banyak patung lainnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Momen Pemain Film Habibie dan Ainun 3 Ziarah ke Makam BJ Habibie