Sukses

7 Potret Kenangan BJ Habibie dan Selebriti Tanah Air, Sosok Teladan

Sederet selebriti mengunggah momen kenangan mereka dengan BJ Habibie.

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie tutup usia pada Rabu (11/9/2019). BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada pukul 18.05 WIB.

Kepergiannya tentu saja menyisakan duka yang mendalam bagi rakyat Indonesia. Pasalnya, BJ Habibie merupakan tokoh besar Indonesia yang mengharumkan nama bangsa dengan segudang pencapaiannya untuk Tanah Air.

Sepeninggalan BJ Habibie, seluruh masyarakat sontak larut dalam kesedihan. Berita imbauan mengibarkan bendera setengah tiang pun menggaung di nusantara. Selain itu, para selebriti Tanah Air juga menengok kembali kenangan khusus dengan mantan orang nomor 1 di Indonesia itu.

Lewat akun Instagram, sederet selebriti Tanah Air mengungkapkan belasungkawa mereka. Mereka mengunggah foto-foto yang sempat diabadikan dalam jepretan kamera semasa sang mantan presiden masih hidup.

Selengkapnya, berikut Liputan6.com rangkum 7 potret kenangan BJ Habibie bersama selebriti Tanah Air, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (13/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kenangan Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca bersama BJ Habibie sewaktu menggarap film Habibie & Ainun.

3 dari 8 halaman

2. Morgan Oey tampak akrab berfoto dengan BJ Habibie usai menonton film Jilbab Traveler.

4 dari 8 halaman

3. BJ Habibie berfoto diapit oleh Raffi Ahmad, Nagita Slavina beserta Rafatar.

5 dari 8 halaman

4. Vidi Aldiano mengutarakan rasa terima kasihnya terhadap ilmu yang diberikan BJ Habibie kepada keluarganya.

6 dari 8 halaman

5. Najwa Shihab mengunggah foto dan caption panjang mengikhlaskan kepergian BJ Habibie.

View this post on Instagram

Setiap kali ditanya siapa tokoh favorit yang pernah diwawancara, jawaban saya tidak pernah berubah. Bacharudin Jusuf Habibie. Dan saya beruntung dapat banyak sekali kesempatan berbincang dengan Eyang Habibie. Soal cinta, demokrasi, tekhnologi, Indonesia yang berdikari dan harapannya untuk anak-anak muda negeri. Jika dihitung-hitung, tidak kurang dari 10 episode Mata Najwa dan Catatan Najwa yang menghadirkan #EyangHabibie. Setiap interaksi itu selalu berarti. Kedekatan Eyang Habibie dengan Abi Quraish juga membuat hubungan kami rasanya bukan sekadar seorang wartawan dan narasumbernya tapi lebih dari itu. Rabu jam 10 pagi saya dan abi Quraish menjenguk Eyang Habibie di RSPAD Gatot Subroto. Kondisinya sempat membaik saat itu, seperti penjelasan Dokter Vireza Pratama, spesialis jantung yang menemani kami di ruang CICU. Saya menyaksikan ketika #AbiQuraish memegang tangan dan berbisik ke telinga Eyang Habibie, “Berkah ilmu Pak Habibie yang akan melapangkan jalan Bapak nanti..” Eyang memang sudah tidak bisa menjawab tapi matanya masih bergerak-gerak tanda mengerti, dan tidak lama kemudian Eyang menangis. Amblas rasanya hati saya. Jam 18.06 pesan singkat itu masuk. “Innalillahi wa inna ilahi rojiun. Telah wafat Bapak BJ Habibie”. Saya yang saat itu sedang berada di Studio TRANS7 untuk persiapan LIVE mata Najwa episode KPK, langsung menghubungi Dokter Vireza untuk mengonfirmasi info itu. Dan benar, tepat jam 18.03 Eyang Habibie berpulang, “Saya sendiri yang tadi memeriksa kondisi dan mengumumkan jam wafatnya ini Mbak Nana” kata Dokter Vireza. Habibie adalah cinta. Ia pencinta yang penuh seluruh. Cintanya pada Ainun selalu sungguh, cintanya pada Indonesia tak pernah luruh. Cinta pulalah yang membuat saya memilih foto-foto ini untuk mengenang Eyang Habibie. Saat ia sedang tertawa dengan mata jenakanya yang khas. Saat ia dengan ringannya berkata di Mata Najwa, “Saya tidak lagi takut mati karena andaikan sampai waktunya nanti, Saya tahu yang akan menemui Saya pertama adalah Ainun”. Untuk Bacharudin Jusuf Habibie tercinta, selamat terbang menuju keabadian. #catatannajwa #eyanghabibie #matanajwacintahabibie #matanajwa #narasitv

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on

7 dari 8 halaman

6. Suami Maia Estianty, Irwan Mussry juga mengunggah foto kenangan dengan mendiang Presiden RI ke-3.

8 dari 8 halaman

7. Happy Salma lewat akun Instagram-nya mengenang momen di balik layar saat syuting film Habibie & Ainun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini