Sukses

6 Tower Bentuk Makanan Paling Unik di Dunia, Bikin Lapar

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan kata tower. Di Indonesia sendiri sangat mudah menemui bangunan yang satu ini. Tower adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang. 

Tak hanya Indonesia saja, ternyata keberadaan tower ini sudah tersebar di beberapa negara. Di setiap negara, tower ini memiliki banyak fungsi dan ciri khas, sesuai kebutuhan. Umumnya, tower berfungsi untuk menempatkan tandon air, antena, sampai dengan radio pemancar maupun penerima gelombang telekomunikasi dan informasi.

Ternyata bentuk tower tidak hanya monoton itu-itu saja. Kini berbagai bentuk tower unik sudah tersebar di berbagai negara. Saking uniknya ada sebagaian orang yang mendesain tower mereka dengan bentuk makanan yang bikin gagal fokus. Selain itu, tidak sedikit turis dan warga lokal yang kerap mengabadikan foto tower ini karena saking uniknya.

Berikut 6 tower berbentuk makanan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/9/2019).

2 dari 7 halaman

1. Tower Air Publix, Florida

Kota Lakeland di Florida memang dikenal sebagai produsen utama kue ulang tahun. Menara air Publix ini dibangun pada tahun 1982 dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50 supermarket bernama ‘Publix’. Tower air ini bisa menampung air hingga kapasitas 250.000 galon.

Bentuknya yang unik selalu berhasil membuat orang yang melihatnya jadi lapar. Selain bentuknya yang unik, lilin yang berada di atas tower tersebut akan menyala dengan sendirinya di malam hari. Beberapa lilin bahkan memiliki fungsi ganda sebagai antena radio.

3 dari 7 halaman

2. Tower Air Peachoid, California Selatan

Berbentuk buah peach, menara air Peachoid salah satu desain tower yang mengagumkan. Menara air ini memiliki kapasitas 1 juta galon.

Seorang seniman asal New Jersey, Peter Freudenberg, mengecat menara air ini selama berjam-jam dan membutuhkan lima puluh galon cat pada dua puluh warna. Tower ini terlihat segar dan membuat siapa saja gagal fokus karena si buah peach.

4 dari 7 halaman

3. Tower Air Libby, California

Sepertinya California adalah daearah yang dipenuhin dengan tower-tower berbentuk unik. Salah satunya, tower berbentuk koktail kemasan yang berlokasi di Silicon Valley.

Tower ini dianggap sebagai warisan dari Komisi Peninggalan Pelestarian Sunnyvale pada tahun 1987. Begitu sangat istimewa, menara ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan masih terawat. Menara air ini telah dicat menyerupai kaleng koktail buah Libby.

5 dari 7 halaman

4. Tower Air Jackson, Ohio

Sebagai kota yang penuh dengan menara air, Ohio juga mempunyai tower unik tak kalah dari California. Terletak di kaki bukit Appalachian, tower menyerupai apel ini berada sekitar satu jam tenggara dari tower di Circleville.

Biasanya penduduk sekitar merayakan festival yakni Apple Festival Jackson County. Bisa ditebak bahwa fungsi tower ini adalah sebagai sumber pengairan untuk ladang-ladang apel yang ada di kaki bukit Appalachian.

6 dari 7 halaman

5. Ear of Corn Water Tower, Minnesota

Ear of Corn Water Tower, Minnesota dibangun bukan tanpa alasan. Tower unik berbentuk jagung ini adalah simbol penghargaan pertanian jagung terbesar di Amerika Serikat, tower ini juga menjadi lambang kekuatan masyarakat di bidang tani.

7 dari 7 halaman

6. Tower Air Semangka, Luling Texas

Buah semangka raksasa ini menghiasi pemandangan pedesaan Luling. Menara ini didirikan pada tahun 1962. Menara air dicat dengan warna hijau dengan garis-garis 154 kaki di atas kota. Setiap musim panas tower ini sering membuat orang lapar dan rasanya ingin langsung memakan buah segar yang satu ini.