Sukses

5 Tips Mengatasi Insomnia saat Hamil yang Mudah Dilakukan

Tips mengatasi insomnia saat hamil sebenarnya tidak begitu sulit dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Saat hamil, wanita sering merasakan tubuh yang menjadi cepat lelah. Namun, pada faktnya sebagian ibu hamil malah ada yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur walaupun sudah berupaya untuk tidur dengan nyenyak. 

Padahal kebutuhan untuk bisa istirahat cukup dan tidur nyenyak sangatlah penting bagi ibu hamil. Biasanya keluhan insomnia atau sulit tidur ini sering dialami ibu hamil pada trimester ke-3 kehamilan.

Penyebab ibu hamil mengalami insomnia ini ternyata terkait dengan metabolisme bayi dalam kandungan. Bayi hidup dalam kandungan selama 24 jam nonstop, dan begitu juga dengan metabolisme bayi. Proses metabolisme bayi tetap berlangsung meski ibu sedang tidur.

Tips mengatasi insomnia saat hamil sebenarnya tidak begitu sulit dilakukan. Ibu hamil cukup melakukan beberapa kegiatan ringan sebelum tidur dan secara rutin agar bisa segera beristirahat. Oleh karena itu, saat hamil, wanita wajib mengatur segala kegiatannya untuk menjaga kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/9/2019) tentang tips mengatasi insomnia saat hamil

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mandi Air Hangat

Tips mengatasi insomnia saat hamil yang pertama adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat dan minum susu sebelum beranjak tidur bagus dilakukan untuk mengatasi insomnia. Tubuh yang lebih rileks akan membantu ibu bisa tidur lebih nyenyak.

Sebaiknya hindari konsumsi obat tidur sebab beberapa obat tidur akan melewati plasenta dan memengaruhi bayi.

3 dari 6 halaman

Melakukan Relaksasi

Sebuah penelitian tahun 2015 dalam jurnal Obstetric Medicine menyebutkan bahwa meditasi bisa membantu mengatasi insomnia pada ibu hamil. Latihan relaksasi bisa bantu menenangkan pikiran.

Meditasi diyakini sebagai salah satu cara ampuh untuk mengatasi insomnia. Yoga juga bisa dilakukan untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks agar bisa tidur dengan lebih nyenyak.

4 dari 6 halaman

Bangun dari Tempat Tidur

Tips mengatasi insomnia saat hamil selanjutnya adalah kembali bangun dari tempat tidur. Tenangkan dirimu untuk sejenak hingga merasakan kantuk lagi.

Saat merasa cemas karena tidak kunjung bisa terlelap memejamkan mata, cobalah untuk bangun dari tempat tidur dan melakukan sesuatu yang bisa menenangkan pikiran.

Lakukan sesuatu selama 20 menit, lalu coba kembali ke tempat tidur. Saat pikiran sudah lebih rileks, biasanya seseorang akan lebih mudah tertidur.

5 dari 6 halaman

Lakukan Olahraga sekitar 30 Menit Setiap Hari

Tips mengatasi insomnia saat hamil selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga ringan sekitar 30 menit per hari. Lakukanlah olahraga ringan ini pada 4-6 jam sebelum kamu tidur agar insomnia tidak menyerang. Olahraga ringan seperti jalan kaki dan yoga pada atau sore hari bisa bantu ibu hamil mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas pada malam hari.

6 dari 6 halaman

Kondisikan kamar tidur

Selain itu, mengondisikan kamar tidur senyaman mungkin juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia saat hamil. Matikan ponsel, tablet, laptop, dan cabut kabel TV.

Sebelum berbaring di tempat tidur, pastikan suhu kamar sudah sesuai dan nyaman untuk tidur. Mematikan lampu juga bisa membuat kamu jadi lebih cepat tertidur. Dengan begitu insomnia saat hamil yang kamu alami bisa teratasi.

Bila kondisi insomnia sering terjadi dan membuat tubuh kamu menjadi sangat tidak nyaman, kamu bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Jaga pola makan dan penuhi kebutuhan istirahat dengan baik agar kehamilan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.