Sukses

7 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Anak, Sumber Berbagai Nutrisi

Manfaat buncis untuk kesehatan anak berkaitan dengan kandungan nutrisinya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buncis sebagai salah satu sayuran tidak perlu dipertanyakan lagi. Sayuran yang murah dan mudah ditemukan ini memiliki berbagai kandungan gizi yang baik. Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. 

Dikenal sebagai sayuran yang bentuknya menyerupai kacang panjang, buncis merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimanfaatkan bagian buah, biji dan daunnya sebagai santapan. Tidak hanya dapat disantap oleh orang dewasa, buncis juga dapat menjadi menu makan anak sehari-hari.

Manfaat buncis untuk kesehatan anak berkaitan dengan kandungan nutrisinya. Buncis sangat baik untuk diberikan pada anak yang usianya sudah menginjak 1 tahun. Dengan berbagai nutrisi yang dikandungnya, kamu bisa menyajkan buncis sebagai teman makan untuk anak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/9/2019) tentang manfaat buncis untuk kesehatan anak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sumber Protein dan Folat

- Sumber protein

Manfaat buncis untuk kesehatan anak yang pertama adalah sebagai sumber protein. Buncis adalah salah satu sumber protein tertinggi di antara sayuran lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, buncis harus dikonsumsi dalam kondisi kering.

- Sumber folat

Folat atau asam folat termasuk dalam golongan vitamin B. Vitamin ini berperan dalam produksi sel darah merah, yang nantinya turut meningkatkan penyerapan gizi ke seluruh organ tubuh anak. Di samping itu, folat juga berguna dalam memperkuat sel otak, yang otomatis meningkatkan fungsi kerja otak. Jadi asam folat yang dikandung oleh buncis sangat baik untuk kesehatan anak.

3 dari 4 halaman

Sumber Antioksidan dan Serat

- Sumber antioksidan

Manfaat buncis untuk kesehatan anak selanjutnya adalah sebagai sumber antioksidan. Buncis mengandung flavonoid, alkaloid, katekin, dan antosianin. Semua senyawa ini bertindak sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang diproduksi di dalam tubuh. Dengan ini, risiko kerusakan sel dan DNA akibat radikal bebas menjadi semakin kecil atau bahkan hilang sama sekali.

- Sumber serat

Buncis juga merupakan sumber serat yang juga dibutuhkan tubuh dalam menjaga kesehatan. Serat pada buncis sangat berguna dalam menjaga kesehatan usus. Dengan kesehatan usus yang terjaga, anak akan mengalami peningkatan nafsu makan, terhindar dari gangguan buang air besar, dan membuatnya jauh dari penyakit.

4 dari 4 halaman

Sumber Vitamin A, Vitamin C, dan Mineral

- Sumber vitamin A

Selanjutnya, manfaat buncis untuk kesehatan anak lainnya adalah sumber vitamin A. Vitamin A yang tinggi pada buncis dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan anak. Menyajikan buncis dalam makanan sehari-hari anak tentunya akan sangat baik untuk kesehatannya.

- Sumber vitamin C

Selain itu, buncis juga dapat menjadi sumber vitamin C untuk anak. Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin C sehari-hari, anak tidak akan mudah terserang asma, flu, batuk, dan penyakit infeksi lainnya.

- Sumber mineral

Manfaat buncis untuk kesehatan anak yang terakhir adalah sebagai sumber mineral. Sebagai sumber mineral yang baik, buncis tentunya akan sangat baik untuk anak-anak yang sedang pertumbuhanya sedang pesat-pesatnya. Senyawa ini sangat penting dalam menunjang pembentukan tulang dan gigi anak, serta berbagai fungsi tubuh lainnya.

Dengan berbagai kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan anak, tidak ada ruginya bila kamu menyajikannya untuk makanan sehari-hari anak. Untuk mendapatkan manfaat nutrisi dalam buncis bagi kesehatan anak, masukkan sayuran ini ke dalam menu hariannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.