Sukses

6 Manfaat Ubi Jalar Ungu untuk Kesehatan, Manis dan Mengenyangkan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ubi jalar ungu tak kalah bernutrisi dari ubi jalar lainnya. Ubi jalar ungu memiliki rasa manis dan gurih kerap digunakan dalam berbagai hidangan. Warna ungunya yang menarik juga menjadi pikihan olahan makanan lezat seperti kue dan camilan.

Manfaat ubi jalar ungu didapat dari nutrisinya yang melimpah. Umbi ini mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang semuanya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat ubi jalar ungu juga bisa digunakan sebagai pengganti sumber karbohidrat sehat Ubi jalar ungu menawarkan serat makanan yang sehat untuk jantung dan tidak mengandung lemak atau kolesterol. Anda bisa mendapatkan manfaat ubi jalar ungu dengan merebus atau menambahkannya pada olahan makanan lain.

Manfaat ubi jalar ungu juga dapat dicerna dengan mudah oleh tubuh. Manfaat ubi jalar ungu bisa meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan. Berikut manfaat ubi jalar ungu yang berhasil Liputan6.com dari Healthline, Sabtu (14/9/2019).

2 dari 7 halaman

Kaya Antioksidan Pencegah Kanker

Ubi ungu kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin dan vitamin C. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Kerusakan radikal bebas terkait dengan banyak kondisi kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan neurodegeneratif.

Ubi ungu adalah sumber vitamin C, yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan hingga 35%, melindungi tubuh dari kerusakan sel oksidatif.

Antosianin dalam ubi ungu juga merupakan jenis antioksidan polifenol. Makan buah-buahan dan sayuran yang kaya polifenol secara teratur telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa jenis kanker. Penelitian yang menjanjikan menunjukkan bahwa dua anthocyanin dalam ubi ungu - cyanidin dan peonidin - dapat mengurangi pertumbuhan beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, paru-paru, dan prostat.

3 dari 7 halaman

Stabilkan Gula Darah

Flavonoid dalam ubi ungu telah terbukti membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obesitas dan peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif meningkatkan risiko resistensi insulin, kontrol gula darah yang buruk, dan diabetes tipe 2.

Satu studi tabung mengamati bahwa ekstrak ubi ungu yang kaya flavonoid mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati. Penelitian lain melaporkan bahwa suplemen ubi ungu mengurangi tingkat penyerapan gula darah pada tikus dengan kadar tinggi, menghasilkan peningkatan kontrol gula darah.

Ini mungkin sebagian disebabkan oleh indeks glikemik rendah ubi jalar ungu. Ubi ungu memiliki indeks glikemik 24, artinya karbohidrat dipecah menjadi gula secara perlahan, menghasilkan pelepasan energi yang stabil alih-alih lonjakan gula darah.

4 dari 7 halaman

Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Ubi ungu memiliki efek menurunkan tekanan darah. Para peneliti percaya ini kemungkinan karena kandungan antioksidannya yang melimpah.

Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa ubi ungu mengandung antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara yang mirip dengan obat penurun tekanan darah umum yang disebut inhibitor enzim pengonversi angiotensin.

Penelitian tabung reaksi lain menunjukkan bahwa antioksidan dalam ubi ungu dapat mencegah konversi angiotensin 1 menjadi angiotensin 2, suatu senyawa yang bertanggung jawab atas peningkatan tekanan darah.

5 dari 7 halaman

Meningkatkan Gejala Asma

Penelitian menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tinggi seperti vitamin A dan C dikaitkan dengan penurunan risiko asma. Satu ulasan dari 40 studi menemukan bahwa kejadian asma pada orang dewasa dikaitkan dengan asupan vitamin A yang rendah.

Faktanya, mereka yang menderita asma hanya memenuhi sekitar 50% dari asupan vitamin A yang direkomendasikan setiap hari, rata-rata.

Selain itu, kejadian asma meningkat 12% pada mereka yang memiliki asupan vitamin C diet rendah. Ubi ungu adalah sumber antioksidan dan vitamin A dan C yang baik, membantu tubuh mencapai tingkat asupan harian untuk vitamin ini.

6 dari 7 halaman

Tingkatkan Kesehatan Usus

Ubi ungu penuh karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang baik, sejenis karbohidrat yang tahan terhadap pencernaan. Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa pati resisten dari ubi ungu meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan, dalam simulasi lingkungan usus besar.

Bakteri ini memainkan peran penting dalam kesehatan usus, membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Mereka bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan vitamin B.

7 dari 7 halaman

Tingkatkan Fungsi Penglihatan

Ubi jalar ungu adalah sumber vitamin A yang sangat baik. Ubi berukuran sedang menghasilkan 1.643 ekuivalen aktivitas retinol - retinol menjadi bentuk vitamin A yang digunakan dalam mengukur jumlah vitamin. Rekomendasi harian untuk vitamin A adalah 600 hingga 900 mikrogram setara aktivitas retinol.

Vitamin A sudah tak diragukan lagi perannya untuk kesehatan mata. Studi-studi tabung juga menemukan bahwa anthocyanin pada ubi ungu dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan, yang mungkin signifikan bagi kesehatan mata secara keseluruhan.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Konsumsi Ubi Jalar Bersama Kulitnya, Kaya Nutrisi