Sukses

7 Bumbu Dapur Termahal, Ada yang Senilai Rp 84 Juta per Kilogram

Liputan6.com, Jakarta Memasak menjadi pekerjaan setiap hari yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Memasak untuk keluarga tentunya tak lepas dari peran bahan-bahan kebutuhan dapur seperti peralatan masak, bahan makanan serta bumbu dapur.

Bagi seorang ibu, bumbu dapur tentunya sudah tak asing dan pasti dibutuhkan setiap hari agar bisa menghidangkan makanan lezat bagi keluarga. Masakan yang enak sudah pasti adalah hasil dari perpaduan bumbu-bumbu yang pas.

Bumbu dapur atau rempah-rempah biasanya terdiri seperti jahe, kapulaga, kencur, cabai, kayu manis, kemiri dan sebagainya. Peran bumbu dapur selain menambah cita rasa juga menjadi pewarna alami serta memberikan aroma yang menggugah selera.

Namun tahukah kamu kalau ada bumbu dapur yang memiliki harga fantastis? Bahkan ada bahan bumbu dapur yang mencapai nilai ratusan juta per kilogram. Berikut ini 7 bumbu dapur termahal yang ada di dunia dilansir dari Brainberries oleh Liputan6.com, Senin (16/9/2019).

2 dari 8 halaman

1. Asafoetida sering digunakan sebagai pengganti bawang putih yang ternyata dibanderol senilai Rp 1,4 juta per kilogram

3 dari 8 halaman

2. Jika ingin menggunakan pink peppercorn atau merica merah muda, kamu harus merogoh kocek 100 dolar atau sekitar Rp 1,4 juta per kilogram

4 dari 8 halaman

3. Bumbu dapur yang dikenal Pala ini ternyata bisa dijual hingga harga Rp 8,4 juta per kilogram

5 dari 8 halaman

4. Kapulaga yang banyak tumbuh di India dan Sri Lanka ini dijual dengan harga Rp 4,9 juta per kilogramnya lho!

6 dari 8 halaman

5. Vanili dibanderol sekitar Rp 11,2 juta per kilogramnya

7 dari 8 halaman

6. Akar gingseng liar ternyata bernilai 3.836 dolar atau Rp 53 juta per kilogram

8 dari 8 halaman

7. Saffron adalah bumbu dapur termahal sejak Abad Pertengahan yaitu sekitar Rp 84 juta per kilogram yang dijual di Spanyol