Sukses

Mengenang 70 Tahun Chrisye, Ini 6 Karyanya yang Melegenda

Google Doodle tampilkan sosok Chrisye, mengenang sosok legenda yang hari ini berulang tahun.

Liputan6.com, Jakarta Nama Chrisye atau pemilik nama lengkap Chrismansyah Rahadi tentunya sudah tak asing lagi bagi publik khususnya masyarakat Indonesia. Chrisye merupakan salah satu musisi Indonesia bertalenta yang legendaris yang hingga kini karyanya masih banyak diminati.  Sang musikus legendaris ini punya karakter vokal yang khas, tapi terbukti cukup fleksibel di berbagai genre musik. 

Chrismansyah Rahadi lahir dengan nama Christian Rahadi, lahir pada tanggal 16 September 1949 dan meninggal di Jakarta pada 30 Maret 2007 di usianya ke 57 tahun. Ia dilahirkan di Jakarta dari keluarga Tionghoa-Indonesia, Chrisye menjadi tertarik dengan musik saat masih muda. 

Ia mulai terjun ke dunia musik saat masih belajar di SMA, Chrisye main gitar bas dalam sebuah band yang ia bentuk bersama kakaknya, Joris. Bergelut dibidang musik terus ia jalani seiring berjalannya waktu hingga ia dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu terkenal di Indonesia.

Meski awalnya di industri musik sebagai pemain bass, Chrisye juga dikenal sebagai pencipta lagu dan juga penyanyi. Tak sedikit pula lagu-lagu karya Chrisye hingga kini masih sering terdengar dan diminati bahkan oleh anak muda. 

Meski telah meninggal dunia sekitar 12 tahun yang lalu akibat kanker, karya-karya Chrisye terus dikenang hingga kini. Bahkan sosoknya pun muncul sebagai Google Doodle pada hari ini sebagai perinagatan ulang tahunnya. 

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini karya-karya Chrisye dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (16/9/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Badai Pasti Berlalu

Siapa yang tak kenal dengan lagu satu ini. "Badai Pasti Berlalu" merupakan salah satu karya musik dari Chrisye yang dirilis pada tahun 1977. Hingga kini pun lagu ini masih enak didengar dan sering dibawakan oleh beberapa musisi lainnya. 

"Awan hitam di hati yang sedang gelisah

daun-daun berguguran

satu satu jatuh ke pangkuan

kutenggelam sudah ke dalam dekapan

semusim yang lalu sebelum ku mencapai

langkahku yang jauh"

3 dari 7 halaman

2. Lilin-lilin Kecil

Karya lainnya milik Chrisye yang tak kalah populer seperti Badai Pasti Berlalu yaitu lagunya yang berjudul Lilin-lilin Kecil. Lagu yang dirilis juga pda tahun 1977 ini punya alunan musik dan melodi yang enak dan mudah dinyanyikan. 

"Dan kau lilin-lilin kecil

Sanggupkah kau berpijar

Sanggupkah kau menyengat

Seisi dunia"

4 dari 7 halaman

3. Galih dan Ratna

Tak bisa dipungkiri jika lagu yang satu ini sudah sangat umum bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sudah banyak musisi lain yang mengcover serta mengaransemen ulang lagu milik Chrisye yang berjudul Galih dan Ratna ini. Lagu yang dirilis pada tahun 1980 hingga kini masih eksis didengar bahkan oleh anak remaja milenial masa kini. 

"Oh Galih, oh Ratna

Cintamu abadi

Wahai galih, duhai Ratna

Tiada petaka merenggut kasihmu" 

Sepenggal lirik yang sering didengar. Bahkan banyak sinetron maupun FTV yang menggunakan lagu ini sebagai backsoundnya. 

5 dari 7 halaman

4. Aku Cinta Dia

"Hati yang berbunga,

Kala pandangan pertama

Oh Tuhan tolonglah,

Aku cinta, aku cinta dia"

Lagu satu ini juga sudah tak asing lagi bagi penikmat musik Tanah Air. Bahkan lagu yang dirilis pada tahun 1985 ini telah banyak dibawakan oleh musisi muda seperti Gita Gutawa, Vidi Aldiano, Rahmania Astrini dan masih banyak lagi. 

6 dari 7 halaman

5. Hip Hip Hura

Masih di tahun yang sama yaitu sekitar tahun 1985, lagu berjudul Hip Hip Hura milik Chrisye juga masuk dalam lagu yang populer hingga kini. Lagu yang memiliki lirik dan alunan musik yang ceria ini sering dinyanyikan saat pesta. 

"Oh hip hip hura hura

Aku suka dia, suka dia

Aku jatuh cinta, jatuh cinta

Dia menanti cinta bersemi di hati"

7 dari 7 halaman

6. Kisah Kasih di Sekolah

Lagu berjudul Kisah Kasih di Sekolah yang dirilis pada tahun 2002 dalam album Dekade ini punya alunan musik yang mellow dengan lirik lagu tentang percintaan anak sekolah. Lagu ini masuk dalam lagu yang difavoritkan banyak orang karena seolah mengenang masa cinta anak remaja saat di sekolah. Lagu ini pun sudah banyak dicover oleh musisi lain seperti D'Cinnamons, Pasto dan masih banyak lagi. 

"Sungguh aneh tapi nyata

Takkan terlupa

Kisah-kasih di sekolah

Dengan si dia

Tiada masa paling indah

Masa-masa di sekolah

Tiada kisah paling indah

Kisah-kasih di sekolah"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini