Sukses

6 Desain Bangunan Bentuk Spiral Paling Unik di Dunia, Bikin Takjub

Arsitektur modern banyak membawa perubahan dalam hal desain dan gaya suatu bangunan, salah satunya bentuk spiral.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi sungguh luar biasa. Tak hanya teknologi digital saja, tapi bidang arsitektur juga sudah banyak berkembang. Hal ini ditandai dengan munculnya desain arsitektur unik yang belum terpikirkan sebelumnya. 

Berbagai bentuk bangunan kini bisa diciptakan berawal dari imajinasi. Salah satunya merealisasikan bentuk bangunan spiral atau desain berputar. Belum lama ini bangunan dengan bentuk spiral yang sedang mencuri perhatian adalah adalah HSB Turning Torso.

HSB Turning Torso dibangun di Swedia, bangunan ini seketika berhasil membuat kagum banyak orang. Tak hanya kagum karena ketinggiannya, melainkan ditambah dengan konsep bangunan yang melengkung dan memutar. Bangunan unik ini memiliki design eksterior yang terlihat seolah berputar.

Gedung sipral di Swedia ini adalah hasil ide kreatif arsitek ternama Santiago Calatrava. Bagian paling atas gedung ini juga dapat berputar 90 derajat searah jarum jam dengan lantai dasar. Tak hanya HSB Turning Torso, ternyata ada juga bangunan spiral unik yang tersebar diberbagai penjuru dunia.

Berikut 6 desain bangunan bentuk spiral paling unik yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mode Gakuen Spiral Towers

Mode Gakuen Spiral Towers berada di Nakamura-ku, Nagoya, Aichi, Jepang. Mode Gakuen Spiral Towers adalah bangunan yang digunakan untuk fasilitas pendidikan. Bangunan unik ini memiliki tinggi sekitar 170 meter dan menjadi rumah bagi tiga sekolah kejuruan sekaligus, yakni Nagoya Mode Gakuen, Nagoya Isen dan HAL Nagoya.

Sosok di balik konsep inovatif ini berasal dari pengembangan Nikken Sekkei, sosok desainer terkemuka di dunia yang juga bertanggung jawab mendesain ulang Camp Nou dan Skytree Tokyo.

3 dari 7 halaman

2. Diamond Tower

Bangunan unik dengan spiral lainnya adalah Diamond Tower yang terletak di Jeddah, Arab Saudi. Diamond Tower memiliki ketinggian 435 meter. Gedung ini makin terlihat cantik berkat desain spiral yang kuat yang berasal dari dari bagian bawah gedung hingga teratas.

Diamond Tower juga menduduki peringkat gedung tertinggi kedua di Arab Saudi yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 silam.

4 dari 7 halaman

3. Grove at Grand Bay

Grove at Grand Bay adalah bangunan gedung berbentu spiral yang populer di dunia. Bangunan ini dikembangkan oleh Terra Group, perusahaan pengembangan real estate di Miami. Bangunan yang mulai dibangun pada akhir 2012 dan selesai akhir 2014.

Grove at Grand Bay ini memiliki gaya balkon brise-soleil dengan jendela dari lantai ke langit-langit yang menawarkan pemandangan panorama air. Memanfaatkan luas lahan 58,900 meter persegi, Grove at Grand Bay menghasilkan bangunan yang menyatu dengan lingkungan Coconut Grove.

5 dari 7 halaman

4. Infinity Tower

Infinity tower adalah salah satu bangunan unik bentuk spiral di Dubai. Seperti yang diketahui, Dubai memang selalu dihiasi oleh terobosan-terobosan unik dengan sisi kemegahannya.

Bangunan setinggi 756 meter dibuat oleh Cayan Real Estate Investment and Development dengan perancang utamanya Skidmore, Owings and Merrill SOM. Mereka juga pernah membangun Burj Khalifa di Dubai dan Trump Tower di Chicago. Menara Cayan ini memiliki putaran mencapai 1,2 derajat setiap lantainya.

6 dari 7 halaman

5. Evolution Tower

Jika kamu berkunjung ke Pusat Bisnis Internasional Moskow yang ada di Moskow, Rusia, kamu pasti akan dibuat terkesima oleh Evolution Tower. Bangunan unik memiliki desain yang berputar seperti spiral dengan spesifikasi gedung yang tak sembarangan pula.

Ketinggian gedung mencapai 255 meter, ditambah lagi luas total area mencapai 169.000 meter persegi. Sebuah angka yang fantastis untuk ukuran luas bangunan.

7 dari 7 halaman

6. Al Majdoul Tower

Di Arab Saudi, selain Diamond Tower ada juga bangunan unik berputar, bernama Al Majdoul Tower. Gedung ini masuk sebagai menara spiral kedelapan tertinggi di dunia. Pembangunannya dimulai pada 2006 dan selesai pada tahun 2012. Ketinggian gedung mencapai 400 meter dengan jumlah lantai sebanyak 54 lantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.