Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Manfaat Minum Yakult, Nutrisinya Baik untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Liputan6.com, Jakarta Minum yakult kini sudah menjadi tren yang kerap dilakukan oleh sebagian orang. Hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa ada manfaat minum yakult secara rutin yang bisa dirasakan. Benar saja, mengonsumsi yakult secara rutin bisa memberikan manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya pada sistem pencernaan. 

Manfaat minum yakult bisa dididaptkan dikarenakan adanya kandungan nutrisi baik di dalamnya seperti bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain. Ya, bakteri ini merupakan bahan utama yang digunakan pada pembuatan minuman yakult.

Banyaknya jumlah bakteri yang ada di dalam minuman yakult ini bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga menyulitkan bakteri jahat untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Walaupun memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, minum yakult juga perlu dibatasi. Mengonsumsi satu hingga dua botol sehari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat minum yakult ini. Dalam penyimpanannya juga perlu diperhatikan, yaitu disimpan di dalam lemari pendingin.

Berikut ini Liputan6.com, Senin (16/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat minum yakult lainnya yang bisa kamu rasakan untuk kesehatan.

2 dari 7 halaman

Kandungan Nutrisi pada Yakult

Sebelum mengenal manfaat minum yakult yang baik untuk kesehatan tubuh, terlebih dahulu penting untuk mengetahui ada kandungan nutrisi apa saja di dalam yakult. Yakult merupakan minuman susu fermentasi yang mengandung probiotik atau bakteri hidup. Dimana bakteri ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan mikroorganisme di saluran pencernaan.

Pada proses pembuatannya, yakult menggunakan bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain sebagai pendukung proses fermentasi dari susu skim dan gula yang menjadi bahan utamanya. Di dalam satu botol Yakult, terdapat lebih dari 6,5 milyar bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain ini. Bakteri inilah yang membantu menyehatkan pencernaan dengan mengurangi pengaruh bakteri jahat.

Bakteri yang digunakan pada yakult ini bekerja dengan cara membantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat terutama di usus halus sehingga terjadi keseimbangan mikroorganisme di pencernaan. Tidak hanya bakteri saja yang digunakan pada pembuatan yakult.

Produk susu sapi yang telah diolah menjadi bentuk bubuk dan dalam minuman yakult menjadi tempat hidupnya bakteri ini. Selan itu, ada sukrosa yang merupakan gula bentuk sedrhana yang lebih mudah untuk dicerna. Penggunaan gula dalam minuman probiotik digunakan oleh bakteri sebagai sumber makanan agar tetap hidup selama pengemasan dan sebelum dikonsumsi.

3 dari 7 halaman

Manfaat Minum Yakult: Meningkatkan Jumlah Bakteri Baik di Usus

Sebagai salah satu minuman kesehatan, ada manfaat minum yakult yang bisa kamu rasakan apabila dikonsumsi secara rutin. Berikut ini ada beberapa manfaat minum yakult untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

Meningkatkan Jumlah Bakteri Baik di Usus

Manfaat minum yakult yang pertama adalah bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Pada usus memiliki dualism bakteri di dalamnya, yaitu bakteri jahat dan bakteri baik. Bakteri jahat yang ada di dalam usus biasanya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Maka enggak heran kalau kamu tidak mengatur pola makan, maka bisa menyebabkan berbagai gangguan usus seperti radang usus, sakit perut, gangguan pencernaan.

Nah, untuk mencegah bakteri jahat ini terlalu banyak bersarang di dalam tubuh, kamu perlu mencukupi tubuh dengan bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat tersebut. Ya, salah satunya adalah dengan minum yakult ini. Dengan bertambahnya bakteri baik di dalam usus ini, maka kemungkinan mengalami gangguan pencernaan dan radang pada usus akan berkurang.

 

4 dari 7 halaman

Memperlancar Pencernaan

Manfaat minum yakult selanjutnya adalah bisa membantu memperlancar proses pencernaan. Dimana salah satu gangguan pencernaan yang bisa terjadi apabila pencernaan tidak lancar adalah sulit buang air besar, sembelit, dan diare. Nah, dengan mengonsumsi yakult secara teratur, kamu bisa terhindar dari risiko gangguan tersebut.

5 dari 7 halaman

Mengurangi Racun di Dalam Usus

Manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan dari minum yakult secara rutin adalah bisa mengurangi racun di dalam usus kamu. Ya, bakteri jahat yang ada di dalam usus selain memberikan buruk bagi kesehatan usus dan pencernaan, juga memiliki kandungan racun yang berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Nah, dengan minum yakult secara teratur, maka racun yang berada di dalam usus bisa berkurang dan mencegah usus mengalami gangguan serta infeksi.

6 dari 7 halaman

Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain baik untuk sistem pencernaan, manfaat minum yakult lainnya yang bisa dirasakan adalah meningkatnya kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh merupakan pertahanan terbaik untuk menghindarkan kamu dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus.

Nah, dengan mengonsumsi yakult secara rutin ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena yakult akan menambah bakteri baik dalam tubuh dan menyerang bakteri-bakteri jahat penyebab penyakit. Tubuh akan menjadi lebih sehat dan terasa bugar. Apabila kamu sedang sakit, dengan minum yakult kamu bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit namun tentu harus dengan saran dari dokter.

7 dari 7 halaman

Mengobati Maag

Apabila kamu memiliki penyakit maag dan kondisi maag sering kambuh, selain dengan pengobatan menggunakan obat maag, kamu juga bisa minum yakult untuk membantu meredakan gejala maag yang muncul. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bakteri yang aktif di dalam yakult, yang dapat membuat kondisi maag mereda dan tidak berkepanjangan.

Loading