Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

7 Pantai Kebumen yang Eksotis dan Menawan, Destinasi Liburan yang Seru

Liputan6.com, Jakarta Pantai Kebumen bisa jadi pilihan destinasi berlibur akhir pekan. Kebumen merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan sejuta pesona wisata. Ragam destinasi di Kebumen nampaknya tak boleh terlewat begitu saja saat mengunjungi daerah ini.

Wilayah selatan Kebumen berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bentang alam membentuk jajaran pantai Kebumen yang eksotis dan memesona. Pantai Kebumen didominasi dengan deburan ombak khas pantai selatan dan tebing-tebing menjulang.

Beberapa pantai Kebumen sudah cukup populer bagi warga sekitar dan menjadi destinasi andalan untuk melepas penat. Namun, beberapa pantai Kebumen juga masih tergolong perawan karena belum banyak pengunjung. Mengunjungi pantai Kebumen bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburan.

Tak cuma menikmati pantai yang menawan, di sini pengunjung juga bisa menikmati langsung hasil tangkapan laut yang masih segar. Beberapa pantai memang dijadikan tempat pelelangan ikan dan pelabuhan kapal nelayan. Daftar pantai ini bisa memuaskan keinginan Anda untuk melepas penat piliran.

Berikut pilihan pantai Kebumen untuk berlibur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (17/9/2019).

2 dari 8 halaman

Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Pantai Menganti berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan Gombong dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam. Pantai Kebumen satu ini memiliki pasir pantai berwarna putih serta terdapat panorama perbukitan juga tebing karst indah yang jadi daya tarik tersendiri.

Pantai Menganti termasuk dalam Pantai Selatan yang membentang di Pulau Jawa dengan deburan ombak yang bisa dimanfaatkan untuk surfing. Terdapat tebing pantai raksasa di bagian barat Pantai Menganti yang disebut Tebing Bidadari. Tebing yang menjulang tinggi dan memanjang di tepi laut membuat suasana seperti di Selandia Baru. Saat musim hujan tiba, tebing tersebut akan mengucurkan 4 air terjun sekaligus.

3 dari 8 halaman

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis termasuk pantai tersembunyi di Kebumen. berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Di pantai Kebumen ini Anda dapat menikmati keindahan karang dan bebatuan yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Pantai ini tergolong masih sepi pengunjung, cocok bagi yang membutuhkan suasana yang tenang damai dan alami. Pantai Surumanis panjang kurang lebih 600 meter dengan pasir dan air yang masih sangat asri dan menenangkan.

4 dari 8 halaman

Pantai Petanahan

Pantai Petanahan berlokasi di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Disepanjang jalan menuju pantai berjajar pohon kelapa yang menambah kesan teduh. Pantai ini menyajikan perpaduan suasana pantai dan hutan yang menenangkan. Pantai Petanahan juga dikenal dengan deburan ombak pantai selatannya yang memesona.

Pantai Kebumen ini termasuk pantai primadona bagi wisatawan sekitar maupun luar kota. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap menjadikan Pantai Petanahan cocok sebagai destinasi wisata liburan bersama keluarga dan teman.

5 dari 8 halaman

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Kebumen ini cukup mudah diakses sehingga ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Suwuk memiliki pemandangan perbukitan yang menjulang tinggi di sekitarnya.

Pemandangan pegunungan di sisi barat dengan tiga bukit menjulang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong. Pantai ini juga memiliki padang pasir hitam pantai yang luas disertai, tanaman pandan, cemara udang dan rerumputan. Pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap serta wahana lain yang mendukung seperti kebun binatang mini dan Mini Water Boom.

6 dari 8 halaman

Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung terletak di Desa Argopeni. Pantai ini cukup sulit dijangkau karena harus melalui jalan setapak kecil dan perbukitan. Namun, energi yang dikeluarkan akan terbayar dengan keindahan pantai ini.

Pantai Kebumen satu ini merupakan pantai berkarang sehingga tak banyak ditemui pasir pantai terlebih jika air laut pasang. Perpaduan birunya laut dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai membuat pantai ini sangat istimewa. Pantai Karang Agung juga salah satu pantai paling alami dan bersih di Kebumen.

7 dari 8 halaman

Pantai Ayah

Pantai Ayah terletak 8 km selatan Gua Jatijajar. Pantai Ayah berada di antara laut selatan dengan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH Kedu menjadikannya pantai dengan perpaduan hutan yang menawan.

Pantai Ayah juga digunakan sebagai Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), di sini wisatawan juga bisa sekaligus menikmati hasil tangkapan laut yang segar. Anda juga dapat menyewa perahu untuk menyusuri muara Sungai Bodo yang dikelilingi perbukitan sejuk.

8 dari 8 halaman

Pantai Pasir

Pantai Pasir terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Di balik pesonanya, Pantai Pasir punya legenda menarik. Dipercaya pantai ini merupakan pintu gerbang Istana Nyi Roro Kidul. Pintu gerbang tersebut terepresentasi dari batu karang berwujud mirip beruang yang sedang minum air telaga.

Telepas dari kepercayaannya, pantai Kebumen ini juga merupakan tempat pelelangan ikan (TPI) utama Kabupaten Kebumen. Di sini wisatawan juga bisa berbelanja hasil laut dan menikmatinya sambil menikmati pantai yang eksotis.

Loading