Sukses

5 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan, Bisa Redakan Masalah di Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Minum air kelapa bisa dijadikan pilihan alternatif untuk mengembalikan kesegaran di tengah cuaca yang panas. Air kelapa memiliki rasa khas yang enak, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang beraktivitas berat dan banyak berkeringat. Selain itu, air kelapa juga cocok untuk bagi kamu yang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare.

Selain untuk mengusir rasa haus, air kelapa juga punya segala khasiat yang dapat membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh. Walaupun air kelapa memiliki segudang manfaat untuk tubuh, tetapi kamu perlu membatasi konsumsinya. Di mana kamu hanya perlu mengonsumsi sekitar satu gelas saja per harinya. Karena, walaupun sehat air kelapa tetap mengandung kalori.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (17/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat minum air kelapa untuk kesehatan yang bisa bantu meredakan masalah di tubuh.

2 dari 6 halaman

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Minum air kelapa bisa membantu mengatasi keluhan pencernaan seperti mual, muntah, atau diare. Air kelapa dapat membantu mengurangi gejala karena tidak menyebabkan mual, kembung, dan nyaman dikonsumsi.

Disini air kelapa akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat gangguan pencernaan kamu alami.

3 dari 6 halaman

Membantu Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Pada sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal, menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

Hal ini memberikan harapan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

4 dari 6 halaman

Menghilangkan Rasa Mabuk Akibat Alkohol

Manfaat minum air kelapa untuk kesehatan lainnya yang bisa kamu rasakan adalah menghilangkan rasa mual atau mabuk akibat alkohol. Ya, rasa pusing akibat mabuk karena berlebihan minum alkohol bisa diredakan dengan meminum air kelapa ini.

Air kelapa tidak menyebabkan rasa mual atau kembung ketimbang air putih biasa atau jenis minuman lainnya sehingga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol.

Minum air kelapa juga akan menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh setelah muntah atau buang air kecil.

 

5 dari 6 halaman

Menghidrasi Kulit

Beberapa orang kerap merasakan kering pada bagian tubuhnya. Kalau kamu pernah mengalami kondisi ini, kemungkinan kulit tubuh kamu sedang kekurangan cairan. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan minum banyak air putih.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit kamu. Nah, untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu bisa membatasi durasi waktu mandi dengan air panas terlalu lama.

Batasi hanya 5–10 menit saja. Selain itu, menggunakan tabir surya dan menghindari paparan langsung sinar matahari juga sebaiknya kamu lakukan.

6 dari 6 halaman

Melindungi dan Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat minum air kelapa untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan lainnya adalah mendapatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan pada air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sedangkan tubuh juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian kamu. Air kelapa juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mencukupi tubuh dengan vitamin C apabila kamu tidak suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C.