Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Asli Indonesia, 5 Buah Unik Ini Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memang terkenal sebagai negara tropis yang kaya dengan keanekaragaman hayatinya. Hal ini juga didukung karena tanahnya yang subur. Tak heran jika Indonesia mempunyai bermacam-macam buah unik, bahkan tak bisa ditemukan di daerah lain.

Jenis buah-buahan di Indonesia sangatlah banyak, dari yang sudah biasa terdengar, hingga yang sebagian besar tidak mengetahui namanya. Buah asli Indonesia yang paling sering dijumpai adalah manggis, pepaya, durian, pisang dan lain-lain. Tak banyak yang tahu, Indonesia ternyata memiliki banyak ragam buah-buahan, yang jarang sekali dijumpai di pusat perbelanjaan atau supermarket, bahkan di pasar buah.

Kebanyakan buah-buah unik ini tumbuh di hutan Indonesia. Saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia justru memilih membeli buah inport, dibanding buah-buahan lokal. Penasaran denga buah asli Indonesia yang langka ini? Berikut 5 buah unik asli Indonesia yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/9/2019).

2 dari 6 halaman

1. Buah Buni

Buah Buni ini adalah buah asli Indonesia yang mirip dengan cranberry atau anggur dengan warna kekuningan dan merah kehitaman. Tekstur dari buah ini sangat berair dan biasanya dijadikan rujak buah dan selai. Buah buni memiliki nama sebutan yang berbeda-beda, seperti di Sunda buah ini disebut buah Huni dan di Jawa disebut buah Wuni.

3 dari 6 halaman

2. Buah lobi-lobi

Hampir sama bentuknya dengan Buah Buni, Buah Lobi-Lobi ini memiliki warna merah tua hingga ungu kehitaman. Rasanya kadang masam dan ada juga yang manis atau sepat. Buah ini sedikit mengandung air dan enak dijadikan rujak, selai, manisan, atau dimasak dengan gula untuk diminum sebagai sirup. Buah ini biasanya tumbuh di dekat danau-danau tropis, seperti di daerah Sumatera.

4 dari 6 halaman

3. Buah Kelubi

Buah Kelubi ini mirip dengan buah salak sehingga sering sebut salak rimba. Buah ini memiliki rasa yang sangat asam. Buah ini memiliki nama latin Eleiodoxa conferta ini mengandung banyak vitamin C. Buah ini bisa kamu temui di Lampung, Sumatera Selatan, Riau dan Kalimantan Timur.

5 dari 6 halaman

4. Buah Lahung

Buah ini memang mirip seperti durian dan punya wangi yang serupa. Namun, buah ini memiliki kulit dan duri yang kehitaman. Buah lahung berasal dari Kalimantan. Daging buah lahung biasanya tebal, lembek, dan berlemak. Namun, rasa buah ini tidak semanis buah durian.

6 dari 6 halaman

5. Buah Gandaria

Buah Gandaria ini memiliki warna hijau kekuningan. Buah uni asli Indonesia ini juga memiliki rasa yang agak asam dan manis. Buah ini biasanya juga digunakan untuk pelengkap bahan rujak ketika belum begitu matang.

Loading